Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Otentikasi Wi-Fi yang Error di Android


Menghubungkan ke Wi-Fi adalah salah satu fitur penting pada ponsel. Ketika anda tidak dapat melakukannyakarena selalu gagal, itu bisa sangat membuat anda frustrasi. Otentikasi Wi-Fi yang selalu error dapat terjadi karena sejumlah alasan. Jika anda kesulitan membuat perangkat anda terhubung ke jaringan nirkabel, ada banyak hal yang dapat anda coba untuk membuat koneksi berhasil.

Pada umumnya, otentikasi yang selalu error terjadi ketika hubungan ke jaringan nirkabel antara router dan perangkat gagal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki otentikasi Wi-Fi yang selalu error pada Android.


1.  Restart Perangkat Anda

Hal pertama yang harus anda coba sebelum mengutak-atik setting ponsel jika anda menerima otentikasi yang error adalah merestart perangkat anda. Sebagian besar error yang terjadi akan dapat diselesaikan dengan mudah di ponsel anda hanya dengan merestartnya.



2. Aktifkan dan Menonaktifkan Airplane Mode

Cara lain yang dapat diandalkan untuk menghilangkan penyebab otentikasi yang error adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan airplane mode atau mode pesawat pada ponsel anda.


Temukan airplane mode dalam setting connections. Ketuk untuk mengaktifkannya dan kemudian ketuk lagi untuk menonaktifkannya.


3. Reset Network

  • Buka Settings pada perangkat kemudian pilih Connections dan dilanjutkan dengan mengetuk Wi-Fi.
  • Pilih jaringan Wi-Fi yang ingin anda sambungkan. Temukan pengaturan untuk Forget atau Forget the network. Ini akan menghapus data tentang jaringan Wi-Fi tersebut di ponsel anda.

  • Setelah itu, kembali ke pengaturan Wi-Fi anda dan pilih jaringan yang sama lagi. Masukkan kata sandi dan biarkan terhubung ke jaringan.


4. Reset Setting Network

Hampir setiap masalah jaringan dapat diperbaiki dengan mereset network setting atau pengaturan jaringan pada ponsel anda.

  • Buka Setting dan cari Reset network settings. Untuk tutorial ini saya menggunakan Samsung A50 - Android v10 dan saya temukan pengaturannya di General management - Reset - Reset network settings.

  • Selanjutnya ketuk Reset Settings dan anda mungkin harus memasukan PIN atau password ponsel anda.

  • Setelah itu konfirmasi reset setting dengan mengetuk Reset. Semua pengaturan Wi-Fi, mobile data, dan Bluetooth akan kembali ke pengaturan pabrik.


Setiap error harus diatasi dengan cara ini dan anda kemudian dapat menghubungkan kembali ke jaringan Wi-Fi anda.


5. Periksa Perangkat Maksimum Yang Didukung Router

Mungkin sudah ada terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi anda, yang menyebabkan ponsel dicegah untuk terhubung. Jika anda memiliki akses ke router, anda dapat membuka pengaturan router anda dan perhatikan perangkat yang terhubung. Nonaktifkan beberapa perangkat dan coba sambungkan lagi ponsel anda.


6. Restart Router

Mungkin router yang mengalami masalah. Restart router dengan mematikannya selama 30 detik lalu hidupkan kembali. Setelah itu coba hubungkan kembali ponsel anda ke jaringan setelah router menyala.


7. Ubah dari DHCP ke Statis

Penetapan IP address default pada perangkat anda dapat diatur ke DHCP. Jika demikian, itu bisa menyebabkan error otentikasi. Mengubah ini menjadi statis bisa menjadi solusi.

  • Di komputer Windows mana saja, buka Command Prompt. Cari di start menu atau lewat search Windows.
  • Pada command prompt, ketik perintah ipconfig/all dan tekan Enter. Anda akan melihat banyak informasi, tetapi anda hanya perlu fokus pada Default Gateway, IPv4 address dan DNS Servers.
  • Tulis angka yang anda lihat untuk Default Gateway dan DNS Servers. Anda perlu melakukan ping jaringan untuk menemukan alamat IP yang tersedia di jaringan anda.

  • Untuk melakukan ping IP address, buka PowerShell dan ketik ping yang diikuti oleh IP address yang ingin anda uji mulai dengan IP address router anda dan lanjutkan dengan lainnya.

  • Jika system menampilkan waktu ping, maka sudah ada perangkat di jaringan dengan IP address tersebut. Tetapi, jika jawabannya berbunyi Destination host unreachable, itu berarti alamat IP tersedia, dan anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan perangkat anda ke Wi-Fi. Tulis angka yang anda temukan.


Masukkan angka-angka tersebut ke perangkat Android anda dengan membuka Settings dan kemudian ketuk Wi-Fi anda.

  • Ketuk Setting jaringan Wi-Fi yang ingin anda sambungkan, kemudian ketuk Advanced.
  • Selanjutnya ubah pengaturan dari DHCP ke Statis.

  • Masukkan informasi yang anda temukan sebagai berikut:

IP Address: IP Address terbuka yang anda temukan menggunakan perintah Ping.
Gateway: alamat IP Gateway Default.
DNS 1 dan DNS 2: ketik IP Address dari DNS servers.

  • Biarkan bidang lain apapun di formulir ini disetel sebagai default, lalu ketuk Save.


8. Factory Reset Perangkat

Jika tidak ada metode di atas yang berfungsi di ponsel anda, pilihan terakhir adalah mereset ponsel anda kembali ke pengaturan pabrik. Ini adalah langkah terakhir yang drastis, jadi anda mungkin ingin membackup perangkat anda sebelum melakukan ini.

Jika sudah, temukan factory data reset di ponsel anda dan gulir ke bawah untuk menemukan tombol. Untuk perangkat saya : General management - Reset - Factory data reset.


Ketika anda mengetuk tombol, semua data, aplikasi, dan pengaturan akan dihapus, menghilangkan apapun yang menyebabkan ponsel tidak dapat terhubung.


Sekian tutorial kali ini. Manakah dari metode di atas yang berfungsi untuk memperbaiki otentikasi Wi-Fi yang selalu error untuk anda? Tinggalkan pendapat anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Otentikasi Wi-Fi yang Error di Android"