Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Jaringan dari Public ke Private di Windows


Ketika anda terhubung ke jaringan di Windows, itu akan secara otomatis mendeteksi apakah jaringan yang terhubung itu public atau private dan menerapkan pengaturan yang sesuai. Misalnya, jaringan private memungkinkan untuk menemukan perangkat lain di jaringan yang sama dan berbagi file dan printer di antara mereka. Sementara jaringan public menyembunyikan system anda dari perangkat lain dan memblokir file serta berbagi printer. Mode ini biasanya digunakan saat anda terhubung ke jaringan WiFi public.

Meskipun Windows melakukan tugasnya dengan baik dalam mendeteksi jaringan, namun jika anda tidak yakin, Windows akan meminta anda untuk memilih jenis jaringan. Setelah anda memilih jenis profil jaringan, Windows akan menerapkan pengaturan jaringan yang sesuai.

Jika menurut anda, anda atau Windows memilih profil jaringan yang salah, maka anda dapat dengan mudah mengubahnya. Berikut adalah bagaimana anda dapat mengubah profil jaringan dari public menjadi private atau sebaliknya di Windows.


Ubah Profil Jaringan di Windows 7

1. Pada Windows 7 cari Control Panel di Start menu dan buka. Sekarang, gulir ke bawah dan klik tautan Network and Sharing Center (Klik All Control Panel Items untuk menampilkan semua opsi).


2. Di jendela Network and Sharing Center, anda dapat melihat jaringan aktif anda di bawah View your active networks. Untuk mengatur jaringan ke public atau private, klik pada profil jaringan di bawah Network.


3. Anda akan diminta untuk memilih lokasi jaringan. Windows 7 melakukan pekerjaan dengan baik dalam menjelaskan setiap jenis jaringan. Bacalah dengan seksama dan pilih jenis jaringan yang sesuai. Karena kita perlu mengubah dari Public ke Private, maka pilih Home Network.


Perubahan yang anda lakukan ini akan diterapkan secara instan pada PC anda, jadi anda tidak perlu melakukan restart PC untuk menerapkan perubahan.


Ubah Profil Jaringan di Windows 10

Pengguna Windows 10 dapat menggunakan metode di atas untuk mengatur profil jaringan. Atau, anda juga dapat melakukan hal yang sama dari aplikasi Settings. Karena Windows 10 perlahan menjauh dari Control Panel, saya sarankan anda mengikuti metode di bawah ini.

1. Buka aplikasi Settings dari Start menu atau dengan menekan tombol Win + I dan pilih Network & Internet.


2. Pilih Ethernet di panel kiri jika anda menggunakan kabel LAN. Namun jika anda menggunakan WiFi, maka pilih WiFi. Kemudian di panel kanan, klik tombol Network.


3. Di halaman baru, pilih profil jaringan anda ke Private. Dan anda selesai dengan pengaturannya.


Sama seperti pada Windows 7, perubahan yang anda lakukan akan diterapkan secara instan. Jadi anda tidak perlu merestart komputer anda.


Ubah Profil Jaringan dari Local Security Policy

Jika mau, anda dapat memaksa profil jaringan tertentu menggunakan Local Security Policy. Metode ini berguna untuk administrator system atau bila anda tidak dapat menggunakan kedua metode di atas. Selain itu, untuk menggunakan metode ini anda harus menggunakan Windows versi Pro.

Karena anda dapat memaksa profil jaringan secara efektif dan mengabaikan pilihan pengguna, ikuti metode ini hanya jika anda tahu apa yang anda lakukan.

1. Pertama, tekan Win + R, ketik secpol.msc dan tekan Enter untuk membuka Local Security Policy.


2. Di jendela Local Security Policy, pilih Network List Manager Policies di panel kiri dan kemudian klik dobel pada Network yang muncul di panel kanan.


3. Di jendela Network Properties yang muncul, klik tab Network Location.  Kemudian pilih Private dibawah bagian Location type.


Anda dapat membiarkan default pada User Permissions. Namun, jika anda ingin membatasi pengguna dari mengubah jenis profil jaringan, pilih User cannot change location. Untuk memastikan pengguna dapat mengubah profil jaringan, pilih User can change location.

4. Setelah melakukan perubahan, klik OK untuk menyimpan perubahan.

5. Restart system anda dan perubahan yang anda lakukan akan berlaku.

Anda mungkin membutuhkan tutorial lainnya tentang apa itu Port Forwarding dan cara mengaturnya di Windows 10. Silahkan klik link tersebut untuk mengetahuinya.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda dalam penggunaan metode di atas untuk mengubah profil jaringan di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengubah Jaringan dari Public ke Private di Windows"