Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir Drive Tertentu Dari User Lain di Windows


Jika anda adalah pengguna Windows yang membagikan PC anda dengan banyak pengguna, kemungkinan besar anda ingin membatasi pengguna yang bukan admin dalam mengakses file, folder, atau bahkan seluruh drive anda. Dalam kasus yang khusus itu, File System Permissions adalah cara yang baik untuk melindungi drive Windows dari akses atau perubahan yang tidak sah. Jadi dalam panduan singkat ini, mari kita lihat cara membatasi akun Windows lokal lainnya dari mengakses drive anda.

Catatan: Metode ini hanya berlaku untuk partisi system file NTFS. Partisi FAT dan FAT32 tidak mendukung Access Control Lists.


Permission

Sebelum mengetahui cara membatasi pengguna dari mengakses drive dengan partisi NTFS yang dipilih, mari kita bahas sedikit tentang hak akses dasar:
  • Full Control: Pengguna dengan kontrol penuh dapat membaca, menulis, mengeksekusi, menghapus, memodifikasi dan menambahkan file dan folder. Juga, mereka dapat mengubah permission file dan folder. Secara umum, level permission ini diberikan untuk pengguna admin.
  • Modify: Pengguna dengan Modify permission dapat membaca, menulis, menghapus, dan memodifikasi file dan folder.
  • Read and Execute: Pengguna dengan Read and Execute permission dapat mengeksekusi dan membaca file dan folder apapun, tetapi mereka tidak diizinkan untuk memodifikasi atau menghapus file atau folder apapun.
  • List Folder Contents: Pengguna dengan Daftar Folder Daftar hanya dapat melihat dan mendaftar konten di folder yang dipilih, tetapi pengguna ini tidak dapat melihat atau menjalankan file individual.
  • Read: Ini adalah hak dasar yang bisa anda dapatkan di Windows. Pengguna dengan permission Read dapat melihat dan mendaftar semua file dan folder dalam direktori.
  • Write: Pengguna dengan Write permission dapat membuat atau menulis informasi ke dalam file dan folder tetapi tidak diizinkan untuk melihat informasi yang ada.

Membatasi Akses ke Drive Tertentu

Untuk membatasi akses ke akun Windows, luncurkan Windows Explorer dengan menekan Win + E.
  • Klik kanan pada drive yang ingin anda batasi aksesnya dan pilih Properties dari daftar opsi.
  • Tindakan di atas akan membuka jendela Properties. Disini arahkan ke tab Security.
  • Sekarang untuk mengubah permission, klik tombol Edit.
  • Di jendela permission ini, periksa apakah nama pengguna yang ingin anda batasi tercantum di bawah bagian Group or user names. Jika tidak, klik tombol Add untuk menambahkan pengguna ke daftar.
  • Disini di jendela ini, masukkan nama pengguna yang ingin anda batasi dan klik tombol Check Names untuk mengubahnya menjadi nama pengguna yang sebenarnya. Setelah anda selesai melakukannya, klik tombol OK untuk melanjutkan.
  • Karena kita akan sepenuhnya membatasi pengguna untuk mengakses drive yang dipilih, pilih username dan beri ceklist semua kotak Deny. Setelah anda selesai melakukannya, klik tombol Apply dan OK untuk menerapkan perubahan.
  • Sebuah pesan peringatan akan muncul, klik Yes untuk menerapkannya dan selesai.

Catatan: Jika anda mau, anda dapat secara selektif mengizinkan atau menolak permission tertentu dengan memilih kotak ceklist yang diperlukan.

Mulai saat ini, pengguna tidak akan dapat mengakses drive tersebut. Setiap kali pengguna mencoba mengakses drive, ia akan mendapatkan pesan error:


Hanya itu yang harus dilakukan dan mudah untuk membatasi pengguna lain dari mengakses drive yang dipilih. Semoga langkah ini dapat membantu anda yang ingin data-data anda dari orang lain.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini tentang bagaimana anda menggunakan permission ini di Windows anda atau jika anda menghadapi masalah saat setting permission. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Blokir Drive Tertentu Dari User Lain di Windows"