Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Windows Shell Experience Host dan Mengapa Mengambil Banyak Memory?


Bekerja pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin menemukan satu atau dua program dan services yang menggunakan memory. Jika anda tidak pernah repot untuk memeriksanya, maka melihat applet task manager mungkin penting untuk mengetahui berapa banyak proses memory yang digunakan pada komputer anda. Windows Shell Experience Host sering menjadi penyebab penimbunan memory pada Windows 10 atau Windows 11.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa itu Windows Shell Experience Host dan memandu anda saat anda menyelesaikan masalah konsumsi memory yang berlebihan.


Apa itu Windows Shell Experience Host?

Aplikasi Universal Windows selalu disajikan dalam antarmuka trademark Windows. Cara aplikasi universal ini disajikan adalah fungsi utama Windows Shell Experience Host.

Fungsi dari proses ini membuatnya menangani banyak elemen grafis yang berkaitan dengan applet Windows. Ini menangani elemen-elemen seperti menu Start, visual untuk notifikasi dan bahkan transparan taskbar.

Kasus umum menggunakan proses ini adalah ketika anda mengatur latar belakang desktop anda untuk tampilan slide. Dalam hal ini anda baru saja menggunakan bantuan Windows Shell Experience Host.

Seperti halnya fungsi yang sangat menyenangkan ini, fungsi ini juga dapat memicu peningkatan penggunaan CPU. Dengan lebih banyak pembaruan, ini lebih pada penurunan tetapi masih perlu diwaspadai.

Jika anda pernah mengalami peningkatan penggunaan CPU ini, mungkin itu akan menimbulkan rasa ingin tahu anda dan menimbulkan pertanyaan "mengapa?"

Anda harus tahu ini adalah kelainan karena Windows Shell Experience Host biasanya tidak akan mengkonsumsi banyak CPU anda. Ketika ada lonjakan langka ini, mereka biasanya memilah diri sendiri dan dikembalikan ke nol.

Gambar di bawah ini menunjukkan seperti apa seharusnya penggunaan memory normal dari proses ini.


Anda harus memperhatikan bahwa Windows Shell Experience Host CPU dan penggunaan memory masing-masing sebesar 0% dan 0,1MB. Ini bagus dan persis bagaimana seharusnya pada system anda.

Jika anda melihat lonjakan penggunaan CPU hingga 25%, maka anda mungkin menghadapi masalah dengan proses Windows ini dan harus segera memecahkan masalahnya.


Cara Memperbaiki Konsumsi Resource yang Tinggi dari Windows Shell Memory Host

Setelah dihadapkan dengan kejadian ini, anda bisa mencoba salah satu dari perbaikan ini.


1. Lakukan Update Windows

Agar lebih aman dan sebagai praktik terbaik, sebaiknya download update secara otomatis. Jika ini bukan default untuk anda, ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk melakukan update.
  • Buka Settings di Start menu anda, dan pilih opsi Updates & Security.
  • Di panel kiri pilih Windows Update, dan pilih tombol Check for updates di panel kanan.


  • Windows akan dipaksa untuk memeriksa apakah ada update. Jika ada maka update ini akan didownload. Pastikan anda menginstalnya dan merestart komputer anda jika diminta.

Setelah restart, anda kemudian dapat memeriksa untuk melihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.


2. Periksa Penyebab Umum yang Berpotensi

Hal berikutnya yang harus dilakukan jika update tidak berfungsi adalah memeriksa kemungkinan penyebab umum dari masalah konsumsi resource ini. Beberapa tempat yang harus dilihat adalah:


Slideshow background

Cukup ubah background desktop anda dan lihat apakah ini memperbaiki masalah. Jika ya, maka pertimbangkan untuk tidak kembali ke background formal lagi.
  • Untuk mengubah background desktop, navigasikan ke Settings - Personalization - Background untuk mengubah background desktop.


  • Di panel kiri jendela Personalization, pilih tab Background. Pada panel kanan gulir ke bawah ke daftar dropdown background dan pilih opsi Solid color atau Slideshow. Setelah itu, periksa untuk melihat apakah masalah teratasi.


Accent Color

Jika masalah tidak teratasi, kembali ke jendela Personalization. Pilih tab Color di panel kiri. Di panel kanan hapus ceklist opsi Automatically pick an accent color from my background. Setelah beberapa menit, periksa untuk melihat apakah masalah telah teratasi.


Hanya itu yang dapat anda lakukan untuk membuatnya berada pada keadaan normal kecuali anda mengubah semua pengaturan pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Proses Windows 10 atau Windows 11 mungkin sesekali memicu konsumsi resource yang berlebihan. Dalam hal Windows shell experience host, cukup ikuti petunjuk diatas untuk mendapatkan Windows 10 atau Windows 11 anda kembali berfungsi normal lagi.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan Windows shell experience host yang mengkonsumsi banyak resource. GBU

Post a Comment for "Apa itu Windows Shell Experience Host dan Mengapa Mengambil Banyak Memory?"