Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy Daftar File Pada Sebuah Folder di Windows


Mungkin hal ini tidak sesering mungkin anda lakukan, tetapi kadang-kadang anda mungkin perlu mendapatkan daftar semua file dalam sebuah folder tanpa harus mengcopy nama satu per satu. Tidak masalah jika dalam sebuah folder hanya memiliki beberapa file, namun jika hingga puluhan atau ratusan bahkan sampai ribuan maka itu akan menjadi sangat menjengkelkan. Mendapatkan daftar semua file ini mungkin untuk beberapa alasan, seperti membuat daftar nama file, mengcopy semua nama file, mengekspor daftar nama file ke excel, dan lainnya. Namun apapun alasannya, Windows tidak memiliki opsi default untuk membuat daftar semua nama file yang berada dalam sebuah folder. Namun, membuat daftar nama file dalam folder tidaklah terlalu sulit di Windows. Berikut cara membuat atau mengcopy daftar file di dalam sebuah folder di Windows.


Buat Daftar Nama File di dalam sebuah Folder

Cara pertama dan termudah untuk membuat daftar nama file dalam sebuah folder adalah dengan menggunakan command prompt. Kita hanya dapat menggunakan perintah DIR untuk mengekspor daftar nama file ke dokumen teks.

Untuk memulai, navigasikan ke folder yang filenya ingin anda buatkan daftarnya. Kemudian, tekan tombol Shift + klik kanan di folder tersebut, dan kemudian pilih opsi Open command window here atau Open PowerShell window here.


Tindakan di atas akan membuka Command Prompt atau PowerShell di folder saat ini. Sekarang, copy dan jalankan perintah di bawah ini:

dir /b /a:-d /o:n > filelist.txt


Segera setelah anda menjalankan perintah, file teks baru akan dibuat di folder saat ini dengan daftar file di folder. Hal yang baik tentang perintah di atas adalah bahwa ia hanya akan mencantumkan file dan mengabaikan direktori atau folder.

Jika anda ingin perintah untuk membuat daftar direktori atau folder, gunakan perintah di bawah ini:

dir /b /a /o:n > filelist.txt

Seperti yang dapat anda lihat dari perintah di atas, kita baru saja memodifikasi perintah sebelumnya dan menghapus atribut -d untuk memasukkan folder dalam daftar. Sementara baris perintah /o:n berguna untuk memastikan bahwa daftar diurutkan secara otomatis berdasarkan nama.



Tambahkan Opsi Copy File List ke Menu Konteks Klik kanan

Jika anda sering membuat daftar file, maka metode di atas mungkin agak ribet untuk dijalankan secara berulang. Untuk mempermudah, anda dapat menambahkannya di opsi menu konteks klik kanan untuk mengcopy daftar file. Dan pada gilirannya, anda dapat mempastekan daftar file dimanapun anda inginkan.

Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum anda melanjutkan, backup registry atau buat system restore point terlebih dahulu
  • Untuk memulai, tekan Win + R kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.


  • Di jendela Registry Editor, navigasikan ke lokasi berikut dibawah ini:
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell
  • Di lokasi, klik kanan pada Shell, kemudian pilih opsi New - Key dan beri nama key baru  dengan copylist.


  • Secara default, semua key baru akan memiliki nama (Default) dan tanpa value datanya. Untuk mengubah value datanya, klik dobel pada string tersebut, dan masukkan Copy file list pada value data, dan klik tombol OK. Ini akan menjadi nama yang anda lihat di menu konteks klik kanan. Jangan ragu untuk menyesuaikan teks jika anda menginginkan nama yang lain.


  • Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada tombol copylist, pilih New - Key dan beri nama command.


  • Sekali lagi, key baru akan memiliki nilai default sendiri. Untuk mengedit value datanya, klik dobel pada (Default) untuk membuka jendela edit string.
  • Di bagian value datanya, masukkan value berikut ini dan klik OK untuk menyimpan perubahan.
cmd /c dir "%1" /b /a:-d /o:n | clip


Catatan: Jika anda juga ingin membuat daftar folder bersama dengan file dalam folder, maka ganti /a:-d dengan /a.

Dari titik ini ke depannya, anda dapat mengcopy daftar file hanya dengan mengklik kanan pada folder yang berisi semua file anda dan kemudian memilih opsi Copy file list. Setelah dicopy, anda dapat mempastekan daftar dimanapun anda inginkan, seperti di Notepad atau Excel.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas dalam membuat atau mengcopy daftar file dari sebuah folder di Windows. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Copy Daftar File Pada Sebuah Folder di Windows"