Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Jaringan Wi-Fi Anda Telah di Hack


Anda mungkin telah menginstal software antivirus terbaik dan percaya bahwa itu akan melindungi anda dari malware atau serangan virus. Namun ancaman semacam itu juga dapat menyerang ruang digital anda menggunakan jaringan Wi-Fi. Berikut adalah beberapa tanda yang harus anda perhatikan yang mengindikasikan bahwa ada orang yang tidak berwenang menggunakan jaringan Wi-Fi anda dengan niat jahat.


1. Terjadi Penurunan Kecepatan Wi-Fi

Tanda paling jelas bahwa seseorang di luar lingkaran tepercaya anda menggunakan jaringan Wi-Fi anda adalah ketika kecepatan Internet tiba-tiba turun tanpa alasan yang jelas. Video anda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk buffer. Situs web mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat, dan game online mungkin mengalami kesulitan beroperasi.


Jika anda merasa kecepatan internet anda menurun, atau paket data anda digunakan lebih cepat dari biasanya, itu mungkin karena orang lain telah meretas ke dalam jaringan dan menggunakan Internet anda.


2. Pengaturan Berubah

Kebanyakan peretas beroperasi dengan menyelinap ke system jaringan dan mengubah pengaturan untuk memudahkan peretasan.

Periksa tanda-tanda seperti:
  • Kata sandi telah diubah.
  • Frekuensi sinyal dimodifikasi.
  • Kursor layar anda mulai bergerak sendiri.

3. Kehadiran Perangkat Yang Tidak Dikenal


Sebagai administrator jaringan, anda harus memiliki akses ke log yang menunjukkan perangkat mana yang saat ini terhubung ke jaringan anda. Jika anda bukan administrator, cari tahu siapa yang memiliki otoritas itu, dan minta mereka untuk memeriksa log. Jika anda menemukan bahwa ada perangkat yang terhubung ke system yang tidak terhitung jumlahnya, bisa jadi itu adalah hacker/peretas yang telah berhasil mendapatkan akses ke jaringan anda.


4. Antivirus Dinonaktifkan


Salah satu langkah pertama seorang hacker yang memperoleh akses ke jaringan adalah menemukan cara untuk menonaktifkan firewall dan program antivirus lain yang dirancang untuk mencegah malware keluar dari komputer. Jika anda menemukan bahwa firewall anda telah dinonaktifkan tanpa sepengetahuan anda, bisa jadi itu adalah karya seorang hacker yang berhasil menyerang jaringan anda.


5. Pesan Aneh

Setelah hacker mendapatkan akses ke jaringan anda, langkah selanjutnya adalah benar-benar menyebabkan kerusakan pada perangkat yang terhubung. Anda mungkin mulai menerima pesan aneh yang membawa file yang terinfeksi virus. File-file ini sering dibagikan pada jaringan tertutup oleh komputer yang dikendalikan oleh hacker sehingga anda pikir itu akan aman untuk dibuka.


Jika anda memiliki kecurigaan tentang pesan yang anda terima yang meminta anda untuk membuka file atau program yang tidak dikenal, bahkan jika itu tampaknya berasal dari komputer terdekat, luangkan waktu untuk memeriksa dengan kolega anda untuk mengetahui siapa yang mengirim file dan mengonfirmasi bahwa mereka tahu file tersebut dapat dibuka dengan aman.


6. Program Baru di PC Anda

Akhirnya, tanda terbesar pelanggaran keamanan adalah munculnya program aneh dan tidak dikenal di komputer anda. Program-program ini telah ditanam di komputer anda oleh hacker dan dapat melakukan segala macam kerusakan, mulai dari membocorkan informasi pribadi anda secara online hingga memungkinkan hacker mengambil alih perangkat anda dan menggunakannya untuk melakukan kegiatan ilegal.

Jika anda melihat program aneh di PC anda dan anda beranggapan bahwa bukan anda yang menginstalnya, maka jangan membukanya dalam keadaan apapun. Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang program online, dan minta program antivirus anda menscan file untuk menentukan apakah mereka menimbulkan ancaman.


Mengatasi Serangan Terhadap Jaringan Wi-Fi

Setelah anda menentukan putusan bahwa jaringan anda memang sedang diserang, sekarang saatnya untuk mengambil langkah-langkah perbaikan.
  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memutuskan sambungan perangkat anda sendiri dan orang lain dari jaringan Wi-Fi dengan segera untuk menghentikan hacker menyebar melalui setiap PC.
  • Selanjutnya hubungi ahli keamanan Internet untuk memeriksa jaringan Wi-Fi anda untuk menentukan tingkat infeksi secara lengkap dan memberitahu anda tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk membersihkan jaringan dari hacker dan memperkuat pertahanan jaringan Wi-Fi anda terhadap serangan serupa di masa mendatang.

Semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang cara mengetahui jaringan Wi-Fi yang di serang dan bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Jaringan Wi-Fi Anda Telah di Hack"