Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Profil Startup Windows Sesuai Peruntukannya


Anda mungkin menggunakan laptop yang sama untuk bekerja dan untuk di rumah dan anda juga mungkin telah membuat user account yang berbeda untuk kantor dan untuk rumah. Dengan membuat dua akun untuk tugas yang berbeda, itu membuat ada banyak hal yang dapat anda sesuaikan berdasarkan user account yang berbeda sesuai dengan lingkungan kerja anda.

Permasalahan kemudian muncul jika anda menggunakan komputer yang sama untuk berbagai jenis pekerjaan. Jika anda ingin bermain game, anda mungkin perlu mengkonfigurasi komputer anda sedemikian rupa sehingga resource maksimum tersedia saat anda bermain game. Sayangnya, Windows tidak menawarkan penyesuaian apapun di tingkat user account.

Tetapi Windows menyertakan fitur startup profile hardware dimana banyak dari kita tidak terbiasa dengan itu. Profil hardware adalah seperangkat instruksi yang memberitahu komputer untuk memuat perangkat mana saja untuk profil tersebut. Jadi kita dapat dengan mudah memilih hardware yang kita inginkan untuk dimuat di bawah masing-masing profil hardware.

Windows selalu memulai dengan profil hardware default yang dibuat ketika Windows diinstal. Meskipun cukup rumit untuk membuat profil hardware yang berbeda terutama di Windows 8, kita dapat menggunakan utilitas sederhana seperti StartupSelector untuk membuat profil yang berbeda untuk diri kita sendiri.

StartupSelector adalah program kecil yang hanya melakukan satu dari dua hal, baik menyimpan profil saat ini atau memuat profil yang disimpan. Ini bisa sangat berguna jika kita dapat membuat profil yang berbeda untuk bekerja, rumah dan bermain game. Saya menetapkan ini hanya sebagai contoh saja. Anda dapat membuat profil untuk tujuan apapun yang anda inginkan.


Meskipun halaman download StartupSelector menyatakan bahwa itu adalah aplikasi portabel, namun saya harus menginstalnya setelah mendownload. Pertama-tama, mari kita kenali antarmuka. Meskipun cukup sederhana, ini bisa membingungkan.

Ada satu nama bidang teks Configuration Name, satu daftar menu drop-down, tombol Close dan tombol OK. Anda dapat memasukkan nama konfigurasi anda di bidang Configuration Name. Jika anda ingin memuat profil yang sudah disimpan, anda dapat melakukannya dengan memilihnya dari menu drop down.

Tombol Close sebenarnya harus dinamai Cancel karena berfungsi seperti membatalkan sesuatu yang sudah kita atur. Dengan menekan tombol ini, anda akan keluar dari aplikasi StartupSelector tanpa menyimpan data apapun. Tombol OK seharusnya dinamai sebagai Save. Setiap kali anda menyimpan atau memuat profil baru, anda perlu menekan tombol OK agar perubahan diterapkan.

Sekarang mari kita lakukan konfigurasi yang sebenarnya dan membuat profil umum dan profil game.

1. Pertama-tama, setelah memulai StartupSelector, klik tombol OK yang akan membuat backup profil default anda saat ini. Ini untuk keamanan kita. Jika terjadi kesalahan, kita dapat dengan mudah memuat profil yang di backup tersebut dan mengembalikan semua perubahan yang telah kita lakukan. Setelah itu tutup StartupSelector.

2. Setelah membuat profil backup, kita akan membuat profil game. Pergi ke Run dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik msconfig dan tekan Enter. Tindakan ini akan membuka System Configuration Utility.


3. Pilih tab Services. Kemudian beri ceklist pada Hide all Microsoft services dan hapus ceklist pada semua services yang ada pada jendela ini.


4. Sekarang buka tab Startup. Jika anda menggunakan Windows 8 atau 10, anda harus mengklik Open Task Manager untuk mengatur item startup.


5. Nonaktifkan semua item karena kita tidak memerlukan item startup apapun selama bermain game.


Anda juga dapat mengubah pengaturan Windows lainnya seperti animasi dan efek Aero untuk membebaskan lebih banyak resources untuk kebutuhan game anda. Anda dapat membebaskan beberapa MB memory dengan menonaktifkan services non-system dan item startup.

6. Langkah selanjutnya, kita perlu membuka kembali StartupSelector dan menyimpan profil baru dengan nama Gaming atau nama apapun yang anda sukai.


7. Mulai sekarang ketika anda ingin bermain game, anda cukup memuat konfigurasi startup game dari StartupSelector, kemudian Restart komputer anda dan semua resources akan tersedia untuk game anda.


Demikian pula, anda dapat membuat konfigurasi startup berbeda untuk pekerjaan, rumah, Internet, multimedia dan lainnya.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBu. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuat Profil Startup Windows Sesuai Peruntukannya"