Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Lampu Caps Lock pada Laptop Berkedip Terus Menerus

 


Dalam artikel ini, saya akan membahas situasi dimana indikator Caps Lock pada laptop terus menerus berkedip, tetapi laptop tidak menyala. Ketika pengguna mencoba untuk menyalakan laptop dengan menekan tombol power, indikator Caps Lock mulai berkedip secara berulang, namun layar tetap hitam. Masalah ini berkaitan dengan masalah hardware pada laptop. Namun, dalam beberapa kasus, kerusakan pada BIOS juga dapat menjadi penyebab masalah tersebut.


Masalah ini berbeda dengan situasi dimana tombol Caps Lock aktif dan nonaktif dengan sendirinya. Oleh karena itu, anda membutuhkan solusi yang berbeda untuk memperbaikinya. Jadi, mari kita periksa apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Lampu Capslock pada Laptop Berkedip Terus Menerus


Jika indikator Caps Lock pada laptop anda terus berkedip tanpa menampilkan apapun di layar anda, maka gunakan solusi yang diberikan dalam artikel ini dan lihat mana yang membantu memperbaiki masalah ini.



1. Lakukan Reset Power


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan reset power dan periksa apakah itu berhasil mengatasi masalah anda. Beberapa laptop memiliki tombol reset power yang dapat anda gunakan. Jika laptop anda memiliki tombol seperti itu, silakan gunakan untuk melakukan reset power. Untuk pengguna lain yang tidak memiliki tombol reset power, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan reset power.

  • Matikan komputer anda. Karena displaynya hitam, maka anda harus menggunakan tombol power untuk mematikan laptop anda. Jadi, tekan dan tahan tombol power hingga laptop anda mati.
  • Selanjutnya, putuskan sambungan adaptor AC dan keluarkan baterainya. Jika laptop anda dilengkapi dengan baterai yang tidak dapat dilepas, maka cukup lepaskan adaptor AC-nya.
  • Setelah itu, cabut semua perangkat periferal yang terhubung ke komputer anda.
  • Sekarang, tekan dan tahan tombol power selama sekitar 30 detik.
  • Setelah itu, pasang kembali baterai dan juga charger.
  • Kemudian, hidupkan laptop anda.



Anda dapat memeriksanya, apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.



2. Lepaskan Baterai dan Nyalakan Laptop Anda


Mungkin juga baterai laptop anda rusak sehingga menyebabkan indikator Caps lock terus berkedip. Untuk memeriksanya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.

  • Matikan laptop anda dan lepaskan baterainya.
  • Kemudian, colokkan adaptor AC dan sambungkan ke stop kontak.
  • Selanjutnya, nyalakan sakelar untuk memberikan power supply terus menerus ke laptop anda.
  • Setelah itu, hidupkan laptop anda.



Jika ini memperbaiki masalah, maka anda perlu mengganti baterai laptop anda.



3. RAM Mungkin Rusak


Anda juga akan menghadapi masalah seperti ini di laptop anda jika RAM-nya rusak atau jika stik RAM tidak dipasang dengan benar. Oleh karena itu, lepaskan stik RAM anda dan masukkan kembali ke dalam slot. Jika anda melihat debu pada stik RAM dan pada slot RAM anda, maka bersihkan terlebih dahulu kemudian masukkan RAM ke dalam slot RAM. Anda dapat menggunakan karet penghapus untuk membersihkan kuningan pada stik RAM anda. Setelah itu, nyalakan kembali laptop anda dan lihat apakah masalahnya masih ada atau diperbaiki.



Jika laptop anda memiliki dua stik RAM, kemungkinan salah satunya rusak. Untuk memeriksanya, lepas salah satu stik RAM kemudian hidupkan laptop anda. Jika laptop tidak mau menyala dan indikator Caps Lock tetap berkedip, maka matikan laptop anda dengan menekan dan menahan tombol power, kemudian ganti stik RAM dengan yang anda copot tadi. Setelah itu, nyalakan laptop anda dan lihat apa yang terjadi. Selain itu, coba masukkan stik RAM satu per satu di kedua slot RAM (jika ada).


Proses di atas akan membantu anda mengidentifikasi stik RAM yang rusak (jika ada). Jika anda menemukan stik RAM anda rusak, gantilah dengan yang baru.



4. Pulihkan BIOS


Jika tidak ada solusi di atas yang membantu anda, BIOS laptop anda mungkin rusak. Dalam hal ini, anda tidak dapat memulai laptop sampai anda memulihkan BIOS yang rusak. Sebagian besar komputer memiliki BIOS Recovery Mode otomatis yang diluncurkan dengan sendirinya jika terjadi kerusakan pada BIOS. Namun, jika ini tidak berhasil, anda harus memulihkan BIOS system secara manual dengan menggunakan tombol keyboard khusus atau USB flash drive eksternal.


Laptop dari berbagai merek memiliki proses yang berbeda untuk memulihkan BIOS yang rusak. Oleh karena itu, anda perlu mengunjungi website resmi pabrikan laptop anda untuk mengetahui prosedur yang benar untuk memulihkan BIOS. Saat anda menekan tombol keyboard khusus, laptop anda akan mencoba memulihkan BIOS dari hard drive tempatnya disimpan.


Sebagai contoh, saya akan memberikan langkah-langkahnya untuk laptop HP.

  • Matikan laptop anda.
  • Pastikan laptop anda tetap terhubung dengan charger setelah dimatikan.
  • Saat komputer masih dimatikan, tekan dan tahan tombol Win + B secara bersamaan.
  • Sambil tetap menekan tombol Win + B, tekan dan tahan tombol Power hingga 3 detik.
  • Setelah itu, lepas tombol Power tapi jangan lepas tombol Win + B.
  • Anda akan mendengar suara bip.
  • Setelah itu, lepaskan tombol Win + B. (Layar anda mungkin tetap hitam hingga 30-60 detik).
  • Sekarang, anda akan melihat layar BIOS Recovery. Jika tidak, maka ulangi kembali seluruh proses.
  • BIOS Recovery akan dimulai secara otomatis, jika tidak maka tekan Enter. Biarkan proses berjalan sepenuhnya.
  • Setelah selesai, klik Continue Startup untuk merestart laptop anda.


Jika langkah-langkah diatas gagal, anda dapat merecovery BIOS HP menggunakan USB Drive. Anda dapat memeriksa artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkapnya.



Demikian pula, anda dapat memulihkan BIOS laptop berdasarkan mereknya dengan mengunjungi website resmi pabrikan.



5. Hubungi Teknisi Laptop


Jika masalah masih berlanjut, sebaiknya bawa laptop anda ke teknisi komputer profesional atau ke cervice center produsen laptop anda untuk diperbaiki.



Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki lampu Caps Lock pada Laptop berkedip terus menerus. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Lampu Caps Lock pada Laptop Berkedip Terus Menerus"