Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Opsi ''Continue on PC'' di Browser Android dan iOS Untuk Windows 10/11


Microsoft membuat beberapa perbaikan pada Windows 10 ketika mereka merilis Fall Creators Update pada Oktober 2017 lalu. Salah satu peningkatan tersebut adalah penambahan fungsionalitas penelusuran website lintas-perangkat. Fitur baru Continue on PC menghubungkan PC anda ke perangkat iPhone atau Android anda sehingga anda dapat berbagi halaman web di antara mereka. Artikel kali ini menunjukkan bagaimana anda bisa mengatur pengalaman menjelajah web yang mulus.


Cara Mendownload dan Mengatur Continue on PC

1. Buka Settings - Phone dan pilih Add a phone untuk menambahkan ponsel anda. Jika anda tidak memiliki opsi ini, anda perlu mengupdate Windows anda ke versi terbaru, setidaknya Windows 10 Fall Creators Update.


2. Windows akan meminta anda untuk login ke akun Microsoft anda jika anda belum melakukannya. Setelah anda masuk, masukkan nomor telepon anda dan klik Send. Jangan ragu untuk menutup jendela pop-up setelah anda menerima pesan teks dari Microsoft di ponsel Android atau iPhone anda.


3. Jika anda menggunakan iPhone, teks yang anda dapatkan dari Microsoft menyertakan tautan ke aplikasi Continue on PC di App Store. Jika anda diarahkan ke aplikasi Microsoft Edge, cari Continue on PC dan download.


Di Android, tautan dialihkan ke aplikasi Microsoft Launcher. Jika anda diarahkan ke Microsoft Apps, cari dan download Microsoft Launcher. Jika menggunakan ponsel Android Samsung terbaru maka anda tidak perlu melakukan apa-apa, karena Aplikasi Microsoft sudah terinstal dengan sendirinya. Anda hanya perlu membuka Your Phone Companion dan login dengan akun Microsoft anda.



Cara Berbagi Halaman Web

1. Buka browser web di ponsel anda. Lalu, buka halaman web yang ingin anda lihat di komputer anda. Jika anda menggunakan iPhone, ketuk Share dan pilih More untuk membuka daftar Activities Anda.


Anda harus mengaktifkan aplikasi Continue on PC di Activities sebelum anda dapat mengirim halaman di antara perangkat anda. Gulir daftar Activities hingga anda melihat Continue on PC dan nyalakan sakelar. Opsi sekarang akan muncul setiap kali anda membuka menu Share/bagikan. Tekan Done untuk keluar dari Activities, lalu ketuk Continue on PC.

2. Pada Android, ketuk Menu - Share - More - Continue on PC. Setelah itu anda akan diminta untuk login ke akun Microsoft anda jika belum melakukannya. Selanjutnya klik untuk memilih PC anda. Setelah mengklik PC anda maka secara otomatis browser Edge anda akan membuka halaman web yang anda buka di ponsel anda tadi.



Cara Menyimpan Halaman Web Saat Anda Tidak Dekat dengan PC Anda

Continue on PC menyertakan fitur tambahan yang memungkinkan anda mengirim halaman web ke komputer anda sebagai notifikasi di Windows Action Center. Continue later sangat bagus untuk saat anda jauh dari PC atau tidak dapat membuka halaman web di browser desktop dengan segera.


  • Untuk menggunakan fitur ini di iPhone, luncurkan browser anda dan ketuk Share - Continue on PC - Continue later.
  • Di Android, ketuk Menu - Share - More - Continue on PC dan pilih Continue later di bagian bawah. Untuk membukanya di PC, buka Action Center lalu periksa notifikasi dan klik link.



Menggunakan Continue on PC adalah cara yang bagus untuk meningkatkan produktivitas anda, tetapi ada beberapa peringatan yang harus anda ingat:
  • Meskipun tidak masalah jika perangkat anda menggunakan WiFi atau jaringan seluler yang berbeda, ponsel dan komputer anda harus terhubung ke Internet agar Continue on PC berfungsi.
  • Anda dapat berbagi halaman web dari browser apa saja di ponsel anda, tetapi halaman itu akan selalu terbuka di Microsoft Edge. Ini adalah kelemahan bagi siapa saja yang bukan penggemar Edge. Anda selalu dapat mengcopy dan mempastekan URL, sebagai solusinya, ke browser lain.

Pada akhirnya, Continue on PC sepertinya versi Handoff, salah satu fitur Apple Continuity untuk MacOS, tetapi masih harus dimiliki untuk setiap pengguna Windows dan menawarkan cara yang cukup sederhana untuk menggunakan penjelajahan web lintas perangkat. Pastikan anda untuk mencobanya.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda di kolom komentar di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang metode ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Opsi ''Continue on PC'' di Browser Android dan iOS Untuk Windows 10/11"