Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka Component Services di Windows 10/11

 


Ada beberapa cara untuk membuka Component Services Windows di Windows 10 atau Windows 11. Disini saya akan mencantumkan hampir semua metode untuk membuka Component Services. Misalnya, anda dapat menggunakan Command Prompt, Search Windows, File Explorer, Control Panel dan lainnya untuk membuka utilitas ini di komputer Windows anda.



Apa itu Component Services?

Component Services (COM+) merupakan perkembangan dari Microsoft Transaction Server (MTS) dan Microsoft Component Object Model (COM). COM+ v1.0 pertama kali dirilis pada Windows 2000, sementara v1.5 diperkenalkan pada Windows XP dan Windows Server 2003. Utilitas ini membangun dan memperluas aplikasi yang ditulis menggunakan MTS, COM dan teknologi berbasis COM lainnya. Component Services berurusan dengan sejumlah tugas resource management yang harus diprogram sendiri sebelumnya, seperti alokasi dan keamanan thread. Itu juga membuat aplikasi lebih terukur dengan menawarkan penggabungan thread, penggabungan objek dan aktivasi objek tepat waktu. COM+ dapat membantu melindungi integritas data anda dengan memberikan dukungan transaksi.



Cara Membuka Component Services


Untuk membuka Component Services di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat mengikuti salah satu metode yang akan di jelaskan berikut ini.



1. Melalui Start Menu


Ini mungkin menjadi langkah termudah bagi semua pengguna tanpa harus menjalankan perintah atau menekan tombol apapun untuk membuka utilitas Component Services. Start menu menampilikan semua aplikasi, utilitas dan tool apapun di Windows anda. Component Services juga akan tersedia disana dan anda juga dapat membukanya dari sana.


Untuk membuka utilitas Component Services melalui Start Menu di Windows 10, tentunya anda harus membuka Start Menu entah dengan mengkliknya atau menekan tombol Windows. Di Start Menu, gulir kebawah ke bagian daftar W, kemudian perluas Windows Administrative Tools dan klik Component Services. Ini akan membuka utilitas Component Services untuk anda.



Sementara untuk membuka utilitas Component Services melalui Start Menu di Windows 11, buka Start Menu, kemudian klik All apps. Selanjutnya, gulir kebawah ke daftar W dan klik Windows Tools. Setelah itu, di jendela Windows Tools yang terbuka, klik Component Services untuk membukanya.




2. Menggunakan Perintah RUN


Anda dapat membuka Component Services atau utilitas lainnya di komputer Windows anda menggunakan perintah Run. Menggunakan perintah Run untuk membuka Component Services mungkin menjadi salah satu metode termudah sejauh ini. Karena ini menyertakan shortcut keyboard, anda dapat membuka utilitas bawaan dalam beberapa saat.


Untuk membuka Component Services di PC Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan perintah Run, anda harus menampilkan jendela Run terlebih dahulu. Untuk itu, tekan tombol Win + R untuk membuka Run, kemudian masukkan perintah dcomcnfg atau dcomcnfg.exe dan tekan tombol Enter. Ini akan membuka jendela Component Services.




3. Menggunakan Search Windows


Metode kotak Search Windows di Taskbar adalah cara mudah lainnya untuk membuka Component Services di komputer anda. Karena ikon Search Windows sudah ada di Taskbar, anda tidak perlu menggunakan Start Menu seperti yang biasa anda lakukan di versi Windows sebelumnya. Jadi, klik ikon Search dan ketik salah satu perintah berikut ini.

  • Component services
  • dcomcnfg
  • dcomcnfg.exe

Setelah hasil pencarian terlihat, klik opsi yang sesuai untuk membuka Component Services. Untuk informasi anda, jika anda menggunakan dcomcnfg atau dcomcnfg.exe untuk menemukan utilitas, anda tidak dapat menemukan ikon asli Component Services di hasil pencarian.




4. Menggunakan Control Panel Melalui Administrative Tools


Meskipun utilitas Component Services adalah bagian dari Control Panel, namun anda tidak dapat menemukan opsi langsung untuk membukanya di PC anda. Itu karena utilitas ini tersembunyi di dalam Windows Tools. Di sisi lain, Windows Tools dibangun dengan beberapa tool administratif lainnya seperti Character Map, Component Services, Disk Cleanup, Event Viewer dan lainnya. Oleh karena itu, jika anda membuka Windows Tools, anda juga dapat membuka Component Services.


Untuk membuka Component Services melalui Windows Tools, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel. Anda juga dapat membukanya dari Start Menu atau menggunakan Search Windows.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Administrative Tools (untuk Windows 10) atau Windows Tools (untuk Windows 11).
  • Di jendela Administrative Tools atau Windows Tools yang terbuka, klik dobel pada Component Services.
  • Ini akan membuka utilitas Component Services untuk anda.




5. Menggunakan Windows Terminal


Windows Terminal terutama digunakan untuk mengakses Command Prompt dan Windows PowerShell. Dengan kata lain, jika anda tidak ingin membuka Windows Terminal, maka anda juga dapat membuka Command Prompt dan PowerShell untuk membuka Component Services di Windows 10 atau Windows 11.


Untuk membuka Component Services menggunakan Windows Terminal, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Terminal untuk membukanya.
  • Di jendela Terminal, pilih PowerShell atau Command Prompt.
  • Selanjutnya, ketik perintah dcomcnfg dan tekan Enter.
  • Jendela Component Services akan terbuka untuk anda.



Tidak peduli apakah anda membuka PowerShell atau Command Prompt atau membuka Terminal kemudian memilih PowerShell atau Command Prompt, perintah yang anda gunakan tetap sama.



6. Melalui File Explorer


Ini adalah metode terakhir yang dapat anda gunakan untuk membuka Component Services di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Ada dua cara untuk membuka Component Services di File Explorer. Anda dapat mencari aplikasi atauu menavigasi ke path tertentu untuk menemukan utilitas tersebut.


Menggunakan metode pencarian:

Jika anda tidak ingin menavigasi ke path tertentu, anda dapat membuka File Explorer dan ketik dcomcnfg di address bar File Explorer dan tekan Enter. Setelah menekan Enter, utilitas Component Services akan terbuka untuk anda.



Menggunakan navigasi folder:

Dalam hal ini, buka File Explorer dan navigasikan ke path C:\Windows\System32. Dilokasi, temukan dcomcnfg.exe dan klik dobel padanya untuk membuka Component Services.




Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuka Component Services di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuka Component Services di Windows 10/11"