Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Timeline Windows 10 Bekerja pada FireFox dan Chrome


Para pekerja di seluruh dunia menghabiskan beberapa jam setiap hari dengan komputer mereka. Dengan begitu banyaknya pekerjaan yang dilakukan dalam periode tersebut, sangat mudah untuk kehilangan jejak tentang apa yang kita lakukan sehari atau seminggu yang lalu.

Berkat update pada bulan April 2018, Windows 10 sekarang mempunyai fitur Timeline yang unik. Fitur ini seperti log aktivitas untuk semua aktivitas yang telah anda lakukan pada PC anda.

Ini merupakan sebagai sebuah catatan untuk semua yang pernah anda lakukan pada masa lalu di komputer anda dan disimpan untuk pengambilan di kemudian hari. Fitur ini mencatat aktivitas di seluruh program, game, dan aplikasi lain di mesin Windows anda.

Sayangnya, hanya Microsoft Edge yang saat ini didukung. Sementara Chrome dan Firefox tetap dengan historynya. Namun tenang, ada solusi yang dapat kita terapkan disini! Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


Aktifkan Timeline Windows untuk Chrome dan Firefox

Pertama, anda harus mengaktifkan fitur Timeline pada mesin Windows anda. Karena undang-undang GDPR (General Data Protection Regulation) Uni Eropa tentang Data Privacy (perlindungan data) baru-baru ini, fitur Timeline tidak diaktifkan sebelumnya di perangkat anda. Oleh karena itu, anda harus memberikan izin tersurat anda sebelum anda dapat menggunakannya.

1. Buka Settings pada perangkat Windows anda. Selanjutnya, klik Privacy.

2. Layar ini menunjukkan beberapa opsi baru. Pilih Activity History.


3. Di halaman ini ada kotak ceklist untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur. Berikan ceklist pada Let Windows collect my activities from this PC. Begitu aktif, fitur Timeline mulai mencatat aktivitas anda. Perhatikan bahwa anda harus memiliki akun Microsoft yang terdaftar di PC untuk menggunakan fitur ini.

Untuk menguji fitur ini, tekan kombinasi tombol Win + Tab. Ini akan membawa anda ke halaman fitur Timeline anda. Disini anda dapat menggulir, mencari dan menyaring semua aktivitas Windows anda.


Sinkronkan Aktivitas Chrome dan Firefox

Metode ini menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memungkinkan Windows untuk mencatat aktivitas Firefox dan Chrome anda. Karena Windows 10 tidak menyertakan dukungan asli apapun, ini adalah satu-satunya opsi yang tersisa untuk menggunakan fitur ini.

1. Download ekstensi Timeline Support Windows untuk browser anda, Google Chrome atau Mozilla Firefox. Plugin masih dalam tahap beta tetapi berfungsi sempurna untuk fungsi ini. Install di Firefox/Chrome dan aktifkan. Sebagai contoh, saya menggunakan Google Chrome.


2. Buka plugin pada taskbar browser anda. Karena anda membukanya untuk pertama kali, anda akan melihat prompt yang meminta anda masuk dengan kredensial Microsoft anda. Berhati-hatilah untuk masuk ke akun yang sama yang anda gunakan di PC anda atau ini tidak akan berfungsi.

3. Tab baru akan terbuka meminta anda memberi ekstensi/plugin beberapa izin. Klik Yes untuk menerima dan menutup tab. Sekarang anda sudah siap.


4. Pergi ke plugin di taskbar browser anda. Plugin sekarang akan menampilkan beberapa opsi baru untuk membantu anda mengontrol fitur Timeline Chrome anda. Anda juga dapat logout dari akun Microsoft anda.




Fitur Windows Timeline adalah penolong produktivitas yang kuat yang berpadu dalam personalisasi PC anda dengan multitasking tanpa batas. Dengan tujuan akhir untuk mengintegrasikan dan mempersonalisasi pengalaman PC anda di semua perangkat anda, Timeline pasti akan tinggal beberapa saat di platform Windows. Cobalah dan tingkatkan produktivitas anda hari ini.


Jika anda samgat menjaga privacy anda, maka anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menonaktifkan fitur Timeline di Windows 10.

Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuat Timeline Windows 10 Bekerja pada FireFox dan Chrome"