Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Waktu Pratinjau di Taskbar Windows


Selama ini Windows telah menampilkan GUI (Graphical User Interface) yang sudah dikenali oleh penggunanya, dimana ia memiliki taskbar yang berjalan di sepanjang bagian bawah layar. Sebelumnya fitur ini berjalan lama dan pada akhirnya menjadi sedikit lebih baik sejak Windows 7. Program dikelompokkan menjadi label, siap untuk disematkan (pin) sebagai shortcut, dan pratinjau (preview) akhirnya menjadi opsi.

Meskipun perubahannya cukup baik, namun kecepatan pratinjau yang lebih selalu tetapdiinginkan oleh pengguna. Mempertimbangkan beberapa pratinjau memiliki tombol tambahan - contoh yang jelas adalah iTunes - menunggu pop-up untuk mengambil kendali sangat merepotkan.

Perubahan untuk metode ini melibatkan Windows Registry, jadi ada baiknya dan selalu saya sarankan untuk membackup registry Windows anda sebelum melakukan pengeditan.


Pengeditan dengan Registry

Mulailah dengan membuka Registry Editor. Tekan tombol Win + R dan ketik regedit, kemudian tekan Enter atau klik OK.


Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Untuk Windows 10, anda dapat mencopy jalur dan mempastenya di address bar jendela registry dan tekan Enter.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion

Setelah mengklik folder CurrentVersion dipanel kiri, klik kanan ruang kosong dan pilih New - DWORD (32-bit) Value di panel kanan, kemudian beri nama dengan ExtendedUIHoverTime.


Setelah itu klik dobel pada DWORD yang baru dibuat. Proses ini seharusnya sudah selesai, namun proses ini sedikit berbeda.

Pertama, lihat bagian Base dan ubah dari Heksadesimal default ke Decimal. Keduanya memberikan hasil yang sama, tetapi menggunakan Decimal lebih mudah karena merupakan angka sederhana.

Pilih nilai. Angka desimal sesuai dengan milidetik, dan secara default Windows menyajikan opsi dalam 400 milidetik. Itu hampir setengah detik menunggu.

Nilai yang anda pilih adalah sesuatu yang unik, tetapi 100 dan 50 khususnya memberikan peningkatan kecepatan yang sangat terlihat tanpa membuat pratinjau langsung muncul. Masukan angka tersebut ke bagian Value data dan klik OK ketika anda telah mengkonfirmasi detail yang lebih baik dan mengetahui bahwa anda dapat mengubah nilai ini sesering anda suka dengan kembali ke bagian Registry Editor ini.


Jangan tutup Registry  Editor. Sebaliknya, klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager dari daftar.

Pada Windows 8, 8.1 dan 10 semuanya mengharuskan anda untuk mengklik panah dropdown untuk melihat tab. Jika anda menggunakan salah satu system operasi ini, klik tab Details. Mereka yang menggunakan Windows 7 atau sistem operasi yang lebih lama harus mengklik tab Processes.

Terlepas dari bagaimana anda mendapatkan daftar processes yang sedang berjalan, explorer.exe yang perlu anda klik. Setelah mengkliknya, pilih End Task. Anda juga dapat mengklik kanan padanya dan pilih End Task.


Taskbar dan semua jendela Windows Explorer yang terbuka kemudian akan ditutup. Jangan panik! Setelah melakukan langkah diatas, klik File di kiri atas dan pilih Start new task. Di jendela ini anda hanya perlu mengetik explorer.exe untuk memulihkan taskbar anda. Namun, ini tidak akan memulihkan jendela Windows Explorer yang sebelumnya terbuka.


Sekarang periksa kecepatan pratinjau yang muncul di layar. Mereka seharusnya merespons kursor mouse lebih cepat. Jika anda tidak puas dengan cara kerjanya, cukup ubah value data di registry,  kemudian akhiri proses (End Task), dan mulai ulang lagi (Start new task).

Sekian tutorial kali ini, semoga membatu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mempercepat Waktu Pratinjau di Taskbar Windows"