Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Kursor Mouse Tidak Berpindah ke Monitor Kedua

 


Windows 10 dan Windows 11 memberi pengguna fasilitas untuk menghubungkan beberapa layar ke komputer. Bekerja dengan banyak layar dapat meningkatkan produktivitas karena pengguna dapat menggunakan aplikasi dan menjaganya tetap terbuka di layar sesuai kebutuhan mereka. Saat beberapa layar tersambung ke komputer yang sama, anda dapat memindahkan kursor mouse dan aplikasi di antara layar. Namun bagi sebagian pengguna, fitur ini tidak berfungsi. Jika kursor mouse anda tidak berpindah ke monitor kedua, solusi yang diberikan dalam artikel ini akan membantu anda.



Memperbaiki Kursor Mouse Tidak Berpindah ke Monitor Kedua


Gunakan perbaikan berikut ini jika kursor mouse anda tidak berpindah ke monitor kedua di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Periksa Alignment Monitor Anda


Penyebab utama masalah ini adalah alignment monitor anda yang salah. Jika anda mencoba menggerakkan pointer mouse ke display kedua hanya melalui satu sisi display utama, coba sisi lainnya dari display utama.


Mulailah menggerakkan kursor mouse anda melintasi keempat sisi monitor utama dan lihat apakah mouse mengarah ke monitor kedua atau tidak. Jika ini berhasil, anda harus memeriksa alignment monitor anda di Settings Windows 10 atau Windows 11. Untuk mengidentifikasi Display 1 dan Display 2, klik tombol Identify. Saat anda mengklik tombol Identify, Windows 10 atau Windows 11 akan menampilkan nomor display pada setiap layar yang terhubung.


Ikuti langkah-langkah yang tertulis dibawah ini untuk melakukannya.

  • Buka Settings Windows 10 atau Windows 11 dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings Windows 10, pilih System, kemudian pilih Display di panel kiri di halaman berikutnya.
  • Sementara di Settings Windows 11, pilih System dari sisi kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Setelah itu, seret display anda untuk menyelaraskannya dengan benar.




2. Putuskan Sambungan dan Sambungkan Kembali Display Anda


Terkadang masalah terjadi karena error kecil atau error sementara. Hal ini mungkin terjadi pada anda. Jadi, saya menyarankan anda untuk memutuskan sambungan monitor kedua dan menghubungkannya kembali. Sekarang, periksa apakah anda dapat memindahkan kursor mouse ke monitor kedua atau tidak.



3. Atur Display Anda ke Extend Mode


Pastikan kedua display anda diatur ke Extend mode. Anda dapat mengatur display mode anda ke Extend mode dengan menggunakan tombol shortcut Win + P. Jadi, tekan tombol Win + P dan pilih opsi Extend. Sebagai alternatif, anda juga dapat memilih opsi yang sama di Settings Windows 10 atau Windows 11.

  • Buka Settings Windows 10 atau Windows 11 dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System dan kemudian pilih Display.
  • Di halaman berikutnya, di bagian Display rearrangement, klik Extend these displays.




4. Ubah Resolusi Display Anda


Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka dapat memperbaiki masalah ini dengan mengubah resolusi display mereka. Jadi, anda juga perlu menyesuaikan resolusi display anda. Setelah mengubah resolusi display, anda mungkin harus menyelaraskan display anda kembali. Setelah anda melakukan itu, perikasa kembali apakah anda dapat menggerakkan kembali pointer mouse ke display kedua atau tidak.


Di Windows 10:

  • Luncurkan Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System.
  • Di halaman berikutnya, pilih Display di panel kiri.
  • Kemudian di panel kanan, ubah Display resolution anda dari menu drop-down.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Display.
  • Di halaman berikutnya ubah Display resolution anda.




Itu dia. Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki kursor Mouse tidak berpindah ke monitor kedua. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Kursor Mouse Tidak Berpindah ke Monitor Kedua"