Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Task Manager Yang Error di Windows


Apapun versi Windows yang anda gunakan, Task Manager adalah salah satu alat penting dan yang paling sering digunakan. Dengan menggunakan Task Manager, anda dapat dengan cepat mengakhiri program yang tidak responsif, memulai task baru, memantau kinerja dan aktivitas system anda, mendapatkan detail dari proses yang berjalan, dll.

Namun bagaimana jika Task Manager anda berhenti berfungsi? Dalam tutorial kali ini kita akanmembahas dua permasalahan yang mungkin anda alami dengan Task Manager di Windows. Berikut permasalahannya dan cara memperbaikinya.


1. Menu dan Tab di Task Manager Hilang

Hilangnya menu dan tab di Task Manager terjadi jika Task Manager berada dalam Tiny Footprint mode. Jendela Task Manager anda mungkin terlihat seperti gambar berikut.


Anda mungkin secara tidak sengaja mengklik doble pada batas salah satu tab pada Task Manager. Untuk mendapatkan kembali menu dan tab, cukup klik dua kali pada perbatasan lagi atau klik doble diarea kosong seperti gambar yang di blok  dengan warna merah dibawah ini.


Atau anda juga dapat melakukan dengan cara dibawah ini untuk mengatasi perilaku ini:
  • Buka Run dengan menekan tombol Win + R.
  • Ketik taskmgr.exe.
  • Tahan Ctrl + Alt + Shift secara bersamaan, dan sambil menahannya tekan ENTER.
Perilaku lainnya yang muncul adalah jika anda berada di tab Performance dan mengklik area grafik maka jendela task manager hanya menampilkan grafik saja tanpa tab. Jika ini anda alami dan bingung untuk menutupnya - karena tidak ada pilihan klik kanan untuk mengembalikannya - maka jangan kawatir, karena hanya dengan menekan tombol Esc maka grafik task manager akan ditutup. Buka kembali task manager anda dan itu akan menampilkan jendela task manager seperti semula.




2. Task Manager Dinonaktifkan

Anda mungkin menemukan kotak dialog seperti gambar dibawah ini saat menekan Ctrl + Alt + Del untuk mengakses Task Manager. Ini mungkin disebabkan oleh virus atau trojan yang menonaktifkan Task Manager.



Untuk mengaktifkan kembali Task Manager, ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka  Run dari dengan menekan tombol Win + R.
  • Pada kotak dialog Run, ketik gpedit.msc dan klik OK atau tekan Enter untu membuka Group Policy Editor.
  • Di Group Policy Editor, arahkan ke lokasi berikut : User Configuration - Administrative Templates - System - Ctrl+Alt+Del Options.
  • Ada empat item dalam daftar di sebelah kanan. Opsi Remove Task Manager memiliki Status Enabled. Klik doble padanya untuk membuka jendela setting kebijakan.
  • Di jendela ini, pilih tombol Disabled atau Not Configured dan klik OK.
  • Keluar dari Group Policy Editor dan Restart system anda.

Setelah anda melakukan Restart, maka Task Manager anda akan kembali seperti sedia kala. 

Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode dalam memperbaiki Task Manager yang error di Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Task Manager Yang Error di Windows"