Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Dual Boot Windows 10/11 dan Ubuntu


Banyak orang menginginkan dual boot Windows 10 atau Windows 11, terutama versi terbaru dengan system operasi alternatif lain seperti Ubuntu. Namun, dual boot, mempartisi, dan mengonfigurasi beberapa system operasi bisa jadi sulit. Itulah sebabnya saya memutuskan untuk membuat panduan ini: tutorial lengkap tentang cara mem-boot Windows 10 atau Windows 11 dan Ubuntu.

Disarankan bahwa sebelum mengambil bagian dalam menyiapkan dual boot ini, anda mencadangkan semua data penting jika terjadi kesalahan. Kesalahan ini jarang terjadi tetapi dapat terjadi pada waktu-waktu tertentu, jadi sebaiknya disiapkan. Ayo mulai!

Catatan: Tutorial ini mengasumsikan bahwa anda memiliki komputer yang sudah menjalankan Windows 10 atau Windows 11 dan anda ingin menginstal Ubuntu bersama Windows 10 atau Windows 11.


Update Windows 10 ke Anniversary Update

Windows 10 Anniversary adalah update yang memperingati peluncuran Windows 10. Menginstalnya tidak memerlukan langkah tambahan apapun. Pastikan update diaktifkan. Dengan update yang diaktifkan, Windows akan secara otomatis mendownload update baru ini dan menginstalnya ke system. Tapi untuk ini, saya yakin semua pengguna pasti sudah memiliki versi Windows terbaru (saat penulisan artikel ini versi Windows 10 terbaru v1903).


Membuat disk USB

Ubuntu harus diletakkan di disk USB (atau DVD). Menempatkan Ubuntu pada USB drive itu mudah dan hanya perlu mendownload beberapa software. Mulailah dengan menuju ke website ini dan mendownload Etcher. Etcher adalah program pembuatan image lintas platform USB dan SD Card yang mudah digunakan dan sempurna untuk hal semacam ini.


Setelah mendownload dan menginstall Etcher, silahkan luncurkan aplikasi. Lalu pergilah ke ubuntu.com/download dan dapatkan Ubuntu versi terbaru. Masukkan USB flash drive (ukuran minimal 2GB atau lebih tinggi). Dengan drive USB terpasang, flashing dapat dimulai. Klik opsi Select Image di Etcher dan temukan Ubuntu disk image yang telah didownload sebelumnya.

Etcher akan secara otomatis mendeteksi flash drive. Klik tombol Flash! untuk memulai proses flashing.

Setelah sedikit waktu, Etcher akan mengatakan bahwa prosesnya selesai. Simpan USB drive, dan reboot ke BIOS PC anda untuk mengkonfigurasinya untuk memuat flash drive yang baru dibuat.


Ubah Setting BIOS

Agar Ubuntu memuat langsung USB disk, beberapa hal perlu dilakukan. Pertama, cari tahu tombol apa yang diperlukan untuk dapat masuk dan memuat BIOS komputer anda (ada yang Del, ada yang F2). Karena setiap komputer sangat berbeda, tombol untuk melakukan ini bervariasi. Itulah mengapa yang terbaik adalah melakukan pencarian Google dan mencari tahu informasi ini sendiri.


Setelah masuk ke BIOS, cari (dan nonaktifkan) secure boot jika ada di BIOS dan simpan pengaturan (Cari di tab Boot). Kemudian, dengan secure boot yang dinonaktifkan, temukan pengaturan urutan booting dan ubahlah sehingga PC akan mencoba melakukan booting dari stik USB Ubuntu sebelum yang lainnya.

Catatan: Jika PC anda tidak mendukung USB di BIOS, anda harus memperbarui atau burning Ubuntu ke DVD.


Menginstall Ubuntu

Dual boot Ubuntu dengan Windows 10 atau Windows 11 sangat mudah. Bahkan, Ubuntu membuat proses ini sangat mudah, siapa pun bisa melakukannya. Tidak diperlukan konfigurasi khusus! Untuk memulai proses ini, klik tombol Install Ubuntu.

Halaman berikutnya yang muncul adalah halaman Preparing to install Ubuntu. Ini menanyakan kepada pengguna apakah boleh menginstal update selama proses berlangsung. Beri ceklist kotak ini karena menghemat waktu. Selain itu, periksa tombol Install third party software, lalu klik tombol Continue untuk pindah ke halaman berikutnya.


Ini adalah halaman paling penting: halaman Installation type. Jika Windows 10 atau Windows 11 diinstal, tools instalasi Ubuntu akan mendeteksinya. Di bagian atas seharusnya tertulis Install Ubuntu alongside Windows 10. Pilih opsi ini dan klik tombol Continue.


Pada halaman berikutnya, pengguna diizinkan untuk memutuskan dengan tepat berapa banyak ruang yang akan digunakan oleh kedua system operasi pada hard drive. Gunakan slider dan seret untuk memberi ruang lebih baik pada Ubuntu atau Windows 10 AU. Setelah ruang telah ditentukan, klik tombol Install now untuk memulai.


Berikut ini adalah proses dimana Ubuntu meminta pengguna untuk memasukkan timezone, username, dan password. Dengan semua informasi yang dimasukkan, instalasi akan dimulai. Ini akan memakan waktu. Setelah selesai, sebuah pesan akan muncul untuk memberi tahu pengguna bahwa instalasi sudah selesai.


Saat reboot, anda dapat memilih dari Ubuntu atau Windows 10 AU dengan menggunakan tombol panah atas dan panah bawah pada keyboard dan menekan tombol enter untuk memilih. Selesai!



System operasi dual boot sangat menguntungkan. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua system operasi pada satu komputer. Ini dapat membantu ketika satu system operasi tidak cukup baik. Untungnya, ketika menyiapkan dual boot dengan Windows dan Ubuntu atau Linux,  ada cara tercepat dan termudah untuk mencapai tujuan ini.

Semoga dapat membantu anda. Jangan lupa berikan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menginstall dual boot Windows 10 atau Windows 11 dan Ubuntu. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Dual Boot Windows 10/11 dan Ubuntu"