Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bekerja Dari Rumah Tanpa Tergganggu Dengan Keamanan


Merebaknya virus Corona atau COVID-19 diseluruh dunia membuat bisnis ataupun sekolah dipaksa untuk dilakukan dengan jarak jauh atau secara online. Di dunia saat ini semua pengguna internet berkumpul dan dan melakukan segala aktivitas. Boleh dikatakan bahwa saat ini adalah saatnya full internet.

Namun dibalik semua ini, ada pertimbangan lain yang tidak boleh anda diabaikan yaitu keamanan dari internet itu sendiri. Menjaga keamanan informasi perusahaan dan karyawan di jaringan yang tidak aman membutuhkan kewaspadaan dan beberapa langkah mudah yang dapat diambil. Mari kita lihat bagaimana orang dapat bekerja dari rumah tanpa mengorbankan keamanan jaringan mereka sendiri.


Keamanan Fisik

Langkah yang paling nyata tapi sering diabaikan yang dapat anda lakukan untuk tetap aman adalah waspada dengan perangkat anda. Anda ingin memastikan bahwa tidak ada seorangpun yang memiliki pandangan tanpa batas ke ruang kerja anda. Banyak perusahaan memiliki karyawan yang bekerja dengan informasi rahasia.

Jika anda harus meninggalkan rumah karena alasan apapun, kunci perangkat komputer atau ponsel anda. Anda tidak boleh membiarkan komputer anda tidak terkunci seperti di kantor, jadi jaga kebiasaan itu di rumah. Anda juga harus memastikan tidak ada orang yang berjalan di sekitar lingkungan anda yang dapat melihat komputer atau ponsel anda tergeletak di atas meja. Hal ini dapat menjadi target yang sangat menggoda bagi orang yang berniat buruk.


Amankan Jaringan Rumah Anda

Keamanan pada umumnya berarti password yang kuat dan memiliki koneksi yang aman. Ketika anda bekerja dari rumah, tim IT tidak memiliki kendali atas jaringan rumah anda yang sering kali tidak terlindungi dengan baik. Memastikan koneksi Wi-Fi anda memiliki password yang aman sangat penting untuk keamanan informasi. Jadi gunakan password unik yang mengintegrasikan angka, karakter, huruf besar dan kecil, dan lainnya.


Terlepas dari password, VPN juga sangat penting. Virtual private network (VPN) adalah pintu untuk mengakses jaringan internal dari mana saja. Sederhananya, VPN bertindak sebagai terowongan yang aman untuk mengakses internet. Ini memungkinkan anda untuk mengakses intranet dan alat internal lainnya. Selain itu, VPN akan mengenkripsi semua lalu lintas internet sehingga tidak dapat dibaca oleh peretas manapun. Menggunakan VPN yang ditetapkan perusahaan anda dapat membuat semua perbedaan antara keamanan yang baik dan tidak ada keamanan.


Pisahkan Yang Berhubungan dengan Pekerjaan dan Pribadi

Anda mungkin tergoda untuk merespons beberapa email yang masuk sebelum tidur, tetapi karena komputer kantor anda berada di ruang lain membuat anda ingin menggunakan komputer pribadi anda untuk membalas email yang berhubungan dengan pekerjaan anda. Ini merupakan risiko besar bagi keamanan dan tidak harus dipertimbangkan.

Dengan menambahkan komputer pribadi anda di rumah ke jaringan perusahaan, anda dapat membahayakan seluruh jaringan. Anda memiliki atau berisiko terserang virus komputer. Virus tersebut dapat masuk melalui kotak masuk dan masuk ke jaringan perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan data dan lainnya.


Menggunakan Software Antivirus

Banyak router yang terpasang ataupun yang anda beli untuk digunakan di rumah telah dilengkapi dengan firewall yang kuat untuk melindungi jaringan dari virus, tetapi itu semua tidak selalu sempurna. Anda harus tetap melindungi perangkat anda dari virus dengan software antivirus dan anti-malware yang kuat. Jika anda menggunakan komputer yang disediakan perusahaan, ada kemungkinan besar komputer anda sudah dilengkapi dengan sofware antivirus. Menjalankan antivirus sekali atau dua kali dalam seminggu ada baiknya dan ini bisa menjadi langkah penting dalam menjaga keamanan jaringan anda.


Mengidentifikasi virus atau malware sejak dini dapat melindungi komputer atau jaringan yang dapat merusak di masa depan. Cara terbaik untuk melindungi jaringan ataupun perangkat anda dari virus adalah dengan tidak mengklik email atau website apapun yang tidak anda kenal. Mengklik link dari orang yang tidak dikenal dapat dengan cepat memungkinkan virus untuk mentransmisikan dirinya ke komputer anda. Dengan sofware antivirus, bahkan jika anda secara tidak sengaja mengklik link jahat, anda dan perusahaan anda akan memiliki perlindungan yang lebih baik.

Anda mungkin ingin membaca artikel saya lainnya tentang cara mengetahui jaringan Wi-Fi anda telah di hack.


Kolaborasi Aman dengan Rekan Kerja

Bekerja dari rumah pasti memerlukan komunikasi dengan rekan kerja anda mungkin untuk mendiskusikan informasi rahasia yang tidak ingin anda sampaikan ke dunia terbuka atau lainnya. Aplikasi seperti Microsoft Teams, Zoom atau Slack disediakan oleh perusahaan anda untuk memastikan komunikasi aman. Jika perusahaan anda tidak menyediakan metode komunikasi terenkripsi, buka tools seperti Signal atau Telegram untuk terus bekerja. Karena aplikasi pesan ini menawarkan enkripsi end-to-end secara default, mereka dapat menjadi tools yang sangat berharga untuk bekerja dari jarak jauh.


Tetap aman saat bekerja dari rumah sangat penting untuk memastikan tidak ada risiko bagi perusahaan anda. Anda juga dapat memanfaatkan tools atau aplikasi online dengan baik untuk membantu transisi tim anda dari kantor untuk bekerja dari jarak jauh.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat. Tetap semangat, badai pasti berlalu. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Bekerja Dari Rumah Tanpa Tergganggu Dengan Keamanan"