Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xc00d36e5, Item is unplayable di Windows 10/11

 


Anda mungkin mengalami error 0xC00D36E5 saat memutar file media apapun di aplikasi Media Player. Masalah ini tentu saja sangat mengganggu dan banyak pengguna media Windows yang mengalami masalah ini. Namun, jangan khawatir, ada beberapa solusi terbaik yang dapat membantu anda memperbaiki error 0xC00D36E5, Item is unplayable saat memutar file media apapun di Media Player. Mari kita lihat penyebab di balik error ini dan solusinya secara mendetail di bagian selanjutnya.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Can’t play

Item is unplayable – please reacquire the content.

0xC00D36E5



Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan error 0xC00D36E5 ini. Ketika sampai pada error 0xC00D36E5, ini bisa terjadi karena beberapa alasan berikut ini.

  • File media korup atau rusak.
  • Format berkas tidak didukung.
  • Codec salah atau out of date.
  • Masalah konfigurasi Media Player.


Jadi, ketika anda mengalami masalah ini, anda harus fokus pada penyebab ini untuk menyelesaikan masalah ini.



Memperbaiki Error 0xc00d36e5, Item is unplayable


Jika anda mengalami error 0xC00D36E5 saat memutar file media di Media Player di Windows 10 atau Windows 11, maka anda dapat mengikuti beberapa solusi berikut ini.


1. Ganti Stik USB atau Stik Memory


Jika anda mengalami error 0xC00D36E5 saat mencoba memutar file media dari USB drive atau memory card di Windows Media Player, maka cobalah mengganti stik USB atau memory yang digunakan. Coba putar file yang sama dari stik USB atau memory yang berbeda dan periksa apakah masalah tersebut dapat diatasi. Menurut beberapa pengguna, mengganti stik USB telah terbukti efektif untuk memperbaiki error 0xC00D36E5, sehingga disarankan untuk mencobanya.



2. Periksa Format file


Jika anda mengalami error 0xC00D36E5 pada media player, coba periksa format file tersebut untuk memastikan bahwa player anda mendukungnya. Jika tidak, ada opsi untuk mengonvert file ke format yang didukung. Misalnya, jika file anda berformat MP4 dan tidak didukung oleh media player anda, maka anda dapat mengonvertnya ke format lain seperti AVI dan kemudian mencoba memutarnya kembali.




3. Install Codec yang Hilang


Codec adalah sebuah software yang dirancang khusus untuk membantu dalam pemutaran file media. Setiap file media yang dibuat menggunakan codec tertentu. Anda dapat memeriksa codec yang diinstall di system anda. Jadi, jika anda ingin memutar file tersebut, anda harus menginstall codec yang sama di komputer anda. Tidak ada jawaban pasti untuk masalah ini, karena jika anda tidak memiliki codec yang dibutuhkan, anda dapat menginstallnya. Namun, jika anda tidak memiliki codec yang dibutuhkan, maka anda harus mencari codec yang sesuai dengan ekstensi file yang ingin diputar.




4. Perbaiki atau Ganti File Media yang Rusak


Terkadang karena file video yang rusak, anda mungkin menghadapi error 0xC00D36E5 pada media player. Dalam kondisi seperti itu, anda harus mengganti file atau jika tidak memungkinkan, anda dapat memperbaiki file media yang rusak dengan bantuan tool pihak ketiga manapun. Pilih tool pihak ketiga yang andal untuk memperbaiki file yang rusak dan periksa apakah masalah anda teratasi.



5. Update Media Player


Error ini juga dapat terjadi di aplikasi Media Player baru serta Windows Media Player klasik. Jadi lankah terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah mengupdate keduanya.

Anda dapat mengupdate aplikasi Media Player baru anda secara manual melalui Microsoft Store.

Sementara, untuk mengupdate Windows Media Player klasik, anda perlu membuka Windows Media Player, kemudian klik menu Help dan pilih Check for updates.

Sekarang akan secara otomatis mengakses apakah anda memiliki versi Media Player terbaru. Jika update apapun tersedia, maka itu akan secara otomatis melakukannya.



6. Reset Aplikasi Media Player


Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mereset aplikasi Media Player melalui Settings Windows untuk mengatasi error 0xC00D36E5 ini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Kemudian, di Windows 11, pilih Apps dan pilih Installed apps. Sementara di Windows 10, pilih Apps dan klik Apps & features di panel kiri.
  • Selanjutnya klik menu tiga titik di samping Media Player dan pilih Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, klik Reset untuk mereset aplikasi.



Setelah menyelesaikan proses ini, jalankan kembali file anda dan periksa apakah error 0xC00D36E5 telah diperbaiki atau tidak.



7. Install Ulang Media Player


Jika masalah belum teratasi, maka anda dapat menguninstall aplikasi Media Player dari Settings Windows. Gunakan langkah seperti pada metode enam. Disana, anda akan menemukan opsi Uninstall untuk menguninstall aplikasi Media Player. Setelah selesai uninstall, buka Microsoft Store, kemudian temukan Media Player dan install.


Dalam kasus Windows Media Player klasik, anda mungkin perlu menguninstall aplikasi dari Control Panel. Sementara untuk menginstall Windows Media Player 12, anda dapat mengikuti artikel ini dan jika anda pengguna Windows edisi N dan KN, anda dapat mengikuti artikel ini untuk menginstall Media Feature Pack.



Saya harap artikel ini mudah diikuti!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xc00d36e5, Item is unplayable di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xc00d36e5, Item is unplayable di Windows 10/11"