Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Optical (S/PDIF) Port di Windows 10/11


Port output optical pada PC sedikit menjadi misteri bagi banyak orang. Ini terletak di belakang PC anda, memancarkan sinar laser merah permanen; apakah ada sesuatu yang perlu dicolokkan ke dalamnya atau tidak? Sepertinya anda bermaksud memasukkan sesuatu ke dalamnya, tapi apa? Jawabannya adalah, secara logis, anda harus memasukan kabel audio optik, dan disini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara membuatnya bekerja, dengan peringatan bahwa mungkin ini menjadi sebuah keragu-raguan bahwa ini dapat digunakan dengan benar atau tidak di Windows 10 atau Windows 11 dalam beberapa tahun terakhir.


Cara Mengaktifkan Audio Optik (S/PDIF) pada PC

Pertama-tama, ada masalah yang jelas untuk memastikan bahwa speaker dan PC anda memiliki port optik (S/PDIF). Dengan itu dari daftar, cukup sambungkan PC anda ke speaker anda menggunakan kabel optik.

Seperti halnya format kabel apapun, perusahaan akan mencoba mengklaim bahwa kabel mereka lebih baik daripada yang lain karena pelapisan emas, kualitas tinggi, atau jargon pemasaran lainnya, tetapi abaikan semua itu. Membeli kabel optik murah harus benar-benar baik kecuali anda berencana untuk mengikatnya. Kabel optik bekerja dengan cara yang mirip dengan HDMI dalam hal mengirim sinyal digital yang tidak benar-benar mengalami degradasi. Perbedaan utamanya adalah bahwa data audio menggunakan bandwidth lebih sedikit daripada HDMI, jadi meskipun kualitas kabel tidak terlalu bagus, anda tidak akan terpengaruh.


Setelah kabel optik terpasang, klik ikon speaker di sudut kanan bawah taskbar Windows anda, lalu klik nama speaker di atas penggeser volume untuk melihat apakah output sound Optical atau Digital telah muncul. Jika sudah, klik saja untuk mengaktifkannya.

Jika speaker tidak muncul disana, maka klik kanan ikon speaker di taskbar, klik Sounds, lalu tab Playback atau buka Control panel dan pilih Sound.

Klik kanan dimana saja di daftar tab Playback, lalu klik Show Disabled Devices.


Pada titik ini perangkat yang disebut sesuatu seperti digital output atau optical output akan muncul. Klik kanan dan klik Enable untuk mengaktifkannya. Setelah anda selesai melakukannya, klik kanan lagi dan klik Set as default device. Sekarang anda seharusnya sudah mengaktifkan optical audio.



Cara Mengaktifkan Optical 5.1 Surround Sound pada PC

Manfaat nyata dari suatu optik menjadi jelas ketika anda ingin menggunakan surround sound, tetapi ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi PC anda. Juga, sebagai aturan umum, jika receiver/speaker anda memiliki port HDMI, anda harus menggunakannya, karena ia menawarkan kompatibilitas 5.1 yang lebih baik dengan driver Windows 10 atau Windows 11.

Pertama-tama, apakah motherboard anda mampu mengeluarkan suara surround 5.1? Hanya karena ada port optik keluar tidak menjamin bahwa anda akan mendapatkan suara surround di semua game, film, dan sebagainya. Optical port anda pada motherboard anda harus mendukung suara 5.1, meskipun ini akan sangat bervariasi tergantung pada versi Windows yang anda gunakan, apakah itu terdaftar sebagai output yang kompatibel dengan Dolby, dan sebagainya.


Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah pengaturan anda mendukung salah satu format Dolby 5.1 dengan masuk ke jendela Sound dan klik tab Playback. Klik kanan perangkat anda, klik Properties, dan kemudian tab Advanced. Cukup klik menu drop-down, pilih DTS Interactive atau pengaturan 5,1 surround mana yang ingin anda gunakan, lalu klik OK. (Jika PC anda tidak mendeteksi Dolby Digital, maka anda mungkin memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, dan kami telah menawarkan tautan ke beberapa solusi di kesimpulannya).

Anda juga harus mengklik tab Supported Formats untuk memastikan bahwa format yang dapat ditangani oleh penerima anda diberi ceklist.


Itu seharusnya memberi anda dasar-dasar menggunakan kabel optik pada Windows 10 atau Windows 11. Masalahnya, ada banyak nuansa untuk itu dan banyak variabel dimana hal-hal bisa salah. Bukan hanya sound card dan speaker anda yang perlu mendukungnya - ini juga tergantung dari media individual yang anda gunakan, serta fakta bahwa versi Windows baru-baru ini telah membuat dukungan optikal agak mendapatkan masalah. (Anda tidak dapat lagi menggunakan tombol Configure di jendela Sound, misalnya, untuk mengaktifkan 5.1 speaker.)

Jika anda mengalami masalah dengan optical audio, anda dapat menemukan banyak solusi di forum internet, seperti disini, disini dan disini, meskipun beberapa di antaranya melibatkan modifikasi driver, mengganti DLL dan sebagainya, jadi cobalah dengan risiko anda sendiri.

Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di kolom komentar dibawah ini untuk berbagi pemikiran tentang penggunaan Optical (S/PDIF) pada Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Menggunakan Optical (S/PDIF) Port di Windows 10/11"

  1. Punya saya kan output optik ny.itu kalo mau pasang harus beli ny apa ya

    ReplyDelete