Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Emoji dan Emoticon di Windows 10/11


Anda mungkin sering menggunakan emoji ataupun emoticon dalam berkomunikasi lewat media sosial anda. Pada umumnya orang mengira bahwa emoji adalah nama lain dari emoticon, namun keduanya sebenarnya berbeda. Sebagai pendahuluan anda mungkin ingin mengetahui perbedaan antara keduanya.

Emoji merupakan karakter berbentuk gambar yang mewakili berbagai hal, sementara emoticon adalah tulisan tipografi yang merepresentasikan ekspresi wajah, mulai dari tersenyum, menangis, tertawa, sedih, marah, dan semacamnya. Emoticon diciptakan untuk menggambarkan emosi dengan berbasis teks dasar dimana pengguna biasa menggunakan kombinasi tanda baca. Sementara emoji adalah barisan karakter yang dipakai kebanyakan sistem operasi saat ini dari Unicode.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, sekarang kita akan membahas bagaimana menggunakannya di Windows 10 atau Windows 11. Pada perangkat ponsel anda, anda mungkin tidak direpotkan dalam penggunaanya, namun di Windows 10 atau Windows 11 menggunakan emoji tidaklah mudah. Artikel kali ini akan menjelaskan caranya pada anda.


1. Menggunakan Touch Keyboard

Salah satu cara kita dapat menggunakan emoji adalah melalui touch keyboard. Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh pengguna tablet touchscreen atau grafis. Untuk menggunakan ini, saya tidak akan menyuruh anda mengganti laptop atau monitor anda dengan touchscreen, jadi tidak perlu khawatir.


Temukan Touch Keyboard Anda

Pertama, kita perlu mengeluarkan touch keyboard dari persembunyiannya. Untuk melakukan ini, klik kanan taskbar dan klik Show touch keyboard button. Di Windows 11, buka Settings - Personalization - Taskbar dan pilih Always pada opsi Touch keyboard.


Keyboard anda tidak langsung muncul, tetapi anda akan melihat ikon keyboard yang muncul di taskbar anda. Klik ikon keyboard tersebut.


Keyboard akan muncul dari bagian bawah layar. Anda dapat mengklik pada masing-masing huruf untuk mengetiknya, tetapi saya tidak disini untuk itu. Pada Windows 10, yang anda cari adalah tombol smiley face (wajah tersenyum) di sebelah kiri space bar touch keyboard anda. Sementara pada Windows 11, anda perlu mengklik ikon kotak dengan hati, kemudian klik ikon smiley face.


Mengklik tombol ini akan membawa anda ke menu emoji dimana anda akan melihat semua emoji dan emoticon di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Menavigasi Menu Emoji dan Emoticon

Menu ini bisa sedikit membingungkan untuk dinavigasi, jadi mari kita telusuri bagaimana melakukannya. Mulai dari bawah, anda akan melihat yang berikut ini.


Gunakan tombol geser dalam kotak karakter emoji atau emoticon untuk menelusuri semua karakter. Untuk kembali ke tampilan keyboard normal, klik tombol abc.

Saat anda menggunakan emoji atau emoticon, pertama-tama pastikan kursor anda berada di posisi yang tepat pada apapun yang anda ketikkan. Kemudian, cukup klik wajah atau karakter yang anda inginkan, dan itu akan dimasukkan ke dalam teks anda. Cobalah untuk tidak menggunakan keyboard fisik di depan anda, karena keyboard sentuh akan menutup sendiri. Ini akan menyebabkan anda kehilangan tempat anda berada di menu emoji.



2. Menggunakan internet

Jika anda lebih suka tidak melihat katalog emoji, anda dapat menentukan emoji persis yang ingin anda gunakan melalui Internet. Emojipedia adalah website yang berguna tempat anda dapat memasukkan istilah pencarian, dan itu menghasilkan hasil yang cocok. Misalnya, jika saya ingin menemukan emoji yang termasuk kucing, saya akan memasukkan istilah pencarian, dan emojipedia menemukan semua emoji yang merupakan kucing.


Setelah memilih karakter yang saya inginkan dari daftar, saya dapat mengcopy emoji langsung dari halaman website dan mempastekannya di tempat yang saya inginkan. Atau, saya dapat mengklik tombol Copy tepat di bawah deskripsi emoji untuk secara otomatis memasukkannya ke clipboard saya dan mempastekannya ke tempat tujuan menggunakan klik kanan mouse atau Ctrl + V.


Emoji ataupun emoticon sekarang menjadi bagian dari komunikasi online yang umum dan sekarang anda tahu cara menggunakan emoji di Windows 10 atau Windows 11 dengan menggunakan touch keyboard. Jika anda tidak ingin menggunakan keyboard, ada banyak sumber daya online yang juga dapat membantu anda.

Sudahkah anda menggunakan emoji baru-baru ini dari PC Windows 10 atau Windows 11 anda? Atau apakah anda jauh dari mereka karena anda bingung bagaimana mengunakannya di Windows 10 atau Windows 11? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Emoji dan Emoticon di Windows 10/11"