Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membatalkan Operasi Scheduled Chkdsk di Windows 10/11

 


Chkdsk adalah utilitas Windows penting yang dirancang untuk memperbaiki error pada hard disk. Anda dapat menggunakannya sesekali pada file system FAT dan NTFS untuk memeriksa error disk. Utilitas ini dapat diakses melalui Command Prompt serta menu Registry Windows. Meskipun prosedur chkdsk  berguna, namun terbukti proses ini memakan waktu jika dijadwalkan secara otomatis.


Pada tutorial kali ini, anda akan mempelajari cara membatalkan operasi Scheduled chkdsk di Windows 10 atau Windows 11.



Update Windows 10 Terbaru : Scheduled Chkdsk Tidak Lagi Dibutuhkan


Jika anda menggunakan versi Windows yang lebih lama, operasi scheduled Chkdsk digunakan untuk menscan disk dari error file system. Ini sering memakan waktu dan harus dihentikan secara manual.


Namun, prosedur sebelumnya sekarang telah sepenuhnya dihentikan di versi Windows 10 terbaru. Ini karena file system terbaru Windows yaitu Resilient File System (ReFS) telah memberikan integritas data yang lebih baik dengan mendeteksi kerusakan file secara tepat dan juga memperbaiki kerusakan tersebut saat anda sedang online.


Sekarang yang harus anda lakukan adalah mengetik chkdsk di Search Windows dan menjalankannya secara manual dalam mode administrator kapanpun anda mau. Duduk dan saksikan prosesnya selesai dengan sendirinya tanpa intervensi apapun dari anda. Seluruh prosedur membutuhkan waktu 20 menit (bahkan kurang dari itu) dan anda dapat menjalankannya sambil melakukan aktivitas lain di PC Windows anda. Dan yang terpenting adalah proses ini tidak membebani system anda sama sekali.




Operasi chkdsk berjalan dalam Read mode. Menurut Microsoft: “Tidak disarankan mengganggu chkdsk. Namun, membatalkan atau menginterupsi chkdsk tidak akan membuat volume menjadi lebih rusak/korup daripada sebelum chkdsk dijalankan."


Seluruh prosedur berjalan dalam tiga tahap berbeda, menscan komputer anda dari error. Jika tidak ditemukan error, maka dilanjutkan ke tahap berikutnya.




Anda mendapatkan ringkasan pesan akhir di layar anda jika tidak ada error dalam file system yang biasanya terjadi. Jadi chkdsk adalah metode yang berguna untuk menguji system Windows anda untuk integritas data kapanpun anda mau.




Jika ada error, anda akan melihat kode keluar 2 dan 3 yang memerlukan analisis lebih lanjut. Anda dapat menggunakan tools seperti Process Monitor untuk mengetahui error lebih lanjut.



Cara Mengaktifkan dan Membatalkan Scheduled Chkdsk


Meskipun anda disarankan untuk menjalankan chkdsk hanya secara manual seperti dijelaskan di atas, namun opsi penjadwalan otomatis masih tetap ada.




Buka command prompt dengan hak admin (Run as administrator) dan masukan perintah berikut dibawah ini untuk mengidentifikasi file sistem anda. Parameter /f memerintahkan system Windows untuk memperbaiki error di drive C.

chkdsk /f /r c:



Sebuah pesan akan memberitahu anda untuk menjadwalkan chkdsk saat system dimulai ulang. Tekan Y untuk melanjutkan. Seperti yang ditunjukkan disini, anda mendapatkan pesan di layar bahwa “chkdsk has been scheduled manually to run on next reboot on volume C:.” Jadi, kita telah mengaktifkan penjadwalan otomatis.



Namun, seperti yang dibahas sebelumnya, penjadwalan otomatis ini sangat tidak disarankan sekarang, jadi kita akan menghentikan proses menggunakan parameter /X:

chkntfs /x c:

Ini berarti scheduled chkdsk telah dibatalkan secara permanen.




Batalkan Chkdsk Menggunakan Registry Windows

Selain menggunakan Command Prompt, anda juga dapat membatalkan scheduled chkdsk dari registry Windows. Ini berguna jika anda menghadapi masalah dengan Command prompt.

Untuk melakukan ini, ketik regedit di Search Windows dan jalankan aplikasi Registry Editor sebagai admin (Run as administrator).



Di jendela registry, navigasikan ke jalur berikut di bawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager

Di panel kanan, temukan dan klik dobel pada value BootExecute.

Pastikan hanya string berikut yang tersedia sehingga tidak ada penjadwalan otomatis yang terjadi di masa mendatang. Jika anda melihat error apapun, cukup perbaiki value datanya seperti yang ditunjukkan pada screenshot dibawah ini.

autocheck autochk /k:C*



Seperti yang ditunjukkan dalam panduan ini, memeriksa integritas file system tidak lagi merupakan prosedur yang memakan waktu di Windows 10 atau Windows 11. Sangat mudah untuk dijalankan, sehingga yang perlu anda ingat hanyalah cara menjalankan Chkdsk di Start menu atau Search Windows.

Disisi lain, jika anda mengalami masalah memory atau CPU dengan Windows anda, berikut adalah beberapa tutorial yang menunjukkan cara memperbaiki high memory dan high CPU usage.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membatalkan Operasi Scheduled Chkdsk di Windows 10/11"