Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalankan System Diagnostics di Windows 10/11

 


Microsoft telah menyertakan banyak tool untuk membantu anda mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin memengaruhi komputer Windows anda. Salah satu tool tersebut adalah System Information Tool. Dengan bantuan tool ini, anda dapat memperoleh informasi tentang hardware system anda.


Fitur yang kurang diketahui dari tool ini adalah kemampuannya untuk menjalankan System Diagnostics yang menghasilkan laporan kesehatan tentang komputer anda yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11. System Diagnostics membantu dalam mengidentifikasi masalah yang mungkin mempengaruhi performa atau kestabilan system anda. Laporan yang dihasilkan oleh tool ini mencakup informasi tentang hardware, pengaturan system dan software yang diinstall.



Apa itu System Diagnostics Report?


Ketika menjalankan System Diagnostics, tool ini akan membuat laporan yang berisi spesifikasi dan informasi terkait dengan komputer anda. Laporan ini mencakup informasi mengenai hardware and software yang terinstall di system anda. Keuntungan dari laporan ini adalah anda dapat menyelidiki potensi masalah yang mungkin terjadi dengan system anda.


Laporan yang dihasilkan menjadi sangat berguna ketika anda perlu melaporkan masalah ke pihak OEM (produsen hardware), Microsoft atau kepada ahli di bidang tersebut. Anda dapat dengan mudah melampirkan laporan ini saat menyampaikan keluhan anda dan para ahli akan menganalisis informasi di dalamnya. Dengan bantuan laporan ini, mereka dapat mendiagnosis apa yang salah dengan system anda dan memberikan anda informasi tentang cara memperbaikinya.


Jadi, laporan dari System Diagnostics menjadi sesuatu yang sangat berguna dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah potensial pada komputer Windows anda. Dengan begitu, anda dapat mengatasi masalah dengan lebih cepat dan efisien.



Cara Menjalankan System Diagnostics di Windows 10/11


Untuk mendapatkan laporan System Diagnostics menggunakan System Information Tool di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Luncurkan System Information baik dengan mencarinya di Start Menu atau dengan menjalankan perintah msinfo di kotak Run (Win + R).
  • Setelah tool diluncurkan, cukup klik File dan pilih Save. Anda juga dapat menekan tombol Ctrl + S.


  • Komputer anda akan mulai membuat snapshot dari konfigurasinya.
  • Anda kemudian dapat dengan mudah mengakses laporan tersebut dengan pergi ke lokasi tempat anda menyimpannya.



Cara Menganalisis System Diagnostic Report di Windows 10/11


Kita telah membuat laporan menggunakan System Diagnostic Tool dan sekarang mari kita sedikit memahaminya. Sebagian besar pengguna cenderung bingung dengan semua label yang disebutkan dalam laporan. Itu sebabnya, saya akan menjelaskan laporan yang dihasilkan secara rinci. Untuk itu, buka File Explorer, navigasikan ke lokasi penyimpanan laporan anda dan luncurkan.


Di panel kanan laporan, anda akan melihat System Summary, dimana anda akan menemukan bagian yang perlu anda akses. Sekarang, mari kita menganalisis System Summary. Saat anda berada di layar System Summary, anda akan menemukan semua spesifikasi system anda termasuk system operasi yang dijalankannya, system type dan lainnya.


Sekarang, perluas Hardware Resources untuk menemukan daftar hardware yang resource-nya harus anda akses. Karena anda sedang mencari masalah dengan komputer anda, maka buka Conflict/Sharing. Bagian ini memungkinkan anda untuk melihat konflik antar hardware, dimana itu berarti anda akan dapat melihat hardware yang diinstall di komputer anda bersaing untuk mendapatkan resource yang sama. Demikian pula, anda dapat menavigasi ke bagian lain untuk menyelidikinya.



Dibawah System Summary, anda akan menemukan bagian Components. Itu akan memiliki semua perangkat yang terinstall ke komputer anda. Misalnya, akan ada bagian untuk monitor bernama Multimedia - Display, yang berisi informasi terkait monitor yang terhubung ke komputer anda.



Terakhir, anda memiliki Software Environment yang memiliki semua yang ingin anda ketahui tentang drive dan program lain yang terinstall di komputer anda. Ada beberapa bagian dibawah Software Environment, anda dapat membacanya untuk mempelajari lebih lanjut.



Jika semua ini terdengar terlalu merepotkan bagi anda dan ingin tahu cara menavigasi ke masalah dengan cepat, maka anda dapat mencarinya. Untuk itu klik Find what, kemudian masukkan apa yang perlu anda cari dan tekan Enter.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menjalankan System Diagnostics di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menjalankan System Diagnostics di Windows 10/11"