Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Permission Aplikasi di Windows 10/11


Dimulai dengan Windows 8, salah satu nilai jual utama Windows 10 dan Windows 11 adalah aplikasi modern dan bagaimana mereka membuat segalanya lebih mudah bagi anda. Namun, tidak seperti di Android dimana setiap aplikasi yang anda instal akan meminta izin anda untuk mengakses konten dan pengaturan tertentu, Windows 10 dan Windows 11 menyediakan aplikasi dengan semua izin di muka saat diinstal. Tidak ada yang buruk dengan pendekatan ini, tetapi selalu merupakan ide yang baik untuk memiliki kontrol lebih besar atas apa yang dilakukan aplikasi pada system anda.

Windows 10 memberi anda semua opsi yang diperlukan untuk mengelola permission aplikasi. Berikut ini cara mengubah permission aplikasi di Windows 10 atau Windows 11.


Kelola Permission Aplikasi di Windows 10 dan Windows 11

Berkat aplikasi Setting yang baru di Windows 10 dan Windows 11, sangat mudah untuk mengelola berbagai permission seperti kamera, kontak, lokasi, dll., pada aplikasi hanya dengan beberapa klik.


Untuk memulai, di Windows 10, buka Settings di Start menu, atau anda juga dapat membukanya dari Notification, kemudian pilih opsi Privacy untuk melanjutkan.

Sementara di Winodws 11, anda dapat mengklik Privacy & Security di panel kiri jendela Settings dan temukan pengaturan permission aplikasi di panel kanan.


1. Ubah Permission Lokasi

Setelah anda berada di jendela Privacy, navigasikan ke tab Location yang muncul di panel kiri. Dari sini anda dapat mengelola aplikasi mana yang dapat mengakses data lokasi anda. Pada panel kanan gulir ke bawah, dan anda akan melihat daftar semua aplikasi yang membutuhkan data lokasi anda.


Cukup mengalihkan tombol di sebelah aplikasi, dan itu akan mematikan layanan lokasi untuk aplikasi tertentu.

Jika anda ingin sepenuhnya mematikan layanan lokasi untuk semua aplikasi, maka anda dapat melakukannya dengan menonaktifkan tombol di bawah kategori Allow apps to access your location. Tindakan ini akan mencegah aplikasi apapun dari mendapatkan informasi lokasi anda.



2. Ubah Permission Kamera

Untuk mengelola permission kamera, navigasikan ke tab Camera di jendela yang sama. Di panel kanan anda akan melihat semua aplikasi yang memiliki akses ke kamera. Sebagian besar aplikasi yang anda lihat di daftar ini seperti Skype, Maps, dll., memiliki alasan yang sah untuk mengakses kamera anda.


Namun, jika anda mau, cukup mengubah tombol di sebelah aplikasi untuk menghidupkan atau mematikan permission.

Sama seperti dengan permission lokasi, anda dapat sepenuhnya menonaktifkan permission kamera untuk semua aplikasi dengan menonaktifkan tombol di bawah kategori Allow apps to access your camera.


3. Ubah Permission Mikrofon

Permission mikrofon sebagian besar diperlukan untuk aplikasi seperti Skype, Maps, Cortana, dll. Jika anda ingin mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses ke mikrofon anda, cukup navigasikan ke tab Mikrofon, dan anda akan melihat daftar aplikasi. Cukup aktifkan a tombol di sebelah aplikasi.

Sekali lagi, anda juga dapat sepenuhnya memblokir akses ke mikrofon dengan mengaktifkan tombol di bawah kategori Allow apps to access your micropone.


4. Ubah Permission Akses Notification

Di Windows 10 beberapa aplikasi akan mencoba membaca notifikasi anda dan melakukan hal-hal seperti membuat pengingat, menambahkan acara, dll., berdasarkan notifikasi. Jika anda tidak ingin aplikasi lain membaca atau memantau notifikasi, anda dapat dengan mudah mengelola permission itu dari tab Notification di jendela Privacy.

Sama seperti pengaturan lainnya, anda akan melihat daftar semua aplikasi yang memerlukan permission ini. Seperti yang anda lihat, saya tidak punya aplikasi dalam kategori ini. Tetapi jika anda melakukannya, maka cukup beralih tombol di sebelah mereka untuk memberikan atau menolak permission.


5. Ubah Permission Akses Calendar

Jika anda menggunakan aplikasi kalender bawaan untuk mengelola semua tugas dan janji temu anda, maka ada baiknya untuk memeriksa aplikasi mana yang memiliki izin untuk mengakses data kalender. Anda dapat melakukannya dari tab Calendar.

Cukup navigasikan ke tab Calendar, dan anda dapat memilih aplikasi mana yang dapat mengakses kalender anda hanya dengan menekan tombol di sebelahnya.


6. Ubah Permission Akses Email

Sekali lagi, jika anda menggunakan aplikasi Mail yang baru di Windows 10 untuk mengelola akun email anda, maka anda dapat mengatur semua aplikasi yang memiliki akses ke aplikasi Mail dari tab Email.

Untuk memberikan atau menolak izin, beralih tombol di sebelahnya.


Sama seperti semua pengaturan yang dibahas di atas, anda dapat mengelola pengaturan lain seperti Contacts, Messaging, Radios, Documents dan lainnya, dengan cara yang sama dengan menavigasi ke tab target di jendela Privacy. Untuk setiap jenis permission ada tombol universal yang memungkinkan anda sepenuhnya menonaktifkan atau mengaktifkan izin khusus itu, jadi manfaatkan jika perlu.

Di Windows 10, semuanya dimudahkan dengan bantuan aplikasi Settings ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang mengelola permission aplikasi di Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengubah Permission Aplikasi di Windows 10/11"