Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Cortana dan Mengaturnya di Windows 10


Cortana adalah salah satu fitur terbesar di Windows dan bertindak seperti asisten digital pribadi. Cortana dapat melakukan segala hal seperti menampilkan pemberitahuan cepat, membuat pengingat, membantu dengan navigasi, membuka dan berinteraksi dengan aplikasi, mencari web untuk anda, dll. Setiap PC Windows 10 terpasang Cortana yang diinstal, tetapi secara default dinonaktifkan. Dalam artikel singkat ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengaktifkan Cortana dan mengaturnya agar berfungsi untuk anda.

Meskipun Cortana dinonaktifkan secara default, mengaktifkan dan mengonfigurasi Cortana hanyalah masalah klik. Namun, Cortana tidak tersedia di semua negara. Namun ada solusi untuk mengaktifkan Cortana jika tidak tersedia di negara atau wilayah anda.

Untuk memulai, cari Language Settings di Start Menu dan pilih untuk membuka panel Time & Language settings.

Disini pada pilih menu Region disebelah kiri, disebelah kanan dibagian Country or region pilih Negara Anda dari menu drop-down. Jika Windows di Negara anda tidak mendukung Cortana, maka pilih United States. Disini saya memilih Negaraku tercinta Indonesia, karena mendukung Cortana.


Sekarang, pilih tab Speech di panel kiri, dan pilih bahasa English (United States) dari menu drop-down. Jika anda tidak terbiasa mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris, maka anda mungkin perlu memilih kotak ceklis Recognize non-native accents for this language sehingga Cortana dapat memahami anda ketika anda berbicara dengannya.



Aktifkan dan Konfigurasikan Cortana di Windows 10

Sekarang, klik pada Search bar yang muncul tepat di sebelah tombol Start. Tindakan ini akan membuka Cortana dan cukup klik tombol Next untuk melanjutkan.


Jika anda menyembunyikan Cortana di taskbar, anda dapat menyembunyikannya dengan mengklik kanan taskbar dan memilih opsi Cortana - Show Cortana Icon.


Untuk mengaktifkan Cortana, anda harus terlebih dahulu menerima syarat dan ketentuan. Baca dan klik tombol I Agree untuk melanjutkan.


Setelah menerima syarat dan ketentuan, masukkan nama anda dan klik tombol Next. Ini adalah nama yang digunakan Cortana untuk berinteraksi dengan anda. Anda selalu dapat mengubahnya kapanpun anda mau.


Jika anda menggunakan akun lokal untuk mengelola system Windows 10 anda, maka anda perlu mengubahnya ke akun Microsoft, dengan asumsi bahwa anda sudah memilikinya. Cortana secara otomatis memulai prosedur; cukup masukkan kata sandi lokal anda saat ini dan klik tombol Next.


Sekarang masukkan alamat email dan kata sandi akun Microsoft anda dan klik tombol Next untuk melanjutkan.


Di layar berikutnya anda mungkin ingin memverifikasi nomor ponsel anda melalui kode yang dikirimkan kepadanya. Jika anda menggunakan otentikasi dua langkah, masukkan kode yang dihasilkan dan klik tombol Next.


Di layar ini, klik tombol Switch untuk menyelesaikan proses pengalihan akun.


Anda telah berhasil mengaktifkan Cortana, dan anda dapat mulai menggunakannya hanya dengan menekan ikon mic atau tombol Win + C.


Anda juga dapat mengaktifkan Cortana dengan hanya mengatakan Hey Cortana ke mikrofon anda, tetapi anda harus mengaktifkan opsi. Untuk melakukannya, klik Search bar dan pilih Settings.


Disini aktifkan opsi Let Cortana respond to Hey Cortana.


Jika Cortana berpikir mikrofon anda tidak kompatibel, itu akan membuka wizard Set up your mic. Cukup klik tombol Next.


Di layar ini, Cortana akan menyajikan beberapa kalimat. Bacakan saja di mikrofon anda.


Cortana secara otomatis mendeteksi itu dan menyelesaikan pengaturan mikrofon anda.


Dari titik ini dan seterusnya, anda dapat menggunakan Cortana dengan mengklik ikon mic, atau dengan menekan tombol Win + C, atau dengan hanya mengatakan Hey Cortana ke mikrofon anda.

Selain itu, anda dapat mengatur apa yang Cortana dapat dan tidak bisa lakukan dan kumpulkan dari Notebook. Buku ini dibagi menjadi beberapa kategori, dan setiap kategori memiliki beberapa opsi untuk kontrol menit. Misalnya, jika anda tidak ingin Cortana mengumpulkan data atau menampilkan pemberitahuan tentang perjalanan anda, anda dapat melakukannya dengan mengaturnya dibagian Organizer dan Manage Skills di Notebook.



Sekian. Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan Cortana dalam kegiatan sehari-hari anda. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Mengaktifkan Cortana dan Mengaturnya di Windows 10"