Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Peringatan Setiap Anda Menekan Tombol Caps Lock di Windows


Tombol Caps Lock bukan salah satu tombol paling berguna di keyboard anda. Beberapa pengguna menganggap tombol ini menjadi kunci kontraproduktif dengan ukuran yang sangat besar. Jika anda ingin menambahkan sebuah kata dalam huruf besar, anda bisa menekan dan menahan tombol Shift dan mengetikkan kata tersebut. Inilah satu-satunya hal yang dilakukan Caps Lock. Yang membuat beberapa pengguna (mungkin juga anda) menjadi sedikit "terganggu" adalah bahwa letaknya yang bersebelahan dengan dua tombol yang paling umum digunakan yaitu tombol A dan tombol Shift karena akan sedikit mengganggu dalam pengetikan.

Jika anda tidak berencana untuk mengalihkan fungsi Caps Lock ke sesuatu yang lebih bermanfaat, maka mungkin lebih baik untuk membuat peringatan setiap kali anda menekannya. Ini setidaknya akan memastikan anda tidak secara tidak sengaja menekannya. Windows memungkinkan anda mengatur peringatan untuk semua tombol kunci pada keyboard anda termasuk tombol Caps Lock ini. Dan berikut ini saya akan menunjukkan kepada anda cara mengaktifkannya di Windows 7 dan Windows 10.


1. Aktifkan Peringatan Tombol Kunci di Windows 7

Windows 7 memang sudah berakhir, namun masing banyak yang menggunakannya jadi tidak ada salahnya tips ini juga dibagikan kepada penggunanya.

Anda dapat dengan mudah mengaktifkan peringatan untuk tombol kunci di Windows 7 dari Ease of Access Center. Klik pada Start menu dan kemudian pilih Control Panel.

Di jendela Control Panel, klik Ease of Access Center dan pilih Change how your keyboard works di halaman berikutnya.


Ini akan membuka beberapa opsi yang akan mempengaruhi cara anda menggunakan keyboard anda. Disini, beri ceklist pada kotak di sebelah opsi Turn on Toggle Keys untuk mengaktifkan peringatan untuk tombol kunci.


Mulai sekarang, setiap kali anda menekan tombol Caps Lock, Num Lock atau Scroll Lock, anda akan mendengar bunyi bip yang memberitahu anda bahwa salah satu tombol kunci telah ditekan.


2. Aktifkan Peringatan Tombol Kunci di Windows 10

Di Windows 10, klik pada Start menu dan kemudian klik Settings. Setelah jendela Settings terbuka, pilih Ease of Access.


Di halaman ini gulir kebawah panel kiri ke opsi Keyboard dan di panel kanan, aktifkan opsi Use Toggle Keys ke On.




3. Aktifkan Peringatan Tombol Kunci di Windows 11

Di Windows 11, tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows. Setelah itu di jendela Settings, pilih Accessbility di panel kiri dan klik Keyboard di panel kanan dibawah bagian Interaction.

Setelah itu di halaman berikutnya, anda akan menemukan Toggle keys di bawah bagian Sticky, Filter, and Toggle keys.

Anda perlu mengaktifkan Toggle keys ke On untuk mengaktifkan peringatan  setiap kali anda menekan tombol Caps Lock.



Shortcut Mengaktifkan Peringatan untuk Tombol Kunci

Ada juga shortcut untuk mengaktifkan tombol kunci di semua versi Windows yang didukung. Yang harus anda lakukan adalah tekan dan tahan tombol Num Lock selama lima detik, dan Windows akan menampilkan pesan untuk mengaktifkan peringatan untuk tombol Toggle. Shortcut ini diaktifkan secara default di semua versi Windows dan anda dapat menggunakannya tanpa harus melalui langkah-langkah di atas.

Jika karena alasan tertentu itu tidak diaktifkan di Windows anda, anda kemudian dapat mengikuti instruksi yang diberikan di atas untuk mencapai tombol opsi dan mengaktifkan opsi Press and hold the Num Lock key for five seconds to turn on Toggle Keys. Ini tersedia di semua versi Windows.


Catatan: Shortcut Num Lock tidak akan berfungsi jika peringatan tombol kunci sudah diaktifkan. Jika shortcut tidak berfungsi, tekan salah satu tombol kunci dan pastikan itu belum diaktifkan sebelum dihidupkan secara manual. Juga, pastikan system suara anda berfungsi dengan baik.


Langkah-langkah ini akan menyelamatkan anda dari hal yang mengganggu, hanya dengan mengaktifkan peringatan untuk Caps Lock. Saya sarankan anda untuk mencoba menahan tombol Num Lock selama lima detik untuk mengaktifkan fitur ini di semua versi Windows. Aktifkan ini secara manual jika shortcut ini dinonaktifkan atau jika anda tidak dapat menggunakan tombol Num Lock karena alasan tertentu.

Apakah keberadaan tombol Caps Lock sedikit mengganggu anda? Berikan komentar anda di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Peringatan Setiap Anda Menekan Tombol Caps Lock di Windows"