Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Shut Down PC Dengan Cortana di Windows 10


Cortana benar-benar salah satu fitur terbaik dari Windows 10. Diciptakan untuk meningkatkan fungsionalitas OS Windows 10 yang sangat cerdas, asisten virtual ini telah membuatnya lebih mudah untuk melakukan sejumlah tugas. Misalnya, ini memungkinkan anda menggunakan perintah suara untuk mendapatkan bantuan apapun yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan perintah suara Cortana untuk menavigasi web, mengatur pengingat, membuka file, dan banyak lagi.

Namun, sebanyak anda ingin Cortana membantu anda dalam menjalankan setiap tugas, fungsi asisten virtual ini terbatas. Misalnya, anda tidak dapat merestart atau men-shut down komputer anda hanya dengan meminta Cortana melakukannya. Namun, ada solusi yang mudah untuk membuat Cortana mematuhi perintah tersebut.

Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada anda cara me-restart atau men-shut down PC Windows 10 anda menggunakan perintah suara Cortana.


Cara Shut Down PC Windows 10 Anda Menggunakan Perintah Suara Cortana

Karena tidak ada cara bawaan untuk shut down komputer anda dengan perintah suara, anda harus membuat shortcut dan kemudian membuka shortcut itu dengan Cortana. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak dialog run. Ketik atau copas jalur berikut dibawah ini:

%appdata%\microsoft\windows\start menu\programs

2. Layar berikut akan terbuka di File Explorer. Klik kanan pada ruang kosong, arahkan kursor ke opsi New - Shortcut di menu konteks.


3. Setelah anda mengklik opsi Shortcut, panduan pembuatan shortcut akan dimulai. Ketik perintah berikut di bawah ini di bidang Browse....

shutdown.exe -s -t 10


Perintah ini akan memulai proses shut down setelah sepuluh detik.

4. Klik Next dan beri nama shortcut dengan shutdown.


5. Klik tombol Finish untuk menyelesaikan panduan pembuatan shortcut dan semua akan diatur. Sekarang anda dapat mengklik tombol mikrofon dan mengatakan Open shutdown dot exe, dan Cortana akan memulai proses penutupan.


Perlu dicatat bahwa anda dapat mengubah nilai numerik setelah -t. Nomor ini mewakili waktu tunda dalam detik atau waktu anda harus menunggu sebelum system memulai proses shutdown. Dalam kasus saya, saya memilih sepuluh karena saya ingin system shut down setelah sepuluh detik. Jika anda ingin system langsung di shut down, ubah perintah untuk membaca:

shutdown.exe s

Untuk melakukannya, buka shortcut Shutdown yang baru saja anda buat. Anda dapat mencarinya di kotak pencarian untuk akses cepat. Setelah anda menemukannya, klik kanan dan klik Properties. Sekarang ubah nilai waktu di bidang target kotak dialog yang akan terbuka dan klik OK.


System sekarang akan shut down segera setelah anda menjalankan perintah atau setelah waktu yang ditentukan jika anda memilih untuk mengubah nilai numerik.


Cara Me-Restart PC Windows 10 Anda Menggunakan Perintah Suara Cortana

Restart PC Windows 10 anda menggunakan perintah suara Cortana melibatkan prosedur yang sama dijelaskan di atas, hanya saja kali ini kita harus menukar -s dengan -r. Perintah Restart akan terlihat seperti ini:

shutdown.exe -r -t 10


Di jendela berikutnya beri nama shortcut Restart dan klik Finish untuk menyelesaikan panduan pembuatan shortcut. Sekarang anda akan dapat me-restart komputer anda hanya dengan mengklik ikon mikrofon dan mengatakan Open Restart, atau jika anda telah mengaktifkan fitur Hey Cortana, anda bisa saja mengatakan, Hey Cortana, Open Restart.


Memfungsikan perintah suara Cortana sangat mudah karena anda dapat dengan mudah melakukan tugas yang seharusnya membutuhkan selusin klik. Kadang-kadang, Cortana mungkin tidak merespons dengan tepat dan bahkan mungkin membuka hasil Bing. Dalam kasus seperti itu coba bertukar kata Open Shutdown dot exe dengan Launch shutdown. Anda bahkan dapat mencoba menggunakan shutdown tanpa dot exe untuk menjalankan perintah.

Jika anda mengalami masalah, beritahu saya di bagian komentar di bawah, dan saya akan dengan senang hati membantu. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Shut Down PC Dengan Cortana di Windows 10"