Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Shut Down PC Windows Secara Otomatis di Malam Hari


Shut down atau mematikan PC Windows sangat mudah, dan itu dilakukan hanya dengan mengklik beberapa tombol. Namun jika anda memiliki kebiasaan bekerja hingga larut malam, anda mungkin cenderung lupa untuk mematikan komputer anda setelah menggunakannya.

Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat dengan cepat mengkonfigurasi komputer Windows anda agar ia dapat shut down secara otomatis di malam hari saat tidak digunakan. Namun jika anda benar-benar menggunakan PC, system tidak akan mati. Dan inilah cara anda melakukannya.


Konfigurasi Shutdown Otomatis

Untuk shut down komputer Windows anda secara otomatis di malam hari, kita akan menggunakan Task Scheduler biasa.

  • Mulailah dengan membuka Task Scheduler. Buka Start menu kemudian cari dan klik Task Scheduler dari daftar.

  • Setelah Task Scheduler dibuka, klik Actions dan pilih Create Basic Task dari daftar opsi.

  • Tindakan di atas akan membuka wizard untuk membuat task baru. Di sini masukkan nama dan deskripsi task yang akan anda buat, lalu klik tombol Next. Gunakan nama yang mudah agar anda dapat dengan mudah menemukan task saat dibutuhkan.

  • Di layar berikutnya, pilih opsi Daily dan klik tombol Next untuk melanjutkan.

  • Sekarang masukkan tanggal dan waktu memulai task. Selain itu, pastikan anda memilih task yang akan berulang setiap hari.

  • Karena kita akan men-shutdown system, maka pilih opsi Start a program dan klik tombol Next untuk melanjutkan.

  • Sekarang masukkan shutdown di bidang Program/script dan pada Add arguments, masukkan /S. Anda juga dapat memasukkan /F sebagai arguments kedua yang memaksa komputer Windows anda shutdown. Ini berguna ketika anda memiliki program yang mungkin bertentangan dengan proses shutdown itu sendiri. Pastikan anda menambahkan spasi di antara kedua arguments tersebut.

  • Setelah anda selesai dengan konfigurasi, cukup buka ringkasannya, dan jika semuanya baik-baik saja, klik tombol Finish. Namun anda belum selesai.

  • Kembali ke jendela utama, temukan task yang baru saja anda buat. Kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi Properties.

  • Tindakan di atas akan membuka jendela properties task. Disini, di bagian General, beri ceklist pada kotak Run with highest privileges.

  • Arahkan ke tab Conditions dan beri ceklist pada ketiga kotak: Start the task only if the computer is idle for, Stop if the computer ceases to be idle, dan Restart if the idle state resumes. Juga, pilih waktu dengan 30 menit di kedua bidang.

  • Setelah anda selesai, navigasikan ke tab Settings. Disini beri ceklist pada kotak Run task as soon as possible after a scheduled start is missed dan If the task fails, start every. Sekarang, masukkan waktu dengan 30 menit dan Attempts to restart up to dengan 3. Selain itu, ubah waktu Stop the task if it runs longer than menjadi 1 jam.

  • Setelah anda selesai dengan pengaturan, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Dengan ini, anda telah berhasil mengonfigurasi proses shutdown otomatis saat malam hari.

Anda selalu dapat mengubah pengaturan yang diperlukan dari jendela utama Task Scheduler. Misalkan anda ingin mengubah waktu shutdown.

Hanya itu yang harus anda lakukan dan sesederhana itu menggunakan Task Scheduler untuk mengonfigurasi shutdown otomatis pada malam hari saat tidak digunakan.

Anda mungkin ingin membaca juga tutorial saya lainnya tentang cara cepat mematikan layar Windows anda atau cara shutdown atau restart PC Windows 10 anda dari jarak jauh. Anda juga dapat menemukan berbagai tutorial lain tentang hal ini dengan mengklik Power pada kategori pilihan di samping kanan layar anda.

Semoga tutorial kali ini membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang metode di atas dalam menshutdown PC Windows saat tidak di gunakan di malam hari. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Shut Down PC Windows Secara Otomatis di Malam Hari"