Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80010002, Tidak Dapat Mengubah Local account Menjadi Microsoft account

 


Jika anda mengalami masalah saat mengubah Local Account menjadi Microsoft Account pada Windows 10 atau Windows 11 dan muncul error kode 0x80010002, maka artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah ini. Pada artikel ini, anda akan menemukan beberapa solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

We are Sorry, but something went wrong. Your account wasn't changed to Microsoft Account.

Code:0x80010002


Masalah ini dapat disebabkan oleh banyak hal.  Beberapa diantaranya seperti pengaturan Microsoft Account yang rusak, tidak dapat terhubung ke layanan sinkronisasi, masalah dengan kebijakan Microsoft Account, masalah koneksi dan lainya dapat menyebabkan anda mendapatkan error code 0x80010002 saat mengubah Local account menjadi Microsoft account. Untuk mengatasinya, solusi berikut akan membantu anda.



Memperbaiki Error 0x80010002, Tidak Dapat Mengubah Local Account ke Microsoft Account


Jika anda menemukan error code 0x80010002 dengan pesan error Your account wasn't changed to Microsoft Account dan tidak dapat mengubah Local Account menjadi Microsoft Account di Windows 10 atau Widnows 11 anda, maka langkah pertama adalah memeriksa apakah anda telah memasukkan kredensial login dengan benar. Selain itu, periksa status akun anda untuk memastikan bahwa itu tidak diblokir. Pastikan juga koneksi internet anda tidak bermasalah. Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, maka metode lain berikut ini dapat anda coba.



1. Verifikasi Kredensial Akun


Silakan periksa kembali apakah kredensial akun seperti user ID dan password yang anda masukan sudah benar. Jika anda tidak dapat login dengan password yang biasa digunakan, coba masukkan password lama anda dan lihat apakah itu berhasil.


Namun, jika anda masih tidak dapat masuk, klik opsi Forgot my password dan ikuti langkah-langkah untuk memulihkan password anda. Dalam proses ini, system akan mengirimkan petunjuk pemulihan password melalui email atau nomor telepon terkait akun anda, sehingga anda dapat membuat password yang baru dan mengakses akun anda kembali.



2. Ubah Local Account Menjadi Microsoft Account dalam Safe Mode with Networking


Ada kemungkinan bahwa anda tidak dapat mengubah Local Account anda menjadi Microsoft Account karena driver perangkat atau instalasi software baru. Untuk memastikan bahwa system operasi dimuat dengan file system minimal dan driver perangkat, anda dapat melakukan Safe Boot Mode.


Safe Boot Mode akan memastikan bahwa tidak ada program atau add-on yang berjalan selama proses booting sehingga memungkinkan system operasi untuk dimuat dengan pengaturan default dan file sistem minimal. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan Safe Boot Mode.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik msconfig dan tekan Enter untuk membuka System Configuration.
  • Di jendela System Configuration, alihkan ke tab Boot.
  • Selanjutnya dibawah Boot options, beri ceklist pada opsi Safe Boot dan pilih opsi Network.


  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart komputer anda.
  • Sekarang system anda akan boot ke Safe Boot Mode.
  • Di Safe Boot Mode, anda dapat mencoba untuk mengubah Local Account menjadi Microsoft Account.


Jika error ini terjadi karena driver atau program yang anda install, maka anda seharusnya berhasil mengubah Local Account menjadi Microsoft Account dalam Safe Boot Mode. Setelah berhasil, anda dapat merestart komputer anda untuk kembali ke normal mode Windows anda.



3. Periksa Apakah Microsoft Account Diblokir dalam Local Security Policy


Banyak pengguna yang mengalami masalah yang sama telah melaporkan bahwa mereka mengalami masalah ini karena kebijakan Block Microsoft accounts diaktifkan di Local Security Policy. Kebijakan ini menghalangi perangkat Windows untuk mengakses Microsoft Account. Jadi, jika anda juga mengalami masalah ini, maka anda perlu memeriksa kebijakan ini dan jika di aktifkan, maka anda perlu menonaktifkan kebijakan tersebut untuk mengatasi error 0x80010002 ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan kebijakan tersebut.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik secpol.msc dan tekan tombol Enter untuk membuka Local Security Policy.
  • Di jendela Local Security Policy, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Security Settings - Local Policies - Security Options
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Accounts: Block Microsoft accounts di panel kanan.
  • Di jendela properties kebijakan, klik menu drop-down dan pilih This policy is disabled.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan periksa kembali apakah masalah sudah diperbaiki.



4. Sign in Menggunakan Akun Berbeda

Jika tidak ada dari solusi diatas yang membantu anda, kemungkinan masalahnya terletak pada Microsoft Account anda. Silakan periksa status Microsoft Account anda atau coba login dengan local account yang berbeda dan kemudian ubah. Jika anda tidak memiliki Local account lain, maka anda harus membuat Local account baru melalui Settings Windows atau melalui Command Prompt.

Anda mungkin tidak dapat sign in ke Microsoft Account karena ditutup atau dihapus. Namun, jika anda telah menonaktifkan akun anda secara sukarela, maka anda memiliki waktu 60 hari sejak penutupan untuk mendapatkan akses kembali ke akun anda. Setelah periode ini berlalu, akun dan data anda akan dihapus sepenuhnya.


Selain metode diatas, jika anda login menggukanan guest account, maka anda juga tidak dapat mengubah Local account menjadi Microsoft account. Jadi, pastikan anda tidak login menggunakan guest account. Selain itu,jika anda menggunakan proxy saat terhubung ke internet, maka coba nonaktifkan/menghapus/mereset proxy terlebih dahulu dan coba kembali. Sama halnya jika anda menggunakan VPN dan DNS, anda perlu menonaktifkan/menghapus/meresetnya terlebih dahulu sebelum anda mengubah Local account menjadi Microsoft account.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80010002 saat mengubah Local account menjadi Microsoft account di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80010002, Tidak Dapat Mengubah Local account Menjadi Microsoft account"