Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Aplikasi dari Menggunakan Mobile Data di Android

 


Mobile data atau data seluler adalah sesuatu yang berharga. Ini adalah salah satu bagian dari kontrak telepon kita yang memiliki batasan dan bisa menjadi sangat mahal jika kita tidak memantaunya dan terus memeriksanya. Cara penting untuk menjaga kendali atas mobile data kita adalah dengan mendapatkan gambaran tentang berapa banyak data yang digunakan setiap aplikasi, kemudian menemukan cara untuk membatasi penggunaan datanya.


Ada berbagai cara untuk melakukan ini. Apakah dengan memblokir kemampuannya untuk bekerja di background atau dengan menginstal versi lite dari aplikasi yang dimaksud. Disini saya menunjukkan kepada anda cara menghentikan aplikasi yang menggunakan begitu banyak mobile data anda di Android.



Identifikasi Penggunaan Data yang Berlebihan


Langkah pertama untuk mengontrol penggunaan mobile data aplikasi anda adalah mencari tahu aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data.


Buka Settings perangkat anda kemudian pilih Connections - Data usage - Mobile data usage. Ponsel anda mungkin harus melalui jalur Settings - Network & internet - Mobile/Cellular network - App data usage.




Disini anda dapat melihat berapa banyak data yang telah digunakan setiap aplikasi anda selama jangka waktu pilihan anda. Ketuk salah satu aplikasi, dan anda dapat melihat berapa banyak data foreground dan background yang digunakan aplikasi tertentu.


Ketuk aplikasi dan jika anda merasa aplikasi tersebut menggunakan terlalu banyak data di background, alihkan tombol opsi Allow background data usage ke posisi nonaktif.




Jika ponsel anda tidak dilengkapi dengan fitur ini, anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk melacak penggunaan data anda.



Data Saver di Android


Cara yang lebih menyeluruh untuk memblokir penggunaan data di background untuk semua aplikasi Android anda adalah dengan menggunakan data saver bawaan Android.

Buka Settings perangkat anda kemudian pilih Connections - Data usage.

Kemudian ketuk Data Saver dan aktifkan.




Ini akan membatasi penggunaan data di background di banyak aplikasi anda, meskipun anda selalu dapat mengetuk Allow app while Data saver on (mungkin di ponsel anda Unrestricted data) untuk mengizinkan aplikasi manapun yang anda inginkan untuk melewati batasan penghematan data ini.



Kurangi Penggunaan Data di Browser Chrome


Anda mungkin telah memperhatikan ketika melihat penggunaan data background bahwa Chrome (atau browser Android apapun yang anda gunakan) dapat menghabiskan banyak data anda.

Di luar tips sebelumnya untuk memblokir penggunaan data background di Chrome, anda juga dapat mengaktifkan Lite Mode Chrome dengan membuka menu Chrome dan pilih Settings.

Anda kemudian dapat mengetuk Lite mode dan aktifkan.



Ini akan mengurangi frekuensi pemuatan gambar yang tidak perlu serta iklan dan elemen halaman besar lainnya yang memuat dan memakan banyak data.


Lite Mode bekerja dengan mengirimkan halaman yang ingin anda muat ke Google sebelum meneruskannya kepada anda dalam format lite yang dipotong-potong (Jangan khawatir, koneksi ke Google dienkripsi).


Ini secara teknis berarti pemuatan halaman bisa sedikit lebih lambat, tetapi juga akan menggunakan lebih sedikit data. Setelah anda mengaktifkan Lite Mode, anda dapat melacak berapa banyak data yang anda hemat. Ini merupakan salah satu sentuhan yang bagus untuk menghemat data anda.


Browser lain seperti Edge dan Firefox tidak memiliki fitur Data Saver seperti Chrome.


Jika anda mencari browser Android ringan yang secara otomatis memblokir sejumlah besar elemen halaman yang memonopoli data dan menghemat data anda, cobalah Opera Mini atau Brave.


Sekarang anda tahu cara menghentikan aplikasi menggunakan mobile data di ponsel Android anda, anda juga mungkin ingin membaca artikel saya lainnya tentang cara mengaktifkan Screen Recorder tersembunyi di Android 10. Di sisi lain, jika data Android anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, lihat perbaikannya untuk koneksi data seluler yang salah di Android dengan membaca tutorial saya tentang cara memperbaiki Mobile Data tidak dapat digunakan di Android.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghentikan Aplikasi dari Menggunakan Mobile Data di Android"