Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Opsi Slideshow Hilang dari Aplikasi Photos di Windows 11

 


Apabila anda telah menginstall sistem operasi Windows 11 di komputer anda, banyak aplikasi akan menjadi bagian dari system operasi tersebut, termasuk aplikasi Photos. Namun, setelah update terbaru, beberapa pengguna melaporkan bahwa opsi Slideshow pada aplikasi Photos hilang. Jika anda juga mengalami masalah yang serupa, maka artikel ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Slideshow adalah pengaturan gambar dalam urutan tertentu yang dapat dijalankan secara otomatis atau dengan pengaturan manual. Jika anda ingin membagikan koleksi foto anda dengan orang lain, maka slideshow bisa menjadi pilihan yang baik.


Penyebab Fitur Slideshow Hilang dari Aplikasi Photos

Fitur Slideshow pada aplikasi Photos telah dihapus karena update terbaru mendorong pengguna Windows untuk beralih ke Clipchamp untuk membuat video dari gambar. Namun, ada banyak pengguna yang masih ingin menggunakan slideshow, sehingga Windows menyarankan solusi alternatif. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Photos versi lama yaitu Microsoft Photos Legacy.




Memperbaiki Opsi Slideshow Hilang dari Aplikasi Photos di Windows 11


Jika opsi Slideshow pada aplikasi Photos tidak ada di Windows 11 anda, maka anda memiliki beberapa opsi berikut ini.



1. Gunakan Microsoft Photos Legacy


Microsoft Photos Legacy merupakan versi lama dari aplikasi Microsoft Photos yang masih mempertahankan semua fitur lama, namun tidak memiliki fitur-fitur baru yang ditambahkan. Meskipun begitu, anda masih bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat dan melihat slideshow dari koleksi foto anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Log in ke system anda menggunakan Microsoft Account anda.
  • Kemudian, download aplikasi Microsoft Photos Legacy dari Microsoft.com.
  • Setelah imenginstallnya di system anda, buka aplikasi Microsoft Photos Legacy dan pilih salah satu gambar untuk di tampilkan. Anda juga dapat mengklik kanan pada gambar anda dan memilih Microsoft Photos Legacy.
  • Sekarang, klik pada menu tiga titik di atas gambar dan pilih Slideshow dari daftar. Atau anda dapat menekan tombol F5.




2. Gunakan Aplikasi Photo Viewer Pihak Ketiga


Walaupun Microsoft Photos dan Microsoft Photos Legacy adalah aplikasi yang sangat baik untuk melihat foto dan membuat slideshow atau video, namun keduanya memiliki keterbatasan. Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak, anda dapat menggunakan aplikasi photo viewer dari pihak ketiga.


Ada banyak aplikasi photo viewer yang dapat anda gunakan untuk menampilkan gambar, membuat slideshow dan menggunakan fitur lain seperti pengeditan. Dari banyaknya aplikasi, anda dapat menggunakan salah satu dari yang berikut ini.




3. Ubah Pengaturan Registry


Jika anda tidak ingin menggunakan aplikasi Microsoft Photos Legacy yang lama atau photo viewer pihak ketiga, maka anda dapat mengaktifkan opsi Slideshow pada aplikasi Photos baru dengan mengedit pengaturan resgistry anda melalui Command Prompt. Pastikan anda membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebelum mengikuti metode ini.


Setelah melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan opsi Slideshow untuk aplikasi Photos di Windows 11 anda.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
reg.exe add "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Shell Extensions\Blocked" /v "{e2bf9676-5f8f-435c-97eb-11607a5bedf7}" /t REG_SZ


  • Setelah perintah dijalankan, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.
  • Sekarang, anda akan melihat opsi Slideshow untuk aplikasi Photos baru di Windows 11 anda.



4. Aktifkan Windows Photo Viewer

Terkadang metode registry ini tidak berfungsi untuk beberapa perangkat. Jadi, jika itu juga terjadi pada anda, maka anda dapat mengaktifkan Windows Photo Viewer agar dapat menggunakan fitur slideshow darinya. Anda dapat menambahkan semua format file gambar apapun agar dapat di buka pada aplikasi Windows Photo Viewer. Perlu anda ketahui bahwa aplikasi Windows Photo Viewer merupakan aplikasi resmi Microsoft yang sangat terkenal pada versi Windows XP maupun Windows 7. Namun fitur ini di hilangkang di Windows 10 dan Windows 11. Namun fitur ini tidak benar-benar dihapus dari system anda, melainkan hany disembunyikan. Anda hanya perlu mengedit dan menambahkan beberapa string melalui Registry Editor untuk menampilkan kembali aplikasi Windows Photo Viewer.



Saya harap ini membantu menyelesaikan masalah anda.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki opsi Slideshow hilang dari aplikasi Photos di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Opsi Slideshow Hilang dari Aplikasi Photos di Windows 11"