Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Detik pada Jam di Taskbar Windows 10/11

 


Bagi kebanyakan dari kita, waktu yang akurat adalah cukup dengan skala menit. Tetapi kadang-kadang kita membutuhkan sedikit ketelitian ekstra dalam hidup, apakah dengan cepat menghitung mundur tugas yang terasa lama atau hanya sekedar mengamati jam dengan menghitung mundur detik saat kita mendekati akhir tugas kita.


Apapun alasan anda, banyak dari anda mencari cara untuk menampilkan detik pada jam di taskbar Windows 10 atau Windows 11 dan saya disini untuk menunjukkan caranya.




Untuk melakukannya, anda perlu melakukan sedikit pengeditan registry Windows anda. Dan sebelum kita beralih ke pengeditan registry, ada baiknya anda membackup registry atau membuat restore point anda terlebih dahulu.



Menambahkan Detik pada Jam di Taskbar


Setelah anda selesai melakukan backup registry atau membuat restore point, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menambahkan detik pada jam di taskbar Windows.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Setelah Registry Editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

  • Klik kanan ruang kosong di panel kanan Registry Editor, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama key dengan ShowSecondsinSystemClock.


  • Kemudian klik dobel pada ShowSecondsinSystemClock dan ubah value datanya menjadi 1 kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Sekarang cukup restart PC anda.


Setelah booting, anda akan melihat jam system anda berdetak dengan akurasi detik di sudut kanan bawah.

Sekarang anda tahu cara menampilkan detik jam di taskbar Windows anda. Untuk metode terkait registry lainnya, anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara mengedit Registry oleh user account lain di Windows 10/11 dan cara memperbaiki error Windows Registry.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menampilkan Detik pada Jam di Taskbar Windows 10/11"