Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Terhubung ke WiFi 5GHz di Windows 10/11


 

Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang dapat anda ambil jika komputer anda tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi 5 GHz di system operasi Windows 10 atau Windows 11. Jaringan WiFi 5 GHz memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan WiFi 2,4 GHz dan oleh karena itu, pengguna sering ingin terhubung ke jaringan WiFi 5 GHz jika perangkat mereka mendukungnya. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka menerima pesan error Can’t connect to this network ketika mencoba menghubungkan komputer mereka ke jaringan WiFi 5 GHz.



Kebanyakan pengguna mungkin tidak menemukan masalah ketika pengguna mencoba untuk menghubungkan komputer mereka ke jaringan WiFi 2,4 GHz. Namun, jika anda mengalami situasi serupa dimana anda tidak dapat menghubungkan komputer anda ke jaringan WiFi 5 GHz, maka berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda ikuti suntuk memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Tidak Dapat Terhubung ke WiFi 5GHz


Jika anda tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi 5 GHz di Windows 10 atau Windows 11 tetapi jaringan WiFi 2,4 GHz berfungsi dengan baik di system anda, maka gunakan solusi yang disediakan berikut dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Pastikan Anda Menggunakan Password yang Benar


Pastikan anda memasukkan password yang benar untuk menghubungkan ke jaringan WiFi 5 GHz. Pada router WiFi dual-band, mungkin ada pengaturan password yang berbeda untuk jaringan WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz. Ada kemungkinan bahwa anda telah memasukkan password yang salah. Cara termudah untuk memeriksanya adalah dengan mencoba menghubungkan perangkat 5G lainnya, seperti smartphone 5G ke jaringan WiFi 5 GHz. Jika anda tidak dapat menghubungkan smartphone anda ke jaringan WiFi 5 GHz, kemungkinan besar password yang anda gunakan salah.



2. Lakukan Power Cycle Router


Hal berikutnya yang dapat anda coba adalah melakukan power cycle pada router anda.Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Matikan router anda.
  • Kemudian, cabut kabel dari stopkontak.
  • Selanjutnya, tunggu selama 5-10 menit.
  • Kemudian, colokkan kabel ke stopkontak dan hidupkan kembali router anda.


Sekarang, periksa apakah masalah tetap ada atau tidak.



3. Lupakan Jaringan WiFi Anda


Jika komputer anda tersambung ke jaringan WiFi 2,4 GHz, jaringan WiFi tersebut akan ditambahkan ke daftar jaringan yang dikenal. Hapus dari daftar, kemudian sambungkan ke jaringan WiFi 5 GHz. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings;
    • Windows 10: Pilih Network & internet dan kemudian di halaman berikutnya, pilih Wi-Fi di panel kiri.
    • Windows 11: Pilih Network & internet di panel kiri dan klik Wi-Fi di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Manage known networks.
  • Kemudian, temukan dan pilih jaringan WiFi anda dalam daftar dan klik Forget.
  • Sektelah itu, hubungkan kembali ke jaringan WiFi 5 GHz.




4. Aktifkan IPv6


Jika IPv6 dinonaktifkan di system anda, maka anda mungkin mengalami masalah saat menghubungkan ke jaringan WiFi 5 GHz. Untuk mengaktifkan IPv6, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan klik Network and Internet.
  • Di halaman berikutnya, klik Network and Sharing Center.
  • Kemudian, klik pada jaringan WiFi anda.
  • Di jendela WiFi status yang terbuka, klik Properties.
  • Di jendela Properties WiFi, beri ceklist pada Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dan klik OK untuk menyimpan perubahan.



Sekarang, periksa apakah anda dapat terhubung ke jaringan WiFi 5 GHz atau tidak.



5. Update Wi-Fi Adapter


Jika anda masih tidak dapat menghubungkan system anda ke jaringan WiFi 5 GHz, maka kemungkinan masalahnya terkait dengan driver network anda. Jadi, saya menyarankan anda untuk mengupdate driver WiFi anda dan lihat apakah itu membantu.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manger, perluas Nertork adapters, kemudian klik kanan pada WiFi Adapter anda dan klik Update driver.
  • Di jendela Update driver WiFi, kemudian klik Search automatically for drivers untuk mengupdate driver secara online.
  • Jika anda telah mendownload driver WiFi terbaru, maka pilih Browse my computer for drivers.
  • Selanjutnya, pilih Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Di halaman berikutnya, beri ceklist pada opsi Show compatible hardware, kemudian klik Have disk untuk memilih driver terbaru yang telah anda download.
  • Kemudian klik Next.
  • Itu akan menginstall driver WiFi anda.




            6. Install Versi Lain dari Driver WiFi Anda


            Jika mengupdate WiFi Adapter tidak menyelesaikan masalah, maka install versi lain dari WiFi Adapter yang tersedia untuk system anda. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam hal ini.

            • Pertama, kunjungi website resmi pabrikan komputer anda dan download driver versi terbaru untuk WiFi Adapter anda.
            • Setelah itu, buka Device Manager seperti langkah diatas.
            • Di jendela Device Manager, perluas Network adapters.
            • Selanjutnya, klik kanan pada driver Wi-Fi Adapter anda dan pilih Uninstall device.


            • Kemudian, klik Yes di jendela konfirmasi.
            • Setelah itu, restart komputer anda.



            7. Atur Jaringan WiFi Pilihan Anda ke 5 GHz

            Anda dapat memaksa komputer anda untuk terhubung ke WiFi 5 GHz dengan mengaturnya sebagai jaringan WiFI pilihan.



            8. Reset Network


            Jika masalah masih berlanjut, maka anda dapat mereset jaringan di Windows 10 atau Windows 11 anda. Tindakan ini akan menginstall ulang Network adapter dan mengatur komponen jaringan ke default. Reset jaringan sangat membantu jika anda mengalami masalah dengan koneksi internet di system anda.


            Proses ini akan memakan waktu 5 menit. Oleh karena itu, simpan pekerjaan anda sebelum mereset jaringan anda. Setelah 5 menit, komputer anda akan restart secara otomatis. Windows akan menampilkan pesan sebelum merestart perangkat anda.




            9. Gunakan Dongle WiFi USB Dual Band (jika anda memilikinya)


            Anda juga dapat menggunakan Dongle WiFi Dual Band untuk menghubungkan komputer anda ke jaringan WiFi 5 GHz. Jika anda memiliki dongle WiFi, maka colokkan ke komputer anda dan hubungkan ke jaringan WiFi menggunakan itu.




            10. Lakukan Upgrade Menggunakan Media Creation Tool


            Jika setelah mencoba semua solusi di atas, masalah masih belum teratasi, kemungkinan ada beberapa file yang rusak di system anda yang perlu diperbaiki. Salah satu langkah yang dapat anda lakukan adalah melakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool untuk memperbaiki OS Windows anda. Dengan mengupgrade menggunakan Media Creation Tool, anda dapat memperbaiki OS Windows tanpa menghapus instalasi saat ini. Dengan demikian, tidak ada risiko kehilangan data selama proses ini. Namun, dari segi keamanan, saya sangat menyarankan anda untuk tetap membackup semua file anda sebelum melanjutkan.




            Semoga membantu anda!


            Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat terhubung ke WiFi 5GHz di Windows 10 atau Windows 11 ke versi terbaru. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

            Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Terhubung ke WiFi 5GHz di Windows 10/11"