Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan fTPM CPU AMD di BIOS

 


AMD fTPM adalah versi lanjutan dari teknologi TPM standar, yang diimplementasikan menggunakan microchip dan digunakan pada komputer AMD. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari apa itu fTPM CPU AMD dan bagaimana anda dapat mengaktifkannya dari BIOS.



Apa itu fTPM CPU AMD di BIOS?


Trusted Platform Module (TPM) memberikan keamanan pada komputer anda dengan bantuan key cryptographic. Ada berbagai jenis TPM, yaitu Discrete TPM, Integrated TPM,  Hypervisor TPM, Software TPM dan Firmware TPM (fTPM). Seperti yang sudah anda duga, saya akan lebih menekankan pada fTPM. Ini berjalan di dalam CPU dan menangani bug yang terbentuk di software CPU anda, olh karena itu dinamakan Firmware TPM.


fTPM mirip dengan TPM, hanya saja yang pertama bersifat digital. Saat komputer anda boot dan anda mencoba login, fTPM berinteraksi dengan firmware system anda dan menambahkan lapisan keamanan di atas lingkungan anda yang sudah aman.


Ini sangat mirip dengan Intel PTT karena keduanya memberikan keamanan virtual ke komputer Anda. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara keduanya, yang utama adalah AMD menggunakan Platform Security Processor (PSP) karena semua data akan disimpan dalam chip meskipun terlepas dari motherboard.


Sedangkan Intel PTT, dengan bantuan MEI, tidak hanya mengelola komputer tetapi juga perangkat eksternal. Jadi, anda dapat mengatakan bahwa ini mengamankan CPU anda ke BIOS dan tidak terbatas pada software. Namun, anda tidak dapat mengatakan apakah yang satu lebih baik dari yang lain.



Cara Mengaktifkan fTPM CPU AMD di BIOS


Sebelum kita mengaktifkan AMD CPU fTPM, mari kita periksa dulu apakah itu sudah diaktifkan. Untuk itu, anda perlu membuka PowerShell dengan hak administrator atau membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell. Setelah itu, jalankan perintah berikut ini.

Get-tpm


Jika anda melihat False di beberapa bidang, maka fTPM dinonaktifkan.

Sekarang, mari kita ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini untuk mengaktifkan fTPM CPU AMD.
  • Pertama-tama, booting ke BIOS.
  • Sebelum mengaktifkan fTPM, kita perlu mengaktifkan Secure Boot. Untuk itu, Di jendela BIOS, alihkan ke tab Boot, kemudian aktifkan Secure Boot dan OS type diatur ke mode UEFI Windows.
  • Sekarang, alihkan ke tab Advanced dan kemudian pergi ke AMD fTPM configuration atau AMD CPU fTPM.
  • Pastikan, TPM Device Selection diatur ke Firmware TPM.
  • Terakhir, simpan pengaturan BIOS anda dan keluar dari BIOS.


Anda baru saja mengaktifkan fTPM CPU AMD dan menambahkan lapisan keamanan ekstra ke system anda.

Banyak pengguna AMD yang mengeluh karena fTPM, system mereka menjadi tidak responsif dan tersendat-sendat (stuttering). Untungnya, AMD telah mempertimbangkan hal ini dan telah merilis perbaikan. Perbaikan ini dapat diterapkan dengan mengupdate BIOS. Namun, mereka akan merilis perbaikannya secara bertahap dan jika anda belum menerimanya, yang dapat anda lakukan hanyalah menunggu.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan fTPM CPU AMD di BIOS anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan fTPM CPU AMD di BIOS"