Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan TCP/IPv6 di Windows 10/11

 


IPv6 (Internet Protocol version 6) adalah versi Internet Protocol yang lebih baru dari IPv4. Salah satu perbedaan utama adalah panjang IP address. IPv4 menggunakan alamat 32-bit dan dapat menghasilkan hingga 4 miliar alamat unik, sedangkan IPv6 menggunakan alamat 128-bit dan dapat menghasilkan 340 undecillion (1036) alamat unik. Namun, jika IPv6 menyebabkan masalah, anda dapat menonaktifkannya dan tetap menggunakan IPv4 menggunakan salah satu metode yang dijelaskan dalam artikel ini.



Cara Menonaktifkan TCP/IPv6 di Windows 10/11


Untuk menonaktifkan IPv6 di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan salah satu metode yang dijelaskan dalam artikel ini sesuai situasi anda saat ini dan menurut anda langkah yang paling mudah.



1. Nonaktifkan IPv6 Melalui Settings Windows


IPv6 (Internet Protocol version 6) adalah versi Internet Protocol yang lebih baru dari IPv4. Salah satu perbedaan utama adalah panjang IP address. IPv4 menggunakan alamat 32-bit dan dapat menghasilkan hingga 4 miliar alamat unik, sedangkan IPv6 menggunakan alamat 128-bit dan dapat menghasilkan 340 undecillion (1036) alamat unik. Namun, jika IPv6 menyebabkan masalah, anda dapat menonaktifkannya dan tetap menggunakan IPv4 menggunakan salah satu metode yang dijelaskan dalam artikel ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan pilih Network & internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Status atau WiFi/Ethernet di panel kiri dam klik Change adapter options di panel kanan.
  • Di jendela Network Connections, klik kanan pada nama jaringan anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties jaringan anda, hapus ceklist pada opsi Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dan klik OK untuk menyimpan perubahan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Network & internet di panel kanan dan klik Advanced network settings di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik More network adapter options dibawah bagian Related settings.
  • Di jendela Network Connections yang muncul, klik kanan pada nama jaringan yang anda gunakan dan pilih Properties.
  • Selanjutnya di jendela Properties jaringan, hapus ceklist pada opsi Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.




2. Nonaktifkan IPv6 dengan Memodifikasi Registry


Jika anda adalah pengguna yang mahir, nonaktifkan IPv6 dengan mengutak-atik Windows Registry melalui Command Prompt. Sebelum anda mencoba mengubah registry, sebaiknya backup registry anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan teka Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Fungsionalitas IPv6 diaktifkan secara default dan key registry DisabledComponents akan memiliki value 00. Untuk menonaktifkan IPv6, ubah ubah value key registry tersebut menjadi 0xFF. Untuk itu, di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
reg add "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip6\Parameters" /v DisabledComponents /t REG_DWORD /d 255 /f


  • Atau, alih-alih menonaktifkan IPv6, anda dapat memerintahkan Windows untuk mengadopsi IPv4 melalui IPv6 dengan mengatur value key registry ke 0x20 (32) bukan 0xFF dengan memasukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
reg add "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip6\Parameters" /v DisabledComponents /t REG_DWORD /d 32 /f
  • Setelah menjalankan perintah, restart komputer anda untuk memastikan perubahan telah diterapkan.


3. Nonaktifkan IPv6 untuk Network Adapter Tertentu

Apakah anda memiliki lebih dari satu network adapter yang terhubung ke komputer Windows anda? Anda dapat menggunakan PowerShell untuk menonaktifkan IPv6 untuk network adapter tertentu. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka PowerShell dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk mendapatkan daftar network adapter yang terhubung ke komputer anda.
Get-NetAdapterBinding -ComponentID ms_tcpip6
  • Untuk menonaktifkan IPv6 pada network adapter tertentu, masukan perintah dibawah dan tekan Enter. Jangan lupa ganti [name] dengan nama sebenarnya dari network adapter anda.
Disable-NetAdapterBinding -Name [name] -ComponentID ms_tcpip6


  • Setelah menjalankan perintah diatas, anda tidak akan mendapatkan pesan di layar. Namun, anda dapat menjalankan perintah yang disebutkan di langkah ke-2 untuk melihat status IPv6. Jika anda telah menonaktifkan IPv6 untuk network adapter tertentu, anda akan melihat False di kolom khusus Enabled.

Untuk mengaktifkan kembali IPv6, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Sekali lagi, ingatlah untuk mengganti [name] dengan nama network adapter anda.

Enable-NetAdapterBinding -Name [name] -ComponentID ms_tcpip6

Jika anda menemukan bahwa metode PowerShell terlalu rumit, maka anda dapat kembali ke metode pertama untuk menggunakan metode Settings Windows dalam mengubah IPv6 untuk network adapter tertentu.


Apakah IPv6 lebih cepat dari IPv4?
IPv6 memiliki ukuran header yang lebih besar (128-bit) daripada IPv4 (32-bit), yang menyederhanakan pemrosesan paket dan menghasilkan koneksi yang lebih cepat, khususnya di perangkat jaringan dimana NAT (Network Address Translation) tidak diperlukan. NAT mengubah IP address yang ditetapkan ISP anda menjadi private address untuk semua perangkat di jaringan anda.

Apakah menonaktifkan IPv6 meningkatkan kecepatan Internet?
Tidak. Adalah mitos bahwa koneksi jaringan akan lebih cepat dengan menonaktifkan IPv6. Jika pengaturan IPv6 tidak dikonfigurasi dengan benar, komputer mungkin mencoba menghubungi server DNS IPv6 yang rusak sebelum beralih kembali ke IPv4, yang menyebabkan penundaan.

Mengapa alamat IPv6 berisi huruf?
IPv6 adalah alamat alfanumerik yang terdiri dari delapan bidang yang dipisahkan oleh titik dua. Format alamat IPv6 adalah: x:x:x:x:x:x:x:x:x. Alamat IPv6 adalah 128 bit daripada 32 bit IPv4. Untuk membuat alamat ini lebih mudah dikelola dalam berbagai skenario, presentasi standar IPv6 menggunakan notasi heksadesimal, dimana setiap simbol mewakili 4 bit. System penomoran heksadesimal menggunakan enam belas simbol (0 sampai 9 dan A sampai F).


Semoga bermanfaat untuk anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menonaktifkan TCP/IPv6 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan TCP/IPv6 di Windows 10/11"