Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka File In Use di Windows


Katakanlah anda ingin mengedit file. Anda mungkin ingin memberikannya nama yang berbeda, memindahkannya ke tempat lain, atau menghapusnya sama sekali. Namun ada masalah; ketika anda pergi untuk mengedit file, Windows akan memberitahu anda bahwa proses lain telah "mengunci" file tersebut. Karena itu, anda tidak boleh mengeditnya. Apa yang sedang terjadi?

Windows secara alami akan menghentikan anda dari mengedit file yang sudah dibuka di tempat lain. Ini untuk melindunginya agar tidak diedit saat proses lain sedang menggunakannya. Misalnya, jika anda membuka dokumen Word di Microsoft Word, Windows tidak akan memungkinkan anda untuk menghapus dokumen saat dibuka. Mengingat bagaimana Microsoft Word saat ini menggunakan dokumen, mengedit file di luar Word dapat menyebabkan hal-hal aneh terjadi!

Jadi katakanlah ada file di komputer anda yang ingin anda edit, tetapi Windows tidak akan membiarkan anda. Apa yang anda lakukan sekarang?


Apa Arti Dari "Locked" di Artikel Ini?


Untuk membersihkan; ketika kita berbicara tentang file "terkunci" di artikel ini, maksud saya adalah file yang sedang digunakan dalam proses lain. Ini kemudian membuat file "terkunci" yang tidak dapat anda edit di luar proses yang saat ini menggunakan file tersebut. Ini bukan tentang file dengan kunci password di atasnya atau folder yang menolak akses anda karena hak keamanan tidak memadai; ini adalah berbagai cara file dapat "dikunci!"


Tutup Aplikasi Yang Mengunci File

Jika anda beruntung, Windows akan memberitahu anda aplikasi apa yang mengunci file. Misalnya, gambar di atas menunjukkan dokumen yang dikunci di MS Word. Atau dalam kasus lain jika file tersebut masih di gunakan pada WPS Writer misalnya. Jika Windows memberitahu anda nama proses, maka itu adalah kasus sederhana untuk menemukan proses yang dimaksud dan mematikannya. Solusi dalam contoh di atas adalah menemukan jendela MS Word atau WPS Writer dengan dokumen ini terbuka dan matikan. Ini kemudian membuka kunci pada file.

Jika menutup software tidak memperbaikinya, ada kemungkinan proses itu tidak sepenuhnya berhenti. Pertama, pastikan prosesnya bukan sesuatu yang penting untuk pengoperasian Windows, karena saya tidak ingin system menjadi crash atau corrupt.


Jika anda yakin prosesnya tidak terpisahkan dengan system, buka Task Manager dengan menekan Shift + Ctrl + ESC. Klik tab Details, dan temukan proses yang mengunci file anda.

Dengan proses yang dipilih, klik tombol End task di kanan bawah atau klik kanan pada proses dan pilih End task.


Jika Anda Tidak Tahu Prosesnya

Sayangnya, kadang-kadang Windows akan mengklaim file terkunci, tetapi tidak akan memberitahu anda apa tepatnya yang mengunci file tersebut. Ini sangat menyebalkan, karena tidak ada cara yang jelas untuk memperbaiki masalah ini. Bagaimana anda bisa mematikan proses jika Windows tidak akan memberitahu anda yang mana pelakunya? Syukurlah, kita tidak harus menyerah dulu; masih ada beberapa trik yang bisa kita coba.


Retsart PC Anda

Sebagai solusi sederhana, me-restart PC juga otomatis me-restart semua proses di komputer anda. Ini berarti setiap proses yang saat ini memonopoli file anda akan dimulai ulang dan semoga akan melepaskan cengkeramannya pada file anda. Ini bukan solusi yang fantastis karena melibatkan mematikan semuanya hanya untuk membuka satu file yang terkunci. Namun, sebagai solusi cepat dan mudah, me-restart PC akan berfungsi sebagian besar waktu.


Gunakan LockHunter

Jika me-restart PC anda terdengar merepotkan atau gagal, jangan menyerah dulu! Ada tools pihak ketiga yang dapat anda gunakan untuk membuka kunci file anda daripada harus me-restart setiap waktu. Solusi yang mudah digunakan adalah LockHunter yang membantu mengidentifikasi apa yang mengunci file anda dan membuka kunci mereka untuk anda edit.

Ini adalah kasus sederhana setelah anda mendownload dan menginstal LockHunter,  dengan mengklik kanan file yang bermasalah dan pilih What is locking this file?


Saat anda ingin mengedit atau menghapus file, sangat menjengkelkan ketika mengetahui file itu sedang digunakan oleh sebuah proses lain. Cukup dengan menutup proses itu akan berhasil sebagian besar waktu, tetapi ketika segalanya menjadi sedikit rumit, me-restart PC atau menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat membantu.



Pernahkah anda mengalami hal tersebut? Dan bagaimana anda mencoba mengatasinya? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini! Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuka File In Use di Windows"