Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara End Task Secara Otomatis Saat Mematikan Windows


Dari waktu ke waktu, ketika anda mencoba untuk Shut down, Restart, atau Sign out dari Windows, anda mungkin telah melihat Windows memberitahukan bahwa sebuah aplikasi mencegah Windows untuk Shut down, Restart, atau Sign out. Untuk mematikan sistem, anda harus mengklik tombol "Shut down anyway". Jika anda tidak mengklik tombol dalam jangka waktu tertentu, Windows akan membatalkan tindakan mematikan.

Umumnya, ketika anda mematikan atau me-restart sistem anda, Windows mencoba menutup semua aplikasi secara otomatis. Namun, ketika aplikasi melakukan sesuatu di latar belakang atau jika ada pekerjaan yang belum disimpan, itu dapat memblokir Windows agar tidak mati. Ini bagus untuk sebagian besar pengguna Windows karena memberi anda kesempatan untuk menyimpan pekerjaan anda dan menutup aplikasi dengan benar.

Tetapi jika ada aplikasi yang menyalahgunakan fitur ini atau jika anda pikir anda tidak ingin aplikasi memblokir proses Shut down atau Restart, anda dapat memaksa Windows untuk menutup semua aplikasi terlepas dari keadaan mereka selama proses Shut down, Restart, atau Sign-out.

Artikel kali ini akan menunjukkan bagaimana cara untuk melakukannya.


Aktifkan AutoEndTasks untuk Current User (Pengguna Saat Ini)

Jika anda ingin menghentikan aplikasi memblokir Shut down atau Restart sistem anda untuk pengguna saat ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Perhatikan bahwa pengguna lain di sistem anda tidak akan terpengaruh oleh perubahan yang anda lakukan disini. Misalnya, bila diperlukan, aplikasi masih dapat memblokir pengguna lain agar tidak mematikan atau memulai ulang sistem.

Kita akan mengedit Registry karena Windows mendukungnya. Disetiap tutorial jika berhubungan dengan Registry Editor, saya tidak pernah lupa untuk selalu meminta anda untuk membackup registry. Silahkan lakukan sebelum anda melanjutkannya. Ini membantu anda memulihkan resgistry jika terjadi sesuatu yang buruk.
  • Untuk membuka Windows Registry, cari regedit di menu Start dan tekan Enter pada keyboard anda. Atau anda tekan tombol Windows + R, dan ketik regedit lalu tekan Enter.


  • Di registry, silahkan menuju ke lokasi berikut, dibawah. Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, copy dan paste dibawah jalur di bilah alamat yang bertuliskan Computer dan tekan Enter. Anda akan langsung dibawa ke target key.
HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop


  • Setelah anda berada disini, klik kanan pada panel sebelah kanan dan pilih New dan kemudian pilih String Value dan beri nama string dengan AutoEndTasks.
  • Klik doble pada string yang baru dibuat, ketik 1 (satu) pada bidang Value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Restart sistem anda untuk membuat perubahan berlaku. Setelah restart, Windows tidak lagi mengizinkan aplikasi memblokir proses Shut down, Restart atau Sign-out.

Jika anda ingin mengembalikannya kembali, hapus string AutoEndTasks yang baru dibuat atau ubah Value data menjadi 0 (nol).


Aktifkan AutoEndTasks untuk All Users (Semua Pengguna)

Jika anda ingin menutup aplikasi secara otomatis untuk semua pengguna saat Restart atau Shut down, anda juga dapat melakukannya. Namun, karena anda akan membuat perubahan untuk semua pengguna, anda harus memiliki hak administratif.
  • Cari regedit di menu Start, klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Ini akan membuka Registry Editor dengan hak admin.
  • Sekarang, pergi ke lokasi berikut:
HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop


  • Pada panel kanan, klik kanan dan pilih New - String Value. Beri nama string dengan AutoEndTasks dan tekan Enter untuk mengonfirmasi nama.


  • Setelah membuat string, klik doble untuk membuka jendela Edit String. Ketik 1 pada bidang Value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Restart system anda untuk menerapkan perubahan.

Mulai titik ini, aplikasi tidak akan memblokir proses Restart atau Shut down untuk semua pengguna di sistem anda. Untuk kembali, ubah nilai Value data ke 0 atau hapus string AutoEndTasks yang anda buat tersebut.

Komentar di bawah ini sangat dinantikan untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas, untuk menutup aplikasi secara otomatis saat Shut down dan Restart system Windows anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara End Task Secara Otomatis Saat Mematikan Windows"