Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 0x800B0108 di Windows 10/11

 


Anda mungkin mengalami error code 0x800B0108 ketika mencoba menginstall update Windows pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Error ini juga dapat terjadi saat menggunakan (Application Programming Interface) API atau librarie berbasis COM di Windows dalam beberapa kasus lain. Jika demikian, maka artikel ini menyediakan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.


Berikut ini adalah error code dengan nama simbolis dan deskripsi errornya.

Info-0x800B0108. CERT_E_MALFORMED. A certificate is missing or has an empty value for an important field, such as a subject or issuer name.



Memperbaiki Error Code 0x800B0108


Jika anda mengalami error code 0x800B0108 saat update Windows gagal diinstall atau saat bekerja dengan API atau librarie berbasis COM di Windows 10 atau Windows 11, maka saya menyarankan untuk menerapkan solusi perbaikan yang telah saya berikan dibawah ini sesuai dengan situasi anda untuk memperbaiki masalah pada system anda.



1. Pecahkan Masalah Certificate di Windows


Dokumentasi Microsoft ini menampilkan daftar standard certificate dan certificate trust return value termasuk error code CERT_E_MALFORMED 0x800B0108. Nilai-nilai ini terkandung dalam header file Winerror.h.



Saat ini, Microsoft certificate store harus menyertakan semua certificate yang valid dan dapat diterima. Namun, di beberapa system Windows, certificate store terdiri dari certificate yang digunakan oleh software tertentu. Di sisi lain, di beberapa system lainnya, certificate mungkin tidak diinstall karena beberapa alasan, meskipun software tersebut sudah dipatch sepenuhnya. Oleh karena itu, jika deskripsi error menunjukkan bahwa certificate hilang atau dikonfigurasi dengan tidak benar, ada proses penambahan certificate manual yang dapat digunakan untuk menginstall certificate individual. Certificate harus didownload terlebih dahulu dari sumber atau penerbit yang sesuai dan kemudian dapat diinstall melalui Certificate Manager (certmgr.msc). Dalam proses ini, certificate baru dapat diminta dengan key yang sama atau key yang berbeda dan juga dapat diekspor atau diimpor ke system.



2. Pecahkan Masalah Error COM di Windows


Component Object Model (COM) Microsoft adalah framework berorientasi objek untuk membangun komponen software biner yang dapat dioperasikan di network/jaringan. Teknologi berbasis COM telah digunakan dalam pembangunan berbagai produk Microsoft seperti OLE (dokumen gabungan), ActiveX (komponen berkemampuan Internet) dan produk lainnya.


Dokumentasi Microsoft ini berisi daftar error code yang umum digunakan oleh API berbasis COM. Jadi, ketika anda menghadapi masalah dengan aplikasi pihak ketiga yang diinstall atau dijalankan di komputer Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menghubungi dukungan pelanggan untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah. Jika software yang mengalami masalah adalah produk Microsoft, maka anda dapat menghubungi Microsoft Support untuk mendapatkan bantuan.



3. Pecahkan Masalah Instalasi Update Windows


Jika anda mengalami error code 0x800B0108 ini saat menginstall update Windows dan instalasi gagal, maka saran berikut dapat membantu anda memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah atau error instalasi update Windows di komputer anda.



Mengapa gagal mengupdate ke Windows 11?

Jika komputer anda gagal mengupdate atau mengupgrade ke Windows 11, mungkin ada beberapa file system yang rusak di komputer anda, koneksi jaringan buruk atau terputus, beberapa periferal terhubung ke komputer, disk tidak memiliki cukup ruang kosong untuk update. Secara umum, saran berikut dapat membantu anda.

  • Restart komputer anda.
  • Pastikan perangkat anda memiliki cukup ruang.
  • Cabut hardware tambahan dan tidak penting.
  • Uninstall software keamanan pihak ketiga.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x800B0108 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 0x800B0108 di Windows 10/11"