Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lock PC dari Jarak Jauh Pada Windows 10/11


Windows 10 memiliki fitur kecil yang rapi yang memungkinkan anda tidak hanya melacak perangkat anda tetapi juga menguncinya dari jarak jauh. Fitur ini sangat membantu ketika perangkat anda hilang atau dicuri. Untungnya, Microsoft membuatnya cukup mudah untuk melacak dan mengunci perangkat yang terhubung saat dan ketika dibutuhkan.


Aktifkan Fitur Find My Device di Windows 10/11

Sebelum anda dapat menemukan perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, anda harus masuk ke system anda dengan akun Microsoft dan kemudian mengaktifkan fitur find my device. Ini adalah fitur yang memungkinkan anda mengunci perangkat anda.


Jika anda menggunakan system anda sebagai pengguna lokal, buka aplikasi Settings, buka Accounts - Your Info dan klik Sign in with a local account instead. Sekarang, ikuti wizard untuk menyelesaikan proses menautan akun. Setelah menautkan system anda dengan akun Microsoft, perangkat anda akan terdaftar di halaman Microsoft Devices.


Setelah selesai, anda sekarang dapat mengaktifkan fitur find my device. Secara umum, fitur find my device diaktifkan secara otomatis jika anda telah memilih pengaturan privasi default saat menginstall atau mengupgrade Windows 10 atau Windows 11. Jika tidak, anda perlu mengaktifkan fitur secara manual.

  • Untuk melakukan itu, buka lagi aplikasi Settings dan buka Update & Security - Find my Device. Di panel kiri anda akan melihat bahwa Find my Device diatur ke Off. Untuk mengubahnya, klik pada tombol Change.
  • Alihkan tombol di bawah Save my device’s location periodically ke ON. Ini adalah tampilannya di aplikasi Settings setelah menyalakan pelacakan lokasi.


Di Windows 11, anda dapat pergi ke Privacy & security, kemudian klik Find my device dan aktifkan Find my device ke On.

Mulai sekarang, Windows 10 atau Windows 11 akan secara berkala mengirimkan data lokasi anda ke Microsoft sehingga anda dapat menemukan perangkat anda kapan saja diperlukan. Saat Windows 10 atau Windows 11 memperbarui data lokasi, anda akan melihat ikon pelacakan lokasi di taskbar.


Temukan dan Kunci Perangkat Windows 10/11

Setelah mengatur pelacakan dengan benar, anda dapat melacak perangkat Windows 10 dan menguncinya langsung dari halaman Microsoft devices. Prosesnya sangat mirip dengan pelacakan perangkat Android melalui akun Google anda.

1. Untuk memulai, buka halaman Microsoft devices. Ini adalah halaman dimana Microsoft mencantumkan semua perangkat yang terhubung ke akun anda. Temukan perangkat anda dan klik tautan Show details.


2. Di halaman informasi perangkat, Microsoft menunjukkan banyak informasi seperti status keamanan perangkat anda, ruang disk, status update Windows, status enkripsi BitLocker, dll. Karena saya ingin mencari perangkat saya, klik pada tautan Find my device.



3. Segera setelah anda mengklik tautan, Microsoft akan mencoba untuk mendapatkan data lokasi. Windows 10 atau Windows 11 bahkan menunjukkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa administrator sedang mengakses lokasi perangkat saat ini. Jika Microsoft tidak bisa mendapatkan data lokasi saat ini karena perangkat tidak terhubung ke Internet atau karena alasan apapun, itu akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui.


4. Bergantung pada dimana perangkat anda dan apa jenis konektivitas Internet yang dimilikinya, keakuratan lokasi akan bervariasi.

5. Untuk mengunci perangkat, klik tombol Lock yang muncul di sudut kanan atas.


6. Di jendela pop-up, klik tombol Next dan Microsoft akan mengunci perangkat anda.


Jika perangkat terhubung ke Internet, perangkat anda akan langsung terkunci. Jika tidak, itu akan dikunci saat berikutnya terhubung ke Internet. Setelah dikunci, perangkat hanya dapat dibuka dengan memasukkan kata sandi akun Microsoft anda.

Ingatlah bahwa ketika anda membuka kunci perangkat, anda akan dipaksa untuk mengatur ulang kata sandi akun Microsoft anda. Selain itu, jika Microsoft mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan, ia mungkin meminta anda untuk memverifikasi diri sendiri dengan mengirimkan tautan ke alamat email alternatif anda atau kode satu kali ke nomor ponsel anda yang terdaftar.

Tentu saja, ini bukan cara yang sangat mudah, dan ada banyak hal yang bisa salah saat melacak dan mengunci perangkat yang hilang. Selalu simpan cadangan semua data penting anda. Jika memungkinkan, mengenkripsi file penting dan sensitif sehingga mereka tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Ini sangat penting bagi pengguna laptop yang sering bepergian.

Sangat mudah untuk mengaktifkan find my device dan mengunci komputer Windows 10 atau Windows 11 yang hilang menggunakan akun Microsoft anda.

Anda juga dapat membaca tutorial Cara Menghapus PC Windows Anda Dari Jarak Jauh jika anda kehilangan laptop anda. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. GBU

Post a Comment for "Cara Lock PC dari Jarak Jauh Pada Windows 10/11"