Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan Dual-Channel RAM di BIOS

 


Jika anda ingin mengaktifkan dual-channel RAM di BIOS motherboard apapun, maka artikel ini akan membantu anda. Panduan langkah demi langkah di artikel ini membantu anda mengaktifkan dual-channel RAM atau Memory sehingga anda dapat meningkatkan performa/kinerja komputer anda. Karena pengaturan ini bersifat manual, anda perlu mengubah atau mengaktifkannya sendiri.



Apa itu dual-channel RAM?


Secara default, motherboard anda menggunakan single-channel Memory. Artinya jika anda memasang dua RAM, maka keduanya akan diperlakukan sebagai satu. Di sisi lain, jika anda mengaktifkan dual-channel RAM, maka komputer anda akan memperlakukannya secara terpisah, sehingga menghasilkan lebih banyak bandwidth dari RAM anda.


Jika anda memiliki single-channel RAM, maka itu adalah saluran data 64-bit. Tidak masalah apakah anda memiliki dua atau tiga stik Memory. Di sisi lain, jika anda memiliki dua stik Memory dan anda mengaktifkan dual-channel RAM, maka itu akan menjadi dua saluran data 64-bit. Sederhananya, performa/kinerja komputer anda akan menjadi lebih baik untuk tugas-tugas kelas atas dari konfigurasi yang ada.


Namun tidak semua motherboard memiliki fasilitas ini. Jika motherboard anda mendukung fungsi ini, tidak ada salahnya mengaktifkan dual-channel RAM.


Sebelum memulai langkah-langkahnya, anda harus memasang dua stik Memory. Berikut, ada beberapa hal yang harus anda ingat.

  • Kedua RAM harus memiliki kecepatan (speed) yang sama. Anda dapat memeriksa speed RAM anda yang tertera di stik RAM atau dari Task Manager atau jalankan perintah dibawah ini di Command Prompt.
wmic memorychip get speed


  • Anda harus memastikan bahwa motherboard anda mendukung dual-channel RAM. Anda dapat memeriksa buku petunjuk manual motherboar anda untuk informasi lebih lanjut atau menghubungi produsennya.
  • Jika anda ingin menjalankan sepasang dual-channel RAM, maka motherboard anda harus memiliki empat slot dan semua stik Memory anda harus memiliki spesifikasi yang sama.

Catatan: Ini adalah panduan dasar yang memberi anda gambaran tentang dimana anda dapat menemukan opsi yang sesuai. Karena motherboard yang berbeda memiliki antarmuka yang tidak identik yang menampung opsi berbeda dengan nama yang beragam, anda perlu membaca panduan ini untuk mempelajari lebih lanjut langkah-langkahnya.


Cara Aktifkan Dual-Channel RAM di BIOS

Untuk mengaktifkan dual-channel RAM di BIOS, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Pertama, restart komputer anda dan terus tekan hotkey yang membantu anda masuk ke BIOS. Motherboard yang berbeda memiliki hotkey yang berbeda. Namun, dalam kebanyakan kasus, tombol tersebut adalah tombol F2, Del, Esc atau F10.
  • Setelah anda masuk ke BIOS, anda perlu menemukan opsi yang bernama Advanced Memory Settings.

  • Pengaturan khusus ini mungkin langsung tersedia di layar anda. Atau anda mungkin perlu menavigasi ke jalur yang berbeda seperti fitur Advanced BIOS, Advanced Mode atau periksa buku petunjuk untuk mendapatkannya.
  • Setelah itu, temukan opsi bernama Memory Mode atau Channel Mode.
  • Gunakan mouse atau tombol panah dan tombol Enter untuk membuka pengaturan ini dan pilih opsi Dual.
  • Terakhir, anda perlu menyimpan pengaturn anda. Untuk itu, alihkan ke tab Save & Exit dan pilih opsi Save & Exit Setup.
  • Kemudian, konfirmasikan perubahan dengan mengklik Yes.


Saya harap panduan ini membantu anda!

Bagaimana cara mengaktifkan dual-channel RAM?
Untuk mengaktifkan dual-channel RAM, anda harus memasang setidaknya dua stuk Memory dengan spesifikasi yang sama, termasuk kecepatan yang sama di dua slot berbeda di motherboard anda. Kemudian, buka pengaturan BIOS menggunakan hotkey Del/F2/F10/Esc dan masuk ke Advanced Memory Settings atau fitur Advanced BIOS. Setelah itu, cari opsi Memory Mode atau Channel Mode. Buka pengaturan ini dan pilih opsi Dual, bukan Single. Terakhir, simpan semua perubahan dari tab Save & Exit.

Bagaimana saya tahu jika RAM saya menjalankan dual-channel?
Cara termudah untuk mengetahui apakah RAM anda menjalankan dual-channel atau single channel adalah dengan menggunakan Task Manager. Buka Task Manager menggunakan tombol Ctrl + Shift + Esc dan buka tab Performance. Kemudian alihkan ke tab Memory dan temukan bagian Slots used. Jika itu menunjukkan 1 of 2 atau 1 of 4 atau sesuatu seperti itu, maka itu ada pada single channel. Anda juga dapat menggunakan CPU-Z. Buka tab Memor dan temukan bagian Channel. Ini menunjukkan channel seperti ini: Single atau Dual.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan dual-channel RAM di BIOS. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan Dual-Channel RAM di BIOS"