Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Aplikasi Default di Android 10


Ketika anda pertama kali mendapatkan perangkat Android anda, beragam apikasi sudah terinstal didalamnya dan sebagiannya ditetapkan sebagai aplikasi default. Ini tidak berarti anda akan terjebak dengan mereka dan harus menggunakan apapun yang diperintahkan produsen ponsel tersebut kepada anda. Sebaliknya, anda hanya perlu mengatur aplikasi default di Android 10 sesuai dengan yang anda inginkan.

Selama anda memiliki aplikasi yang terinstal pada perangkat anda, anda dapat mengaturnya sebagai aplikasi default. Mungkin salah satu aplikasi pertama yang ingin anda ubah adalah browser anda. Prosesnya hanya membutuhkan beberapa ketukan. Dalam beberapa kasus dan anda bahkan dapat menyesuaikan aplikasi default lebih dari sekadar memilih aplikasi lainnya.

Catatan : Untuk tutorial ini saya menggunakan opsi dan screenshot dari ponsel Samsung Galaxy A50, Android 10, One UI v2.0. Anda mungkin harus menyesuaikannya dengan opsi pengaturan di ponsel anda.


Proses Pengaturan yang Familiar

Berita baiknya adalah proses untuk mengatur aplikasi default di Android 10 tidak banyak berubah sama sekali. Jika anda telah menggunakan Android untuk sementara waktu, anda akan menemukan proses pengaturan yang familiar dan selalu merupakan hal yang baik untuk abda. Ada langkah tambahan jika anda terbiasa dengan Android 9, tetapi itu tidaklah terlalu sulit.

Perubahan terbesar yang mungkin anda perhatikan adalah beberapa opsi tambahan di beberapa kategori aplikasi default. Ini hanya memberi anda kesempatan untuk menyesuaikan perangkat anda lebih lanjut.


Tetapkan Aplikasi Default di Android 10

Mulailah dengan membuka Settings. Meskipun beberapa aplikasi akan meminta anda untuk menetapkannya sebagai default saat anda menggunakannya, anda akan menemukan semua pengaturan aplikasi default dalam Settings Android anda.

Setelah di halaman Settings, ketuk Apps untuk melihat semua aplikasi anda.


Terakhir, ketuk aplikasi yang ingin anda ubah pengaturan defaultnya. Selanjutnya ketuk *aplikasi* app dibawah bagian Set as default.

Setiap kategori tempat anda dapat menetapkan aplikasi default tercantum di jendela ini. Anda dapat melihat aplikasi default saat ini. Dalam beberapa kasus, mungkin tidak ada pengaturan defaultnya. Misalnya, saya beralih secara teratur antara dua browser yang berbeda, jadi saya tidak memiliki pengaturan default. Sebagai gantinya, saya diminta mengenai browser mana yang akan digunakan setiap kali dibutuhkan.


Ketuk salah satu kategori untuk menetapkan aplikasi default di Android 10. Anda akan melihat daftar aplikasi yang mungkin untuk dipilih. Misalnya, ketika anda memilih aplikasi Browser, anda akan melihat daftar semua browser yang diinstal pada perangkat anda. Ketuk aplikasi yang anda inginkan untuk dijadikan sebagai aplikasi default dan ketuk panah kembali untuk menyimpan pengaturan anda.

Ulangi proses ini untuk setiap aplikasi yang ingin anda ubah. Sekali lagi, anda tidak dikunci untuk apapun. Anda dapat mengubah aplikasi default kapan saja anda memutuskan untuk menggunakan sesuatu yang berbeda, seperti memutuskan untuk menggunakan Chrome atau dari pada browser bawaan dan proses ini sepenuhnya akan disetujui.


Pengaturan Aplikasi Default tambahan

Selain hanya memilih atau mengubah aplikasi default baru, beberapa kategori dilengkapi dengan pengaturan tambahan. Jika anda tidak menginginkan sebuah aplikasi menjadi aplikasi default di Android 10, anda juga dapat mengaturnya. Setelah memilih aplikasi di halaman settings Apps, ketuk Set as default. Anda kemudian dapat mengetuk Clear default untuk mengubah pengaturannya.



Konfigurasikan Aplikasi Default

Jika anda tidak melihat pengaturan yang anda cari saat mengatur aplikasi default di Android 10, anda mungkin perlu mengubah pengaturan tanpa aplikasi itu sendiri. Misalnya, jika anda mencari pengaturan khusus browser, seperti menyimpan passord, makan anda harus membuka browser tersebut dan mengubah pengaturan dari dalam browser.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan pendapat anda dikolom komentar dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

2 comments for "Cara Mengubah Aplikasi Default di Android 10"