Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Dan Menghapus Diagnostic Data di Windows 10/11


Tidaklah mengherankan bahwa Windows 10 atau Windows 11 memiliki kecenderungan untuk "memanggil home" dengan informasi sesering mungkin. Dengan masalah privasi yang menjangkiti sejak dirilis, hal ini selalu tidak dipercaya oleh penggunanya. Dalam upaya untuk menenangkan masalah privasi, Microsoft secara perlahan menambahkan tools ke Windows 10 atau Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan menghapus apa yang disimpan tentang mereka.

Pembaruan terbaru telah memungkinkan pengguna untuk melihat data diagnostik yang dikumpulkan oleh Microsoft tentang kebiasaan penggunaan dan hardware komputer mereka. Jika pengguna tidak menyukai apa yang mereka lihat, mereka dapat memberi tahu Microsoft untuk menghapus data dan itu akan dihapus dari catatan mereka (semoga).


Apa itu Diagnostic Data?

Sebelum saya menghapus data, terlebih dalahu saya akan mengintip apa yang sedang dicatat dan membuat keputusan mengenai apakah saya ingin menghapus data, ini adalah ide yang baik untuk mengetahui apa isi dari data ini. Agar Microsoft memastikan system operasinya berfungsi di komputer semua orang, diperlukan beberapa informasi hardware dan mengetahui tentang kesalahan apapun yang terjadi, seperti masalah menginstal pembaruan Windows. Singkatnya, Microsoft menggunakan data tersebut untuk meningkatkan cara Windows beroperasi di PC anda.


Melihat Data

Untuk melihat jenis diagnostic data apa yang dikirim ke Microsoft, silahkan ikuti langkah dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Pertama-tama klik tombol Start, lalu klik tombol Settings di sebelah kiri.


  • Kemudian klik Privacy.


  • Di bilah sisi kiri klik Diagnostics and feedback.


  • Anda akan melihat banyak opsi mengenai apa yang harus dilakukan dengan data diagnostik disini. Meskipun ada beberapa opsi yang mungkin ingin anda ubah nanti, anda akan melihat Data Viewer untuk saat ini. Gulir ke bawah hingga anda melihat Diagnostic data viewer dan aktifkan tombolnya. Perhatikan bahwa anda akan membutuhkan 1GB ruang disk untuk melakukan tindakan ini.
  • Windows akan meminta anda untuk menginstal Data Viewer (penampil data). Setelah ini terinstal, anda dapat mengklik Diagnostic Data Viewer untuk mengintip apa yang Windows sedang mencatat di komputer anda.



Di Windows 11:
  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan klik Diagnostics & feedback di panel kanan.
  • Selanjutnya perluas View diagnostic data di panel kanan dan aktifkan opsi Turn on the Diagnostic Data Viewer ke On.
  • Kemudian klik Open Diagnostic Data Viewer.


  • Ini akan membuka Microsoft Store dan meminta anda untuk menginstall Diagnostic Data Viewer.


Sayangnya, data dari Data Viewer tidak disajikan dalam format yang paling mudah dibaca. Meskipun demikian, anda masih dapat melihat setiap detail menit yang sedang dicatat dan dikirim ke Microsoft untuk membantu mereka meningkatkan Windows 10 atau Windows 11.


Jika anda ingin membuat cadangan log ini, anda dapat melakukannya dengan mengeklik tiga bilah di kiri atas, lalu mengklik Export Data.


Menghapus Data

Jika anda tidak menyukai apa yang anda lihat dan ingin menghapus data, anda dapat melakukannya dengan kembali ke layar Privacy dan mengklik Delete di bawah Delete diagnostic data.


Jika anda ingin memantau data apa yang sedang dikumpulkan, opsi di bagian atas jendela ini memberi tahu anda apa yang saat ini sedang dicatat. Basic menyimpan log hanya pada data sistem yang penting, sementara Full menyimpan tab di situs web yang anda kunjungi dan bagaimana anda menggunakan komputer anda. Jika anda tidak ingin Microsoft melacak semua yang anda lakukan, pastikan untuk mengubahnya menjadi Basic untuk hanya memberikan minimal kepada Microsoft.

Microsoft mengambil catatan dari komputer yang anda gunakan untuk meningkatkan Windows 10 atau Windows 11, tetapi tidak semua orang ingin datanya dicatat. Dan sekarang anda tahu cara melihat data anda dan menghapusnya jika perlu.

Apakah Microsoft menyimpan data diagnostik yang dicatat seperti ini membuat anda tidak nyaman? Beri tahu saya di kolom komentar di bawah ini. GBU

Post a Comment for "Cara Melihat Dan Menghapus Diagnostic Data di Windows 10/11"