Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki WSL Error 0x80072eff di Windows 10/11

 


Error 0x80072eff yang terjadi saat anda mencoba membuka Windows Subsystem for Linux (WSL) atau menjalankan wsl.exe atau wsl di Command Prompt. Dalam artikel ini, saya akan membahas berbagai cara untuk memperbaiki error ini. WSL adalah lingkungan virtual yang memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan program seperti Linux, Bash shell, utilitas dan sebagainya. Ini adalah tool yang sangat populer di kalangan pengembang, pakar DevOps dan lainnya untuk mengakses lingkungan distribusi Linux pada host Windows. WSL juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan skrip shell, aplikasi Linux asli dan command prompt Bash. WSL 2 merupakan versi yang lebih canggih dari WSL 1 dengan arsitektur yang lebih mutakhir.


Saat terjadi masalah ini, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

A error was encountered during installation, but installation my continue. Component: 'GUI App Support' Error Code: 0x80072eff

Error code: Wsl/Service/CreateInstance/GetDefaultDistro/ WSL_E_DEFAULT_DISTRO_NOT_FOUND



Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, ada beberapa jenis system operasi Linux yang tersedia, seperti Ubuntu, Debian, Kali Linux dan lain-lain. Pilihan system operasi Linux yang dipilih tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat menginstall beberapa Linux distribution secara bersamaan pada satu mesin.


Ubuntu adalah salah satu jenis system operasi Linux yang populer dan dapat didownload melalui Microsoft Store, termasuk versi terbaru seperti Ubuntu 22.04.1 LTS. Windows memiliki layanan bernama LXSSManager yang bertanggung jawab untuk menjalankan versi Ubuntu ini pada system operasi Windows.


Namun, pengguna terkadang dapat mengalami error saat menggunakan Ubuntu pada Windows, seperti error code WSL 0x80072eff. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah jaringan atau konfigurasi yang salah. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat mengikuti beberapa solusi diartikel ini untuk memecahkan masalah ini.


Penyebab WSL Error 0x80072eff

Anda mendapatkan error 0x80072eff ini mungkin karena tidak ada distribusi yang terinstall, aplikasi rusak atau ada masalah dengan instalasinya. Jika WSL tidak diinstall dengan benar, itu tidak akan mengenali distribution dan akan menghasilkan error code 0x80072eff ini. Tool distribution mungkin juga mengalami masalah yang dapat memicu error 0x80072eff. Penyebab lain mungkin termasuk gangguan sederhana, virus atau malware, file registry yang rusak dan lainnya. Mari kita lihat solusi terbaik untuk memperbaiki WSL error code 0x80072eff ini.



Memperbaiki WSL Error 0x80072eff di Windows 10/11


Untuk memperbaiki masalah WSL pada PC Windows anda, anda perlu menjalankan solusi untuk mencoba memperbaiki WSL dan distribution yang anda gunakan. Secara khusus, coba solusi berikut untuk memperbaiki error 0x80072eff.



1. Tunggu Beberapa Service dan Proses Dimulai


Beberapa service dan proses di PC anda mungkin membutuhkan waktu untuk memulai dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya error code 0x80072eff. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu minimal 10 menit setelah anda melakukan restart pada komputer sehingga system dapat memulai semua service dan proses yang dibutuhkan. Beberapa pengguna sudah melaporkan bahwa cara ini berhasil mengatasi error code 0x80072eff pada WSL.



2. Reset atau Restart Service Terkait WSL


Beberapa service dan fitur mungkin dinonaktifkan atau memiliki masalah yang dapat memicu error 0x80072eff. Untuk memperbaiki masalah ini, anda dapat mencoba menjalankan beberapa perintah di Command Prompt. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
net start LxssManager & net stop LxssManager & net start LxssManager
rd /s /q c:\Windows\SoftwareDistribution
Dism /online /Disable-Feature /FeatureName:Microsoft-Windows-subsystem-Linux
Dism /online /Enable-Feature /FeatureName:Microsoft-Windows-subsystem-Linux
Dism /online /Enable-Feature /FeatureName:Microsoft-Hyper-V-All
Dism /online /Disable-Feature /FeatureName:Microsoft-Hyper-V-All
wsreset.exe
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth


3. Perbaiki atau Reset Ubuntu

Error 0x80072eff dapat disebabkan oleh instalasi atau konfigurasi Ubuntu yang salah pada system. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mencoba memperbaiki atau mereset aplikasi tersebut atau keduanya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset atau memperbaiki aplikasi Ubuntu melalui pengaturan.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Apps & features di panel kiri.
  • Kemudian klik Linux distribution anda dan kemudian klik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, jalankan Reset untuk mereset Linux distribution anda.
  • Setelah selesai, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
  • Kemudian klik menu tiga titik di samping Linux distribution anda dan pilih Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, jalankan Repair atau Reset untuk memperbaiki atau mereset Linux distribution anda.
  • Setelah selesai, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Anda juga dapat memperbaiki aplikasi Linux distribution dengan mendownload ulang versi yang lebih baru. Saya menyarankan untuk menguninstall versi yang lebih lama dan mendownload yang lebih baru dari Microsoft Store. Di Microsoft Store, anda dapat memilih versi yang berbeda dari yang sudah anda miliki, kemudian menginstall distribution Linux dengan WSL di Windows 10 atau Windows 11 anda .


4. Coba Install Distribution Secara Manual

Jika beberapa distribution hilang atau tidak dapat didownload secara otomatis,maka error code seperti 0x80072eff untuk WSL akan terjadi saat anda ingin meluncurkannya. Untuk memperbaikinya, anda dapat mencoba menginstall file-file penting ini secara manual melalui Command Prompt. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menginstall distribution secara manual.
  • Buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah diatas.
  • Kemudian di Command Prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
lxrun /install
  • Jika anda mendapatkan popup, maka tekan Y untuk memulai proses.


Catatan: Anda dapat menjalankan command line ini menggunakan Windows PowerShell dengan hak administrator.

Jika anda masih mengalami masalah ini, maka anda dapat membaca perbaikan untuk error WSL di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki WSL Error 0x80072eff di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki WSL Error 0x80072eff di Windows 10/11"