Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Troubleshoot ke Menu Konteks Klik Kanan Desktop di Windows 10/11

 


Windows 10 dan Windows 11 secara default disertakan dengan sejumlah troubleshooter atau pemecah masalah bawaan yang dapat dijalankan oleh pengguna PC pada perangkat mereka untuk mendiagnosis dan secara otomatis memperbaiki masalah umum misalnya Windows Update, Bluetooth, Network, Printer dan lainnya.


Ada banyak cara untuk menjalankan troubleshooter apapun di PC Windows anda. Selain dari jendela Settings Windows, anda juga dapat menjalankan troubleshooter dari Command Prompt.  Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara menambahkan atau menghapus troubleshooter dari menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10 atau Windows 11 untuk memudahkan anda mengaksesnya dengan cepat.



Menambahkan Troubleshooter ke Menu Konteks Klik Kanan Desktop


Karena ini adalah operasi registry, saya menyarankan anda untuk membackup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan jika anda melakukan kesalahan pengeditan registry.


Setelah anda melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menambahkan troubleshooter ke menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita mulai!


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik notepad dan tekan Enter untuk membuka Notepad.
  • Setelah itu, copy semua code dibawah ini dan paste ke dalam editor teks.


Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters]
"Icon"="DiagCpl.dll,-1"
"MUIVerb"="Troubleshooters"
"Position"="Bottom"
"SubCommands"=""

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\01entry]
"MUIVerb"="Troubleshoot Settings page" 
"Icon"="DiagCpl.dll,-1" 
"SettingsURI"="ms-settings:troubleshoot"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\01entry\command]
"DelegateExecute"="{556FF0D6-A1EE-49E5-9FA4-90AE116AD744}"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\02entry]
"MUIVerb"="Classic Troubleshooting applet" 
"Icon"="DiagCpl.dll,-1" 

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\02entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\03entry]
"Icon"="DiagCpl.dll,-500"
"MUIVerb"="Programs"
"CommandFlags"=dword:00000020

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\03entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\applications"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\04entry]
"Icon"="DiagCpl.dll,-501"
"MUIVerb"="Hardware and Sound"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\04entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\devices"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\05entry]
"Icon"="DiagCpl.dll,-503"
"MUIVerb"="Network and Internet"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\05entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\network"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\06entry]
"Icon"="DiagCpl.dll,-509"
"MUIVerb"="System and Security"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\06entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\system"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\07entry]
"MUIVerb"="All Categories"
"CommandFlags"=dword:00000020

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\07entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\listAllPage"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\08entry]
"MUIVerb"="History"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\08entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\historyPage"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\09entry]
"MUIVerb"="Change settings"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\09entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\settingPage"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\10entry]
"MUIVerb"="Additional Information"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\10entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\resultPage"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\11entry]
"MUIVerb"="Search Results"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\11entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\searchPage"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\12entry]
"MUIVerb"="Remote Assistance"

[HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters\shell\12entry\command]
@="explorer shell:::{C58C4893-3BE0-4B45-ABB5-A63E4B8C8651}\\raPage"

  • Sekarang, di Notepad klik opsi File dari menu dan pilih Save As.
  • Pilih lokasi (sebaiknya desktop) dimana anda ingin menyimpan file, kemudian masukkan nama file dengan ekstensi .reg (misalnya Troubleshooter_Desktop.reg).
  • Pada bagian Save as type, pilih All Files dari daftar dan klik Save.


  • Sekarang, buka folder tempat anda menyimpannya, kemudian klik dobel pada file .reg yang disimpan untuk menggabungkannya.
  • Jika diminta, klik Run - Yes (UAC). Dan kemudian klik Yes pada jendela peringatan yang muncul dan klik OK untuk menyetujui penggabungan.


  • Setelah selesai, restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Sekarang anda dapat mencobanya. Klik kanan pada Desktop anda, kemudian klik Show more options. Setelah itu arahkan ke Troubleshooters dan anda akan melihat daftar troubleshooters. Untuk melihat dan mengakses troubleshooter lainnya, klik All Categories dan anda dapat melihat daftar senua troubleshooter.


Anda sekarang dapat menghapus file .reg tersebut jika anda mau.

Untuk menghapus Troubleshooter dari menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka lakukan hal berikut ini.

  • Buka Notepad seperti langkah diatas.
  • Selanjutnya, copy code dibawah ini dan pastekan ke dalam editor teks anda.

Windows Registry Editor Version 5.00

[-HKEY_CLASSES_ROOT\DesktopBackground\Shell\Troubleshooters]

  • Setelah itu, ulangi proses yang sama seperti di atas tetapi kali ini, anda dapat memberi nama file reg dengan Troubleshooters_Remove.reg.


Setelah anda melakukan semua langkah dan nerestart PC anda, maka opsi Troubleshooter akan hilang dari menu konteks klik kanan.

Itu saja tentang cara menambah atau menghapus troubleshooter dari menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda juga dapat menambahkan troubleshoot di Taskbar Windows 10/11 jika anda mau.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menambahkan Troubleshoot ke menu konteks klik kanan Desktop di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menambahkan Troubleshoot ke Menu Konteks Klik Kanan Desktop di Windows 10/11"