Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x000003eb, Unable to install Printer di Windows 10/11

 


Saat menginstall driver printer, anda mungkin mendapatkan error code 0x000003eb. Masalah ini terutama muncul ketika anda memiliki driver printer lama atau beberapa driver untuk beberapa printer. Untuk mengatasinya, anda perlu mengaturnya untuk menginstall yang baru. Artikel ini menjelaskan segalanya tentang menguninstall driver lama dan menginstall ulang driver baru untuk membantu anda menggunakan printer yang diinginkan tanpa masalah.


Error code 0x000003eb ini memiliki beberapa pesan error yang berbeda dan salah satu pesan error lengkap yang di tampilkan ketika anda mengalami masalah ini akan seperti berikut ini.

Unable to install printer. Operation could not be completed (error 0x000003eb).



Error code 0x000003eb ini muncul saat komputer anda gagal menginstall driver printer. Mungkin ada beberapa alasan mengapa anda tidak dapat menginstall driver printer. Mungkin anda memiliki versi driver yang lebih lama atau mungkin package yang rusak. Apapun dapat menyebabkan error ini.



Memperbaiki Error 0x000003eb, Unable to install Printer


Jika anda tidak dapat menginstall driver Printer dan melihat error code 0x000003eb di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Uninstall Sepenuhnya Driver Printer Lama


Ini adalah hal terpenting yang perlu anda lakukan ketika anda mendapatkan error code 0x000003eb saat menginstall driver printer. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pesan error ini muncul saat pengguna mencoba menginstal dua driver berbeda dari produsen printer yang sama. Meskipun seharusnya tidak menimbulkan masalah, namun jika anda mendapatkan error code 0x000003eb ini,  maka disarankan untuk menghapus driver lama.


Ada beberapa metode untuk menghapus driver pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat melakukannya melalui Device Manager atau menggunakan Command Prompt. Setelah anda selesai menghapusnya, anda menginstall driver baru tersebut di komputer anda.




2. Download Driver Printer dari Website Resmi


Sangat disarankan untuk mendownload driver Printer hanya dari website resmi perangkat anda. Terkadang, saat anda mendownload driver dari website yang tidak tepercaya atau tidak resmi, itu dapat menyebabkan masalah serius. Untuk mendownload driver printer milik anda dengan tepat, anda perlu mengetahui nomor seri yang tepat atau nomor model printer milik anda. Untuk informasi anda, anda dapat menemukan data ini pada printer anda sendiri. Anda harus memeriksa stiker yang menempel pada printer anda yang berisi nomor seri printer.




3. Jalankan Printer Troubleshooter


Masalah umum terkait printer seperti ini dapat diatasi dengan menjalankan Printer Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11. Oleh karena itu, jalankan troubleshooter dan lihat apakah itu membantu.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, di bawah bagian Get up and running, klik Printer dan kemudian klik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjuk dan terapkan perbaikan yang disarankan.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters untuk membuka halaman berikutnya.
  • Selanjutnya, dibawah bagian Most frequent, anda perlu mengklik Run di samping kanan Printer untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjuk di layar.
  • Setelah melakukan itu, restart komputer anda.




4. Pastikan Service Windows Installer Berjalan


Service Windows Installer membantu anda menjalankan dan memodifikasi semua package aplikasi. Jika service ini tidak berjalan, maka anda akan menghadapi masalah dalam menginstall driver dan aplikasi. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk memverifikasi status service Windows Installer di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Windows Installer di panel kanan.
  • Di jendela properties service yang terbuka, jika Startup type-nya di atur ke Disabled, maka ubah ke Automatic atau Manual (opsi default).
  • Setelah itu, klik Start pada bagian Service status untuk menjalankan service Windows Installer. Jika statusnya Running, maka klik Stop dan kemudian Start untuk merestart service.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x000003eb, Unable to install Printer di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x000003eb, Unable to install Printer di Windows 10/11"