Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus PC Windows Anda Dari Jarak Jauh


Berencana untuk mencoba hal lain saat anda sedang santai? Coba pelajari cara efektif ini tentang bagaimana menghapus data laptop anda dari jarak jauh untuk PC Windows anda. Jika anda berpikir data berharga anda aman dengan touch ID atau software pengenalan wajah, maka yang harus dilakukan semua pencuri adalah memasukkan hard drive laptop anda di sistem lain untuk dapat memperoleh data anda.

Namun, dengan sedikit perencanaan, anda bisa menjadi yang terdepan. Dengan mengambil tindakan pencegahan sederhana ini, anda dapat menghapus hard disk anda dari jarak jauh dan membuat laptop Windows anda tidak berguna untuk pencuri data diluar sana.


Pilihan Saat Ini Yang Tersedia di Windows 10/11

Pertama, jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, anda harus menemukan koordinat GPS laptop anda menggunakan kunci Windows dengan opsi Find my Device.

Untuk mencapainya silahkan anda masuk ke Microsoft account anda dan klik Device, kemudian klik Find my device. Hal ini akan menunjukan pada anda lokasi laptop anda. Teknik ini tidak akan berfungsi dengan versi Windows sebelumnya.


Dihalaman devices Microsoft ini, anda akan melihat Bitlocker OFF kecil tepat di bawah perangkat anda.


Selanjutnya, cukup aktifkan BitLocker ON untuk mengenkripsi file sensitif, folder dan bahkan seluruh disk. Prosedur ini memerlukan sedikit waktu untuk membiasakan diri, tetapi anda akan diyakinkan dengan pengetahuan bahwa file anda sekarang aman dengan enkripsi AES-128. Folder yang dienkripsi sekarang hanya dapat dilihat dengan kata sandi atau kunci pemulihan.


Namun, fungsi yang berguna seperti itu dilengkapi dengan peringatan: it is not available for Windows 10 Home, Windows 7 or Windows 8.1 systems. Unless you upgrade to Windows 10 Pro or Windows 10 Pro for Workstations, Microsoft doesn’t have your back.

Dihalaman devices Microsoft, anda juga dapat menghapus PC anda dengan mengklik More actions dan klik Remove pc. Pada jendela yang muncul, beri ceklist pada I'm ready to remove this pc dan klik Remove. Hal ini akan menghapus PC anda.



Menghapus Data Laptop Dari Jarak Jauh dengan Prey Anti-Theft

Prey, laptop freemium, smartphone dan solusi pemantauan perangkat elektronik, berhasil menciptakan kembali fungsionalitas dan kekuatan teknis dari solusi di atas.


Setelah mendownload dan menginstalnya, anda akan diminta untuk mengatur akun Prey anda sebagai pengguna baru. Anda juga dapat masuk dengan akun Facebook atau Google anda.


Ini segera mengarah ke dashboard Web. Selain Windows, Prey juga mendukung sistem Linux dan MacBook. Anda dapat memilih rencana harga yang sesuai untuk anda.


Melacak lokasi perangkat anda dengan Prey bekerja lebih efisien daripada opsi Find my Device di Windows. Utilitas ini menggunakan Geo IP, triangulasi Wi-Fi dan GPS untuk mengakses laptop anda yang hilang.


Setelah melacak perangkat anda, anda dapat memilih untuk menghapus semua data termasuk dokumen, cookie, email, Dropbox, Google Drive, dan informasi OneDrive.

Tidak semua insiden laptop yang hilang dapat disematkan ke pencurian. Jika anda lupa laptop anda di tempat teman, ada opsi lain untuk mengunci perangkat dari jarak jauh.


Tips untuk Recovery: Anda juga dapat melaporkan perangkat anda sebagai missing (hilang). Ini berarti bahwa segera setelah pencuri membuka laptop anda, anda akan mulai menerima laporan bukti, gambar, koordinat, dan Wi-Fi aktif dan terdekat.

Itu selalu berguna untuk mengatur akun tamu sehingga pencuri dapat menggunakan laptop anda untuk mengakses Internet. Setelah selesai, anda dapat menggunakan Prey untuk mengirimi mereka pesan peringatan bersama dengan laporan polisi.

Namun, jika anda kehilangan laptop di luar negeri, satu-satunya pilihan anda adalah membuat cadangan data di Cloud. Gunakan DropBox, Google Drive, atau OneDrive.


Menghapus Data Laptop Jarak Jauh dengan DriveStrike

DriveStrike adalah utilitas web lain yang relatif kurang dikenal yang menawarkan fasilitas penghapusan jarak jauh yang sama seperti Prey. Rencana bulanan mereka jauh lebih murah. Ini juga lebih mudah digunakan.


Pencurian laptop jauh lebih umum daripada yang anda bayangkan. Baik itu di bandara, mal, kendaraan, kafe, lobi hotel, atau dimana saja. Apalagi ketika file yang berada didalamnya sangat penting bagi anda. Itu bisa menjadi pengalaman yang paling tidak menyenangkan untuk anda.

Jadi dengan tips yang dibahas ini, anda mungkin tidak perlu khawatir tentang laptop yang hilang atau dicuri lagi. Sekian tutorial kali ini. Semoga keberuntungan selalu di pihak anda. GBU

Post a Comment for "Cara Menghapus PC Windows Anda Dari Jarak Jauh"