Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Menyimpan Gambar Sebagai JPEG atau JPG di Photoshop

 


Photoshop adalah salah satu software graphics berbayar yang sangat populer dan banyak digunakan. Baik para profesional maupun pengguna biasa sering mengandalkan software ini untuk berbagai tugas, mulai dari hal yang sederhana hingga yang kompleks. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami masalah ketika mereka tidak dapat menyimpan gambar dalam format JPEG atau JPG di Photoshop.


JPG (Joint Photographic Group) atau JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah format file yang sangat umum digunakan untuk menyimpan file graphic yang ditujukan untuk berbagi atau digunakan secara digital. Format ini memungkinkan kompresi dengan kehilangan data yang mengurangi ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar yang signifikan.


Untuk mengatasi masalah seperti itu, artikel ini akan memberikan beberapa solusi sederhana yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah ini.




Memperbaiki Tidak Dapat Menyimpan Gambar Sebagai JPEG atau JPG di Photoshop


Jika anda mengalami kendala saat mencoba menyimpan file dalam format JPEG atau JPG di Photoshop, maka artikel ini akan membantu anda memahami mengapa anda mengalami masalah tersebut dan menawarkan solusi yang mungkin untuk memperbaiki masalah ini. 



1. Color Mode Gambar


Jika anda mencoba menyimpan dokumen Photoshop anda sebagai JPEG atau JPG tetapi Photoshop menolak untuk menyimpannya, maka anda mungkin perlu mengubah color mode gambar anda.


Untuk mengubah color mode gambar, klik Image di menu bar atas, kemudian arahkan ke Mode dan pilih RGB Color. Karena anda ingin menyimpan sebagai JPEG atau JPG RGB akan menjadi pilihan terbaik.




2. Bit Channel Gambar


Pengaturan bit channel yang anda miliki untuk gambar anda dapat menyebabkan Photoshop tidak dapat menyimpan file sebagai JPEG atau JPG. Untuk file yang akan disimpan sebagai JPEG atau JPG maka bit color channel 8 adalah yang terbaik. Semakin tinggi bitnya, semakin besar juga filenya.


Untuk mengubah bit channel, klik Image pada menu bar atas, kemudian arahkan ke Mode dan pilih 8 Bits/Channel.




3. Ukuran File/Resolusi Gambar Besar


Jika Photoshop menolak untuk menyimpan file sebagai JPEG atau JPG maka file anda mungkin sangat besar. Anda harus mengubah resolusi gambar sebelum menyimpannya sebagai JPEG atau JPEG.


Untuk mengubah resolusi gambar;

  • Klik Image pada menu bar atas dan pilih Image size. Anda juga dapat menekan tombol Alt + Ctrl + I untuk membuka jendela pengaturan Image size.
  • Jendela Image size akan muncul.
  • Selanjutnya, karena anda ingin menyimpan file sebagai JPEG atau JPG, maka ubah resolusi gambar antara 72-150 Pixels/Inch di kotak opsi Resolution. Ini tergantung pada ukuran file aslinya.



Jika anda membutuhkan gambar yang lebih besar, anda harus menyimpan file tersebut sebagai PDF atau EPS. Perhatikan bahwa anda masih dapat menyimpan file sebagai Photoshop PSD jika nantinya anda ingin mengedit kembali file.



4. Preferensi Photoshop


Photoshop mungkin menolak untuk menyimpan file sebagai JPEG atau JPG karena preferensi yang rusak. Dalam hal ini, anda perlu mereset preferensi Photoshop anda.


Untuk versi Photoshop yang lebih lama, anda dapat mereset preferensi dengan menggunakan shortcut keyboard.

  • Untuk itu, simpan file anda terlebih dahulu dalam format Photoshop PSD dan kemudian tutup Photoshop.
  • Sekarang, tekan dan tahan tombol Ctrl + Alt + Shift dan luncurkan Photoshop.
  • Klik Yes di dialog yang menanyakan, Delete the Adobe Photoshop Settings file?


Untuk versi Photoshop yang lebih baru, ada cara untuk mereset preferensi dari jendela Preferences.

  • Jangan lupa menyimpan file anda.
  • Kemudian, klik Edit, kemudian arahkan ke Preferences dan pilih General. Anda dapat menekan tombol Ctrl + K dan pilih General.
  • Di jendela Preferences, klik Reset Preferences on Quit dan klik OK pada kotak dialog Are you sure you want to reset preferences when quitting Photoshop?
  • Setelah itu, tutup Photoshop dan buka kembali Photoshop.
  • File Preference baru akan dibuat di lokasi aslinya.



Catatan: Pastikan untuk membackup preferensi anda di lokasi yang aman jika anda memiliki preferensi yang ingin anda gunakan kembali.



5. Perlindungan Photoshop


Solusi ini mungkin terlihat aneh, tapi mungkin Photoshop menolak untuk menyimpan file sebagai JPEG atau JPG untuk menyelamatkan anda dari rasa penyesalan nantinya. Ini dapat terjadi pada versi Photoshop yang lebih baru. Jika anda sedang mengerjakan sebuah file dan anda memilih untuk menyimpannya sebagai JPEG atau JPG, Photoshop tidak akan menyimpan file tersebut sebagai JPEG atau JPG. Ini terjadi karena Photoshop ingin memastikan bahwa anda tidak akan menutup file asli yang dapat diedit tanpa menyimpannya dalam format PSD yang dapat diedit.


Dalam hal ini, anda harus menyimpan file sebagai Copy bukan mencoba menyimpannya sebagai JPEG atau JPG. Apa yang akan terjadi adalah file tersebut akan tetap menggunakan nama yang sama tetapi Copy akan ditambahkan ke namanya. dengan cara ini file asli anda yang dapat diedit akan dilindungi dari penutupan yang tidak disengaja tanpa disimpan.



Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat menyimpan gambar sebagai JPEG atau JPG di Photoshop. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Menyimpan Gambar Sebagai JPEG atau JPG di Photoshop"