Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Safe Mode with Networking Tidak Berfungsi dan Tidak ada Internet

 


Safe Mode adalah mode pemecahan masalah yang dirancang untuk mendiagnosis masalah pada komputer Windows. Saat anda booting komputer dalam Safe Mode, Windows hanya melakukan booting dengan driver, fitur dan service yang diperlukan. Semua driver, fitur dan service lainnya tetap dinonaktifkan. Safe Mode with Networking adalah salah satu jenis dari Safe Mode. Safe Mode with Networking memungkinkan anda membooting Windows anda ke Safe Mode dan dapat mengakses internet. Jadi, jika anda ingin menjelajahi internet dalam Safe Mode, maka anda harus memilih opsi Safe Mode with Networking. Dalam Safe Mode with Networking, Windows akan memulai dengan set driver minimal termasuk juga memuat driver network yang akan memungkinkan anda terhubung ke internet dalam Safe Mode. Tetapi untuk beberapa pengguna, Safe Mode with Networking tidak berfungsi dan tidak ada internet yang terhubung. Menurut mereka, mereka tidak dapat menjelajahi internet dalam Safe Mode with Networking.



Jika anda juga mengalami masalah ini, maka pada artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan memberikan beberapa solusi untuk anda sehingga anda dapat mengakses internet dalam Safe Mode with Networking.



Memperbaiki Safe Mode with Networking Tidak Berfungsi dan Tidak ada Internet


Jika Safe Mode with Networking tidak berfungsi dan tidak ada internet di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka beberapa solusi yang diberikan dibawah ini akan membantu anda.



1. Hubungkan System Anda dengan Kabel Ethernet


Dalam Safe Mode with Networking, koneksi WiFi tidak berfungsi. Jika anda membuka Settings Windows 10 atau Windows 11, anda tidak akan melihat opsi untuk terhubung ke WiFi. Oleh karena itu, anda dapat terhubung ke internet dalam Safe Mode hanya dengan menggunakan kabel Ethernet. Juga, jika anda menjalankan troubleshooter, seperti Internet Connections Troubleshooter dan Network Adapter Troubleshooter, Windows akan menampilkan pesan untuk mematikan Safe Mode agar dapat menggunakan internet. Karenanya, menjalankan troubleshooter dalam Safe Mode tidak berfungsi. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa troubleshooter bekerja pada system mereka dalam Safe Mode dan mereka dapat terhubung ke internet setelah menjalankan salah satu troubleshooter yang disebutkan.


Oleh karena itu, jika anda ingin menjelajahi internet dalam Safe Mode, hubungkan system anda dengan kabel Ethernet dan langkah ini seharusnya berhasil.



2. Pastikan Network Adapter Anda diaktifkan


Meskipun anda menghubungkan system anda dengan kabel Ethernet, namun internet anda akan tetap tidak berfungsi jika driver network anda dinonaktifkan. Jadi, anda perlu memeriksa ini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapters.
  • Kemudian, klik kanan pada driver network anda dan pilih Enable device. Anda akan melihat opsi Enable device hanya jika driver dinonaktifkan.



Setelah anda mengaktifkan network adapter, anda pasti akan dapat terhubung ke internet di Safe Mode



3. Periksa Service Status WLAN Auto Config


Metode ini terdengar bertolak belakang dengan metode 2. Tetapi beberapa pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa mereka dapat terhubung ke internet dalam Safe Mode setelah menjalankan service ini. Jadi, saya juga menyarankan anda memeriksa Service status WLAN Auto Config. Ini adalah service yang menangani koneksi internet wireless di komputer Windows. Jika service ini tidak berjalan, maka anda tidak akan dapat terhubung ke WiFi. Jika anda terhubung ke internet melalui koneksi Ethernet, tidak masalah apakah service ini berjalan atau tidak. Namun karena pengguna yang terpengaruh juga dapat memperbaiki masalah ini dengan mengaktifkan service ini, maka anda juga dapat mencobanya.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Services dalam Safe Mode dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services,  temukan serviec WLAN Auto Config di panel kanan dan pastikan Statusnya adalah Running.
  • Jika anda melihat Stopped, maka klik kanan pada WLAN Auto Config dan pilih Start.



Langkah ini akan menjalankan service WLAN Auto Config dan coba kembali apakah itu memperbaiki masalah



4. Update Driver Network Anda


Jika anda masih tidak dapat menggunakan internet dalam Safe Modewith Networking, maka masalahnya mungkin ada pada driver network anda. Jadi, saya sarankan anda mengupdate driver network anda. Untuk melakukannya, booting kembali dalam normal mode Windows 10 atau Windows 11 dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengupdate driver network anda.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapter.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver network anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall di jendela konfirmasi.


  • Setelah itu, restart komputer anda.
  • Setelah merestart komputer, Windows akan secara otomatis menginstall driver yang hilang.
  • Sekarang, boot komputer anda dalam Safe Mode with Networking dan lihat apakah internet kembali berfungsi atau tidak.


Jika internet masih tidak berfungsi, booting kembali dalam normal mode Windows, kemudian download driver network terbaru dari website pabrikan perangkat anda dan install driver secara manual di komputer anda. Semoga ini dapat memperbaiki masalah anda.



5. Ubah Pengaturan Power Management Network Adapter


Selain solusi diatas, pengaturan Power Management juga dapat membuat network adapter anda sleep saat anda tidak menggunakan komputer untuk waktu yang lama. Jadi, anda dapat mengubah pengaturan Manajemen Daya anda untuk mengatasi masalah ini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapter.
  • Kemudian klik kanan pada network adapter anda dan pilih Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Power Management.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada opsi Allow the computer to turn off this device to save power dan klik OK untuk menyimpan perubahan.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Safe Mode with Networking tidak berfungsi dan tidak ada internet. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Safe Mode with Networking Tidak Berfungsi dan Tidak ada Internet"