Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error DNS dan Mendapatkan Kembali Akses ke Internet

 


Pernahkah anda mengalami error aneh di browser web anda saat mencoba mengakses website? Error khusus ini menyatakan bahwa DNS telah memberikan kesalahan, seperti kesalahan pencarian DNS. Anda mungkin masih dapat menggunakan program seperti Skype atau game online, tetapi website akan menolak untuk memuat. Yang lebih menyebalkan, terkadang error ini hanya memengaruhi beberapa website. Jadi, apa itu error DNS, mengapa ini memengaruhi website (atau hanya beberapa), dan bagaimana anda memperbaikinya?



Apa itu DNS?


DNS adalah singkatan dari Domain Name System, dan biasanya dikaitkan dengan server DNS. Jika anda tidak yakin dengan cara kerja memuat website, ini tidak benar-benar membantu dalam mengungkapkan apa yang dilakukan DNS. Mari kita analisis peran apa yang dilakukan DNS sehingga kita bisa mendapatkan ide yang lebih baik tentang mengapa ada error dan cara memperbaikinya.


Server DNS bertindak sangat mirip dengan buku alamat di ponsel anda. Saat Anda ingin menelepon seseorang, anda dapat memasukkan nomornya secara manual, tetapi mengingat nomor semua orang itu sangat merepotkan. Jauh lebih mudah untuk menambahkan nomor mereka di memori telepon dan mengaitkan nama dengannya sehingga ketika anda ingin menelepon seseorang, anda dapat menemukan namanya di daftar dan tekan panggil.


Hal yang sama berlaku untuk komputer anda. Ia tidak tahu apa itu Google atau Facebook atau Twitter. Namun, ia tahu apa itu alamat IP. Saat anda memasuki website seperti www.facebook.com, komputer anda mengetahui bahwa ini adalah URL dan membuka buku alamat URL-nya untuk mencaritahu dimana Facebook berada di jaringan. Inilah yang dilakukan server DNS dimana ia berfungsi sebagai buku alamat untuk URL.



Mengapa Error DNS Terjadi


Apa yang akan terjadi jika buku alamat di ponsel anda rusak atau dihapus? Jika anda memasukkan nama seseorang di pencarian kontak, maka ponsel anda tidak dapat menemukannya dan kemudian anda tidak dapat meneleponnya. Demikian pula, saat anda memasukkan URL ke browser anda dan server DNS eror, mesin anda tidak bisa mendapatkan IP address untuk URL itu. Karena komputer anda tidak tahu cara mendapatkan Google, dan komputer anda akan menampilkan error DNS.




Jika seseorang yang paham akan hal ini maka ia akan menyadarinya dan kemudian langsung memasukkan IP address website ke address bar. Dan secara teknis anda kemudian dapat menjelajahi website tersebut bahkan setelah server DNS anda tidak merespons.


Meskipun ini terlihat benar, kita tentunya tidak ingin mengingat setiap IP address saat DNS down. Akan jauh lebih baik jika kita bisa memperbaiki masalahnya.



Memperbaiki Error DNS


Jadi sudah cukup tentang apa itu DNS. Sekarang, mari kita lihat opsi yang anda miliki saat DNS anda bekerja.



1. Hapus Cache DNS


Jika anda sering mengunjungi halaman yang sama, masuk akal bagi komputer untuk mengingat alamat untuk URL. Penyimpanan dari URL yang diingat ini disebut cache DNS. Terkadang mesin anda akan mengandalkan ini untuk menyelesaikan URL, tetapi jika cache ini rusak atau bermasalah, maka itu akan memunculkan error.



#Untuk Windows


Membersihkan cache DNS di Windows sangat mudah.

  • Untuk memulai, cari command prompt di start menu dan jalankan dengan hak admin (Run as administrator). Atau tekan tombol Win + R, ketik cmd dan tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk membukanya dengan hak admin.
  • Untuk membersihkan cache DNS di Windows, masukkan perintah berikut dibawah ini di command prompt dan tekan Enter.


ipconfig /flushdns




#Untuk Mac OS X

Perintah untuk menghapus DNS di system operasi Apple tampaknya berubah mengikuti arah angin. Ada sekitar empat perintah yang terpisah dan berbeda untuk setiap versi OS X yang terpisah. Untuk alasan ini saya hanya menyertakan yang terbaru.

Untuk membersihkan cache DNS di Mac OS, pengguna perlu membuka jendela terminal. Pergi ke area Aplikasi, cari aplikasi bernama terminal, dan luncurkan. Dengan terminal terbuka, hapus semua DNS dari Mac anda dan masukkan perintah berikut dibawah ini.

  • OSX 10.10.4+

dscacheutil -flushcache;
sudo killall -HUP mDNSResponder

  • OSX 10.10-10.10.3

sudo discoveryutil mdnsflushcache;
sudo discoveryutil udnsflushcaches


#Untuk Linux

Jika anda menggunakan Linux, buka jendela perintah dan masukan perintah berikut dibawah ini.

/etc/init.d/nscd restart


2. Gunakan Server DNS Publik

Jika cara di atas tidak berhasil, solusi yang ideal adalah mengubah server yang anda gunakan. Mungkin server yang anda gunakan secara default tidak aktif sehingga anda tidak dapat menyelesaikan URL. Server DNS publik yang baik untuk dicoba ketika milik anda tidak berfungsi adalah server DNS publik Google. Itu terletak di "8.8.8.8" dan "8.8.4.4." Anda dapat mengubah pengaturan adaptor anda untuk menggunakan server DNS itu, bukan yang default.


Jika anda tidak yakin tentang cara mengubah server DNS untuk PC anda, lihat panduan saya tentang cara mengubah server DNS anda.


3. Nonaktifkan Keamanan (Untuk Waktu Singkat!)

Tidaklah ideal jika software keamanan dinonaktifkan saat menggunakan Internet. Namun, mungkin aplikasi keamanan anda yang terlalu bersemangat atau rusak dan terkadang dapat memblokir permintaan DNS keluar, yang mengakibatkan terjadinya error DNS. Jika anda mengalami masalah dan telah mencoba semua hal di atas, coba nonaktifkan firewall dan opsi keamanan lainnya untuk melihat apakah itu memperbaikinya. Jika tidak, coba uninstall dan reinstall software, atau coba software dari vendor lain. Jika ya, maka ingatlah untuk mengaktifkan kembali software keamanan anda!


Masalah server DNS bisa sulit untuk diperbaiki, terutama jika anda tidak tahu bagaimana error itu terjadi. Jika error tersebut masih terjadi, baca artikel lanjutan saya tentang cara memperbaiki error DNS server not responding pada Windows. Semoga, anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang menyebabkan error ini dan cara memperbaiki masalah berbasis DNS saat melakukan browsing.

Sekian tutorial kali ini, semoga mengatasi permasalahan yang anda hadapi. Jangan lupa tinggalakan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error DNS dan Mendapatkan Kembali Akses ke Internet"