Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki XMP Tidak Berfungsi di Komputer Windows

 


Kita semua tahu bahwa mengaktifkan Extreme Memory Profiles (XMP) dapat meningkatkan kecepatan RAM system anda. Namun, kita memperhatikan bahwa terkadang XMP gagal berfungsi. Mengaktifkan XMP tidak berpengaruh pada kecepatan RAM, sehingga menggagalkan tujuannya. Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat anda lakukan jika XMP tidak berfungsi di komputer Windows anda.


Mengapa RAM saya tidak berjalan di XMP?

Jika anda menghadapi masalah saat menggunakan XMP, anda disarankan untuk memeriksa apakah system anda kompatibel dengannya. Produsen motherboard anda biasanya menyebutkan dukungan XMP dalam spesifikasi atau manual produk mereka. Jika motherboard anda tidak mendukung XMP, anda tidak akan dapat mengaktifkan XMP untuk modul RAM anda. Penting untuk diingat bahwa kompatibilitas XMP tidak hanya bergantung pada motherboard tetapi juga pada CPU. Jadi, anda juga harus memeriksanya.




Memperbaiki XMP Tidak Berfungsi di Komputer Windows


Jika XMP tidak berfungsi untuk anda, maka ikuti solusi yang dijelaskan dibawah ini. Mari kita lihat solusinya secara detail.



1. Beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum memulai pemecahan masalah


Saat menyiapkan dua DIMM, jangan aktifkan overclocking CPU, karena mungkin tidak didukung tergantung pada boardnya. Pilih profil XMP yang sesuai dengan spesifikasi memory anda, periksa pengaturan voltage dan gunakan slot memory yang benar. Untuk performa optimal, atur voltage DRAM ke 1,35v dan VCCIO/VCCSA ke 1,1v. Simpan pengaturan, keluar dari BIOS dan uji performanya.



2. Restart Komputer


Terkadang sebuah system memerlukan reboot setelah mengubah profil XMP-nya. Jadi, saya menyarankan anda untuk me-reboot komputer anda setelah mengubah pengaturan profil XMP dan kemudian memeriksa apakah masalahnya telah teratasi.



3. Pastikan RAM Anda Kompatibel


Anda perlu memastikan bahwa stik RAM yang dimaksudkan untuk digunakan dengan XMP kompatibel dengan motherboard anda dengan berkonsultasi dengan Qualified Vendor List (QVL) dari produsen motherboard.




4. Update BIOS


Jika firmware BIOS anda sudah out of date, kemungkinan besar perubahan yang anda buat pada XMP Profile anda tidak terdaftar. Dalam hal ini, anda perlu mengupdate BIOS anda dan kemudian memeriksa kecepatan RAM menggunakan perintah yang disebutkan di bawah ini di jendela Command Prompt.

wmic memorychip get speed


Jika kecepatan RAM tidak sesuai standar, maka saya sarankan anda untuk menonaktifkan XMP Profile, reboot komputer anda dan hidupkan kembali. Ini perlu anda lakukan karena perubahan tersebut tidak tercatat sebelumnya karena tidak adanya utilitas BIOS terbaru.


5. Pasang Ulang Baterai CMOS Anda

CMOS mempertahankan konfigurasi BIOS, termasuk pengaturan memory controller yang dapat mencegah inisialisasi XMP jika tidak akurat. Melepaskan dan memasang kembali baterai CMOS akan menyelesaikan masalah.
  • Pertama-tama, matikan komputer anda dan lepaskan semua kabelnya.
  • Sekarang, anda perlu mendapatkan akses ke baterai CMOS anda, tampilannya akan mirip dengan gambar dibawah.
  • Keluarkan baterai dan tekan dan tahan tombol Power selama 30 detik.
  • Kemudian, setelah satu menit, pasang kembali baterai yang anda lepaskan.


Dengan cara ini, anda dapat mereset CMOS anda, yang seharusnya mengatur ulang beberapa bagian konfigurasi BIOS anda. Setelah selesai, boot ke BIOS dan aktifkan XMP. Mudah-mudahan ini bisa membantu anda. Namun, jika masalah terus berlanjut, anda perlu mendapatkan baterai CMOS baru, menggantinya dengan baterai yang sekarang dan memeriksa apakah masalah telah teratasi.


6. Pecahkan Masalah di Clean Boot

Kemungkinan besar aplikasi tertentu, seperti utilitas overclocking, dapat mengganggu fungsionalitas XMP di tingkat system operasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menguninstall software apapun yang bermasalah untuk menyelesaikan masalah tanpa penundaan lebih lanjut. Dalam hal ini, anda diharuskan melakukan Clean Boot karena ini akan menonaktifkan semua service dan proses pihak ketiga, kemudian periksa apakah masalah masih berlanjut. Jika XMP mulai bekerja setelah booting tanpa service pihak ketiga, aktifkan proses secara manual untuk menemukan penyebabnya.



7. Reset BIOS

Mengclear CMOS akan mengatur ulang beberapa bagian BIOS anda, tetapi tidak akan mereset BIOS seluruhnya. Jika ada masalah dengan konfigurasi BIOS anda yang tidak diatur oleh baterai CMOS, saya sarankan anda harus mereset BIOS anda. Jadi, reset BIOS anda ke nilai defaultnya untuk memeriksa apakah masalah telah teratasi.



Saya berharap anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan mudah.

Apakah XMP aman untuk RAM?
Ya, idealnya, tidak ada masalah saat mengaktifkan XMP di komputer anda. Memory OEM anda telah bekerja keras dan RnD bertahun-tahun untuk mendapatkan fitur ini dan seseorang harus bebas mengaktifkannya selama system mereka kompatibel. Namun, satu hal yang harus diingat jika anda memiliki pasokan daya yang tidak stabil atau berfluktuasi, jangan mengaktifkan XMP atau fitur overclocking lainnya karena dapat menyebabkan beberapa masalah.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki XMP tidak berfungsi di komputer Windows. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki XMP Tidak Berfungsi di Komputer Windows"