Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Yang di Ganti atau di Hapus di Windows 10 Setelah Update Mei 2020


Pada saat penulisan artikel ini, Update Mei 2020 untuk Windows 10 sedang diluncurkan untuk para pengguna. Ini berarti anda akan menemukan fitur baru, berbagai perubahan, perbaikan keamanan, dan masih banyak lagi.  Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah pernah ada update Windows yang berjalan lancar bagi semua penggunanya? Seperti biasa, seperti update-update sebelumnya, anda mungkin akan menemukan juga beberapa masalah.

Kekhawatiran berikutnya setelah anda mengupdate (jika berhasil), sesuatu yang mungkin segera anda perhatikan adalah bahwa beberapa fitur Windows 10 tiba-tiba hilang atau berubah secara drastis.

Update Mei 2020 telah menghapus beberapa fitur Windows 10 yang telah usang dan mengubah beberapa fitur yang lain agar lebih sesuai dengan visi Microsoft saat ini untuk Windows 10. Dan inilah daftar fitur yang mengalami perubahan atau yang di hapus dari Windows 10.


Cortana untuk Produktivitas

Microsoft tidak lagi mendorong Cortana sebagai pesaing voice-assistant untuk Siri, Alexa, atau Google Assistant. Alih-alih, fitur ini menjadi alat produktivitas yang diaktifkan dengan suara. Anda masih dapat meminta Cortana untuk memeriksa kalender anda, menemukan dokumen Office, atau memperbarui daftar tugas Microsoft anda.



Print 3D Diganti

Microsoft tidak menghapus Print 3D, tetapi anda tidak akan menerima update baru dan kemungkinan akhirnya akan menghilang. Sebagai gantinya, anda harus bermigrasi ke 3D Builder, pengganti Print 3D. Karena Print 3D dapat dihapus kapan saja, sebaiknya mulailah belajar menggunakan 3D Builder untuk print 3D.



Microsoft Edge Berpindah ke Chromium

Microsoft Edge tidak memiliki banyak pengikut, jadi anda mungkin tidak menyadari ada perubahan. Padahal, pada saat penulisan, Edge hanya memiliki pangsa pasar 6,67 persen. Namun, itu mungkin akan meningkat ketika Microsoft menghapus Edge lama dan menggantinya dengan versi berbasis Chromium di update Mei 2020.


Browser Edge yang baru telah dirilis sebelum update Mei 2020, tetapi semua fitur baru belum tersedia. Jika anda belum meningkatkan ke versi baru, update Mei akan mengupdatenya untuk anda. Fitur-fitur baru pasti membuatnya layak untuk dicoba, dan akan terasa lebih seperti Chrome.


Perubahan Desktop Messaging

Jika anda menggunakan Windows mobile device, anda mungkin menikmati sinkronisasi pesan teks dengan desktop anda. Sayangnya, itu tidak akan menjadi opsi lagi. Sementara aplikasi Desktop Messaging itu sendiri masih akan ada, fungsi sinkronisasi sedang dihapus seluruhnya. Untuk beberapa pengguna, ini mungkin membuatnya menjadi aplikasi yang tidak berguna, terutama jika anda menggunakannya sebagai fitur membackup pesan teks.


Snipping Tool Mendapat Snip & Sketch

Update Mei 2020 tidak menggunakan Snipping Tool. Ini mungkin tidak terlalu mengejutkan karena Microsoft telah merilis tool Snip & Sketch. Aplikasi yang lebih baru ini berfungsi dengan cara yang sama seperti Snipping Tool. Namun, ia menawarkan fitur tambahan, menjadikannya versi yang lebih kuat dan berguna. Jika anda belum mencoba tool Snip & Sketsa, sekaranglah saatnya.



Windows To Go Dihapus

Memiliki Windows di saku anda akan terasa nyaman. Windows To Go pasti memberi anda kemudahan seperti itu. Anda dapat membawa langsung versi Windows 10, 8, atau 8.1 pada flash drive atau hard drive eksternal untuk digunakan di komputer lain. Itu adalah fitur yang sangat dinanti ketika pertama kali tiba. Plus, itu menawarkan pengguna Windows sesuatu yang mirip dengan distro Linux portabel. Pengguna pribadi dan bisnis menikmatinya.


Sayangnya, Windows To Go tidak ada lagi bersamaan dengan peluncuran update Mei 2020. Microsoft telah benar-benar berhenti memperbarui fitur pada update 1903. Sekarang setelah update 2004 diluncurkan, Microsoft secara resmi menghapusnya dari system.


Anda mungkin telah memperhatikan beberapa perubahan ini jika komputer anda telah diupdate. Jika belum, bersabarlah. Update akan segera datang kepada anda. Anda juga dapat memulai update secara manual dengan masuk ke Settings - Update & Security - Windows Update. Klik Download and install di bawah Feature update to Windows 10, version 2004.



Sekian artikel kali ini. Apakah anda menemukan perubahan fitur lainnya atau tidak menemukan fitur kesukaan anda di Windows 10 anda? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!! 

Post a Comment for "Fitur Yang di Ganti atau di Hapus di Windows 10 Setelah Update Mei 2020 "