Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bootable USB Ubuntu dari PC Windows


Saya tahu ada banyak orang yang menggunakan Ubuntu, tetapi ada juga pengguna Windows yang hanya ingin mencoba-coba platform open source ini. Jika anda salah satu dari yang terakhir, mungkin berguna untuk memiliki OS Ubuntu yang dapat di booting dari USB sehingga anda dapat menjalankan OS tanpa harus menginstalnya secara penuh di komputer anda. Ini juga dapat membantu jika anda ingin menggunakan Ubuntu yang relatif aman di komputer publik di tempat yang jauh, membootingnya dengan semua software penting anda saat dalam perjalanan.

Jika itu yang anda cari, tutorial kali ini akan menunjukkan cara membuat USB Ubuntu yang dapat dibooting dari Windows.

Pertama, anda perlu mendownload versi terbaru Ubuntu dari website resmi Ubuntu. (Dapatkan versi 32-bit defaultnya karena itu akan berjalan di lebih banyak mesin).

Ini adalah proses download file sebesar 1,4 GB (32-bit) atau 2,6 GB (64-bit) dari server yang cukup lambat, jadi harap bersabar. Kemudian kita akan menggunakan tools untuk membuat USB bootable Ubuntu, jadi download juga tools UNetbootin yang telah dicoba dan diuji. Anda juga dapat mendownload Ubuntu dari tools ini.

Di tools ini anda dapat memilih opsi Distribution sebagai gantinya, yang akan mendownload Ubuntu (atau versi Linux manapun yang anda inginkan) secara otomatis. Tetapi setelah saya memeriksa daftar ini tidak memiliki versi 32-bit dari Ubuntu terbaru, jadi dapatkan ISO secara langsung dari websitenya.

Sekarang, dengan UNetbootin dan file ISO Ubuntu yang sudah di download, saatnya kita untuk menggabungkan keduanya.

Buka UNetbootin dan pilih Diskimage. Dari dropdown di sebelahnya, pilih ISO, lalu klik ikon tiga titik untuk memuat ISO Ubuntu yang telah anda download ke hard drive anda sebelumnya.


Di bawahnya, anda dapat memilih berapa banyak ruang yang ingin anda pertahankan saat reboot. (Ini dikenal sebagai "persistence" dan memungkinkan anda menyimpan file, settings, dan sebagainya). Jangan sentuh ini karena cenderung tidak berfungsi.

Pada menu dropdown Type di bagian bawah, pastikan USB Drive yang dipilih, pilih direktori Drive dari drive USB anda di kolom disebelahnya, kemudian klik OK untuk memulai proses.

Setelah beberapa menit, prosesnya akan selesai dan anda sekarang memiliki build Ubuntu portabel yang dapat di booting pada PC Windows manapun.



Menambahkan Persistency ke Bootable USB

Sebelum anda menjalankannya, anda perlu membuat file casper-rw, yang memungkinkan versi portabel Ubuntu anda untuk menyimpan file dan menyimpannya. Untuk melakukannya, anda perlu mendownload tools yang bernama PDL Casper-RW Creator untuk Windows, yang merupakan cara tercepat dan termudah untuk membuat file persistensi yang berfungsi.


Menggunakan tools ini cukup sederhana, cukup pilih drive tempat flash drive USB anda dipasang, lalu seret tombol geser ke maksimum 4090MB, yang mewakili jumlah ruang penyimpanan yang dapat anda dedikasikan untuk file persistensi anda. Tentunya, ini akan tergantung pada seberapa banyak ruang yang anda miliki di flash drive USB anda setelah anda menginstal Ubuntu di dalamnya. Klik Create setelah itu.

Butuh waktu untuk menyelesakan prosesnya, jadi bersabar.


Selanjutnya, anda harus pergi ke direktori boot/grub pada drive USB Ubuntu yang baru anda buat dan buka file grub.cfg. Disini, cari baris yang berbunyi seperti dibawah ini.

linux /casper/vmlinuz.efi file=/cdrom/preseed/ubuntu.seed boot=casper quiet splash

Setelah kata splash, buat spasi sekali dan tulis persistent, lalu simpan file konfigurasi.


Sekarang Restart PC anda, kemudian tekan berulang kali tombol untuk masuk ke BIOS anda. (Ini bervariasi, tetapi pada PC saya menggunakan tombol F2 atau Delete).

Pastikan bahwa USB drive Ubuntu adalah yang pertama dalam urutan pemuatan yang akan memastikan bahwa setiap kali USB dihubungkan, PC anda akan booting ke Ubuntu daripada Windows atau system operasi lainnya. (Drive USB seharusnya berada di urutan teratas urutan pemuatan secara default, tetapi jika tidak maka anda masih harus masuk ke BIOS untuk mengaturnya.)

Dan setelah anda masuk, pada menu Ubuntu pilih Try Ubuntu without installing untuk menjalankannya.


Anda sekarang memiliki drive Ubuntu portabel yang dapat dibawa kemana saja. Ini adalah opsi yang bagus dalam hal keamanan, memastikan bahwa anda tidak perlu masuk dan keluar dari data anda di komputer orang asing atau publik. Sebagai tindakan ekstra, ingatlah untuk melindungi drive Ubuntu anda dengan password.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuat Bootable USB Ubuntu dari PC Windows"